Tips dan Trik

Penanganan Luka Jatuh Dari Motor, Begini Caranya

Jatuh dari motor tidak jarang menimbulkan lecet atau luka ringan (Foto: Blogspot)

Jakarta – Pengendara roda dua mungkin pernah jatuh saat mengendarai sepeda motor. Untuk kondisi jatuh yang tidak parah, sebenarnya butuh penanganan luka yang benar. Untuk luka ringan akibat jatuh dari motor harus segera diobati agar tidak infeksi.

Pada kasus yang ringan, luka akibat jatuh dari motor dapat ditangani sendiri di rumah. Cara mengobati yang benar meminimalisir munculnya jaringan parut pada kulit. Setibanya di rumah, kalian perlu melakukan beberapa hal berikut:

Cuci tangan sebelum mengobati

Jika akan mengobati luka lecet pada diri Anda sendiri atau luka pada orang lain, pastikan untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Anda perlu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Langkah ini dilakukan untuk membersihkan kuman atau bakteri di tangan Anda yang dapat menyebabkan infeksi pada luka. Setelah itu, cuci bagian yang luka dengan air bersih.

Membersihkan Area Luka

Bekas luka harus segera ditangani (Foto: Pinterest)

Area luka memang nyeri jika disentuh. Apalagi jika kamu mencucinya dengan air. Namun, mencuci bagian yang luka memang harus dilakukan untuk membersihkan sisa pasir maupun serpihan tanah ke kulit.

Gunakan air mengalir selama beberapa menit untuk mencuci luka. Ingat, jangan menggosok atau menekan terlalu dalam bagian yang luka. Pasalnya, hal tersebut dapat menyebabkan pendarahan lebih parah dan perih.

Pastikan untuk membersihkan kotoran tersebut dengan kapas yang sudah diberi alkohol atau cairan antiseptik. Luka yang selesai dibersihkan tentunya sudah bebas dari kuman dan tinggal melalui proses penyembuhan.

Mengoleskan Antibiotik

Ketika luka jatuh dari motor sudah dibersihkan, kalian bisa mengoleskan krim antibiotik yang dibeli tanpa resep dokter. Oleskan luka dengan krim antibiotik tipis-tipis saja, agar mempercepat penyebuhan luka.

Gunakan antibiotik seperti bacitracin, neosporin, atau polysporin yang bisa dibeli di apotek. Jenis krim antibiotik tersebut dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan mencegah timbulnya infeksi.

Menutup Luka Jatuh Dari Motor

Jika hanya luka kecil, kita menutup luka dengan kain kasa (perban) atau plester supaya tidak mudah terkena kotoran dan air. Namun bila lukanya cukup besar, maka dianjurkan untuk menutupnya dengan kain kasa dan kapas yang telah diberikan antiseptik.

Penyembuhan luka ini berlangsung kurang lebih sekitar seminggu, sampai bekas luka tersebut mengering. Untuk plester atau perban sebaiknya tetap diganti setidaknya sekali sehari agar bekas luka tetap bersih.

Penulis: Yongki

Editor: Lesmana

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts

/