Home » Tips dan Trik » Pemilik Mobil DFSK Wajib Lakukan Ini Supaya Tidak Tumbuh Jamur di Jok

Pemilik Mobil DFSK Wajib Lakukan Ini Supaya Tidak Tumbuh Jamur di Jok

DFSK Glory 560 Interior (Carmudi/Badjora Ibrahim)

Jakarta – Setidaknya ada dua jenis bahan yang digunakan untuk melapisi jok mobil; fabric dan kulit sintetis. Beberapa pabrikan, satu di antaranya DFSK memilih menggunakan bahan kulit sintetis sebagai pelapis jok di mobil Glory 560 dan Glory 580. Lapisan jok dari bahan kulit sintetis tidak hanya membuat interior mobil menjadi terlihat begitu mewah, tapi juga menambah kenyamanan pengendara dan penumpang.

Jok yang dilapisi dengan bahan jenis kulit sintetis memang sangat rentan terhadap petumbuhan jamur karena banyak faktor seperti tingkat kelembapan di kabin yang sangat tinggi. Terlebih lagi saat intensitas penggunaan mobil berkurang sehingga hanya diparkir lama di garasi.

Supaya terhindar dari tumbuh jamur pada jok, ada baiknya pemilik DFSK Glory 560 dan Glory 580 rajin membuka pintu atau jendela mobil. Ini dimaksudkan supaya ada pergantian udara di dalam kabin. Dengan begitu jamur tidak akan berkembang biak.

“Interior Glory memang sudah dilengkapi dengan bahan kulit mulai dari jok, trim, kemudian konsol tengah dan lainnya. Ketika mobil itu diam dalam waktu lama kelembapan di kabin kemudian mengundang tumbuhnya jamur. Untuk mencegahnya setidaknya buka pintu, hidupkan mesin, dan nyalakan AC,” ungkap Technical Training & Service Manager PT Sokonindo Automobile (DFSK), Sugiarto, di Jakarta saat teleconference bersama media, Jumat (15/5/2020).

Menurut Sugiarto kedua cara tersebut sudah sangat cukup untuk mencegah jamur timbul di jok yang dilapisi kulit sintetis.

Membersihkan Jamur pada Jok

DFSK Glory 560 Interior (Carmudi/Badjora Ibrahim)

Apabila jamur sudah tumbuh di jok, jangan khawatir karena masih bisa dibersihkan secara mandiri di rumah. Cukup gunakan lap bersih dan air secukupnya. Kemudian seka bagian jok mobil yang sudah berjamur secara perlahan-lahan supaya tidak melukai kulit jok.

“Kalau memang mulai berjamur itu bisa menggunakan kain lap bersih, nah itu sudah aman. Tetapi untuk mencegahnya lakukan beberapa hal tadi supaya udara masuk ke kabin. Sebaiknya lakukan lima hari sekali,” pungkas Sugiarto.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap pelanggan, DFSK sudah menghubungi para pelanggannya melalui pesan singkat maupun sambungan telepon mengenai perawatan khusus untuk mobil yang lama tidak digunakan. Perawatan kabin mobil termasuk di dalam isi pesan tersebut. Langkah ini dilakukan supaya kondisi kendaraan tetap prima dan layak digunakan.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Bocoran Terbaru DFSK Glory i-Auto, Sudah Bisa Test Drive

 

Previous post
Toyota Indonesia Buka-bukaan Soal Mini SUV Raize
Next post
6 Cara Merawat Jaket Sepeda Motor Agar Tetap Awet