Tips dan Trik

Pemilik Mobil Wajib Tahu, Inilah Penyebab Kerusakan Ban

Karawang — Semua pemilik mobil tentunya ingin ban kendaraannya awet dan terhindar dari segala penyebab kerusakan. Oleh karena itu, selalu sempatkan waktu untuk melakukan perawatan ban secara berkala dan hindari memperlakukannya secara ekstrem.

Ban merupakan komponen paling penting yang ada di mobil karena dapat menjadi salah satu faktor yang menentukan kenyamanan dan keamanan selama berkendara.

Tanpa ban, kendaraan tidak bisa berjalan walaupun sudah dibekali dengan mesin sekalipun.

Ban Mobil

Ban Turanza (Foto: Santo/Carmudi)

Begitu pentingnya peran ban pada mobil, pemilik kendaraan wajib melakukan pengecekan ke bengkel resmi secara rutin, atau bisa juga memeriksa kondisi ban secara mandiri, sebelum dan sesudah berkendara.

Selain perawatan dan pemeriksaan, tentu ada hal lain yang perlu diantisipasi oleh pemilik mobil agar ban tetap awet dan terhindar dari kerusakan parah, supaya Carmudian tidak terlalu cepat menggantinya dengan yang baru.

Menurut Fisa Rizqiano Deputy Head of OE Sales PT Bridgestone Tire Indonesia ada beberapa faktor penyebab kerusakan ban mobil dan sebaiknya dihindari oleh pemilik kendaraan, seperti:

  • Berkendara pada kecepatan tinggi, pengereman mendadak, dan spin bisa menyebabkan panas yang tinggi, pengisikisan/abrasi.
  • Tekanan angin berkurang atau berlebih, menyebabkan panas yang tinggi, keausan yang tidak merata.
  • Kelebihan beban, menyebabkan panas yang tinggi, mengubah struktur atau komponen ban.

“Intinya di sini adalah panas yang berlebih. Jadi panas adalah musuh utama ban. High speed menimbulkan panas, low pressure juga menimbulkan panas,” tutur Fisa.

Penyebab kerusakan ban mobil lainnya yaitu karena melewati jalan berlubang, melindas benda tajam (batu, paku, pelat), hingga menghantam trotoar.

Bahkan lebih parahnya, hal-hal tersebut juga akan berpengaruh buruk terhadap komponen-komponen kaki-kaki mobil.

“Itu semua dapat dicegah dengan pengemudian atau berkendara secara aman,” pungkas dia.

Tips cara ban mobil tidak selip di jalan licin

(Foto: RAC)

Fungsi Utama Ban

Ban tidak hanya bisa membuat mobil bisa bergerak maju dan mundur, tapi juga punya beberapa fungsi lain. Maka jangan pernah meremehkan si karet bundar ini meski posisinya berada paling bawah dari bodi mobil.

Setidaknya ada empat fungsi utama ban pada mobil yang wajib Anda ketahui:

  • Menyangga beban
  • Membantu pengereman dan daya dorong mobil
  • Fungsi steer dan bisa mengontrol arah kendaraan, kanan-kiri, maju-mundur
  • Meredam getaran ketika melewati permukaan jalan yang tidak rata.

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts