Home » Berita » Mirip Pilpres, Pemilik Mobil Honda Doyan Gonta-Ganti Mobil Setiap 5 Tahun Sekali

Mirip Pilpres, Pemilik Mobil Honda Doyan Gonta-Ganti Mobil Setiap 5 Tahun Sekali

Beli mobil Honda dengan BRI Finance DP murah. (Foto: Carmudi/Yongki)

Jakarta – Kemudahan dalam pembelian kendaraan bermotor terutama secara kredit mendorong masyarakat semakin doyan gonta-ganti mobil. Demi menyediakan paket kredit yang terjangkau bagi masyarakat, Honda menggandeng leasing dengan tenor hingga tujuh tahun. Ternyata, skema cicilan dengan tenor yang sangat lama kurang sesuai sengan selera konsumen.

BRI Finance yang menjadi mitra Honda Mugen, jaringan diler mobil Honda, lantas hanya menyediakan tenor maksimal hingga lima tahun. Durasi tersebut cukup ideal dengan siklus gonta-ganti mobil di masyarakat. Ini juga sesuai dengan siklus facelift model Honda yang berkisar tiga sampai lima tahun.

“Dari data yang kita miliki, orang ganti (mobil) di siklus 4-5 tahun. Jangka waktu ini kurang lebih sama kalau ada minor change di Honda. Beda dengan mobil Eropa, facelift bisa sampai delapan tahun,” ucap President Director Honda Mugen, Daniel Agus.

Pola konsumsi masyarakat ini biasanya akan menjual mobil paling lama setelah lima tahun kepemilikan. Bahkan, pemilik mobil tak jarang gonta-ganti mobil dalam tiga tahun. Inilah alasan mengapa BRI Finance menyediakan tenor antara tiga sampai lima tahun.

“Tenor untuk pembiayaan kita sesuaikan dengan pola di masyarakat. Kami memberikan di program ini 5 tahun, bukan 7 tahun seperti yang lain,” jelas Direktur Bisnis BRI Finance, Handayatni Ariefiana.

Siklus Ganti Mobil Mengikuti Periode Facelift

All New Honda Brio Satya - Eksterior (Carmudi/Fransiscus Rosano)
All New Honda Brio generasi kedua dengan ubahan desain eksterior. (Carmudi/Fransiscus Rosano)

Masyarakat Indonesia bisa dibilang up to date soal mobil baru. Istilahnya, selesai kredit, mobilnya langsung dijual. Setelah itu, hasil penjualannya digunakan untuk uang muka mobil baru selanjutnya.

Pola dalam masyarakat dewasa ini ialah setiap ada penyegaran model, sebisa mungkin mobil baru tersebut bisa segera dimiliki. Mereka tidak mau ketinggalan tren jagat otomotif terkini.

Untuk kemudahan konsumen yang doyan gonta-ganti mobil, BRI Finance menyediakan opsi kredit menarik. Konsumen bisa memilih antara DP (down payment) rendah atau cicilan ringan. Opsi ini tersedia untuk pembelian Honda Brio, Honda HR-V dan Honda CR-V.

“Orang Indonesia ganti mobil paling lama lima tahun, rata-rata sudah dijual pada tiga sampai empat tahun. Karena kalau beli mobil baru, tiga sampai lima tahun sudah ganti, maka kami sesuaikan tenor DP 17% dan bunga 1,24% maksimal selama lima tahun,” tutur perempuan yang akrab disapa Fifin itu.

 

Penulis: Yongki Sanjaya

Editor: Dimas

Baca Juga:

Beli Mobil Honda Pakai BRI Finance, Bayar DP Cuma 17%

Previous post
Beli Mobil Honda Pakai BRI Finance, Bayar DP Cuma 17%
Next post
Konsumsi BBM Mahindra Scorpio Pikup Setara LCGC