Event

Pemilik Brio Mesti Coba, Begini Serunya “Ngepot” di Brio Slalom Challenge 2022

Tangerang Selatan — Jajaran Honda Brio berbaris rapi menunggu giliran start. Sementara mobil yang sudah masuk arena terlihat meliuk-liuk di antara “soal” yang sudah ditentukan. Siang itu, Sabtu (14/5/2022) sedang berlangsung Brio Slalom Challenge 2022 seri pertama di Edutown, BSD City, Tangerang Selatan.

Brio Slalom Challenge 2022

(Foto: Agus Gepeka)

Menurut catatan ada 97 peserta meramaikan kegiatan yang digelar oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) tersebut. Para peserta dibagi ke dalam sejumlah kategori utama, yakni Profesional, Amatir/Komunitas, dan Media.

Tak mau ketinggalan pengalaman, redaksi Carmudi ikut ambil bagian di kelas Media yang memang khusus dibuka untuk kalangan jurnalis. Tanpa bekal persiapan dan pengalaman mengikuti ajang semacam ini membuat perasaan cukup gugup.

Terlebih lagi dikelilingi para penonton dan ingar bingar suasananya. Diri ini merasa sudah seperti pebalap sungguhan.

Brio Slalom Challenge 2022 memang digelar sebagai kesempatan bagi siapa saja yang memiliki Honda Brio untuk berkompetisi dengan seru dan aman. Sehingga tak aneh jika penyelenggara menggaungkan slogan “Everyone Can Race” untuk kegiatan ini.

Sebelum mulai balap, registrasi dilakukan untuk mendapatkan nomor start dan mengetahui “soal” yang harus diselesaikan. Adapun mobil yang digunakan adalah Honda Brio Satya E CVT dalam kondisi standar.

Nomor start dan soal Brio Slalom Challenge 2022

Nomor start dan soal Brio Slalom Challenge 2022 (Foto: Carmudi)

Secara konsep, balap slalom itu sendiri unik. Para peserta diberi “soal” sesuai kategori yang diikuti dan harus menyelesaikannya dalam waktu sesingkat mungkin.

“Soal” yang dimaksud adalah jalur yang harus dilewati oleh mobil di antara traffic cone yang disebar di tengah-tengah arena slalom.

Ada kalanya “soal” tersebut mengharuskan pengendara menyetir membentuk pola angka 8 atau lingkaran. Oleh karena itu permainan rem tangan sangat penting untuk menjaga mobil tidak understeer yang berpotensi membuat catatan waktu jadi molor.

Waktu Start Tiba

Start dilakukan menunggu aba-aba lampu hijau yang diberikan oleh penyelenggara. Tantangan “soal” yang harus diselesaikan terdiri dari melaju zig-zag, membuat lingkaran, dan terakhir membentuk pola angka 8.

Posisi transmisi sengaja ditaruh pada posisi L selama menjalani lomba agar tarikan mobil lebih responsif di awal akselerasi. Honda Brio itu sendiri terasa asyik digunakan bermanuver di lintasan slalom. Bodi mobil yang kompak menjadikannya sangat mudah bermanuver.

Dalam kesempatan ini redaksi Carmudi sukses menyelesaikan tantangan tanpa menyentuh satupun traffic cone. Namun, sempat melakukan kesalahan saat harus membuat pola angka 8 karena menyetir terlalu lebar.

Podium Brio Slalom Challenge 2022

Suasana podium (Foto: Honda)

Alhasil redaksi Carmudi finish dengan catatan waktu 00:24.461. Catatan waktu tersebut cukup untuk mengantarkan ke podium 3 di sub kategori Exciting Drive. Sebagai gambaran, catatan waktu tercepat di kategori Media adalah 00:21.928.

Untuk diketahui, rangkaian seri Brio Slalom Challenge 2022 berikutnya akan dilaksanakan pada tanggal 11 Juni 2022 bertempat di kota Bandung. Dua seri berikutnya akan diselenggarakan di kota Semarang dan kota Surabaya.

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts