Sumber informasi

Pengalaman Bayar Pajak Pakai Aplikasi Sambara

Jakarta – Bayar pajak pakai aplikasi Sambara terasa sangat memudahkan karena prosesnya bisa dilakukan di ujung jari. Walau begitu ada langkah-langkah yang perlu diketahui untuk melakukannya.

Bayar Pajak Pakai Aplikasi Sambara

(Foto: Carmudi)

Tim Carmudi mencoba langsung prosesnya, Senin (25/10/2021) untuk membayar pajak sepeda motor. Langkah awal yang perlu dilakukan tentunya menginstal aplikasi Sambara yang tak lain merupakan singkatan Samsat Mobile Jawa Barat.

Dari namanya tercermin jelas aplikasi ini ditujukan untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor dengan nomor polisi daerah di Jawa Barat.

Untuk memulai pendaftaran, pemilik kendaraan tinggal memilih menu bertuliskan “Info PKB & dan Kode Bayar” yang dilanjutkan dengan memasukkan nomor polisi. Selanjutnya akan keluar data kendaraan beserta jumlah tagihan pajak yang mesti dibayar.

Di bagian bawah layar akan muncul pertanyaan “Lanjut Daftar Online?”. Pemilik kendaraan tinggal memilih “Ya” jika ingin melanjutkan prosesnya.

Pada layar berikutnya, muncul kolom-kolom yang harus diisi dengan lima digit terakhir nomor rangka kendaraan dan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Klik “Proses” untuk mendapatkan kode pembayaran.

Sampai pada langkah ini pemilik harus melakukan pembayaran sesuai jumlah yang diminta. Ada beberapa opsi tersedia, meliputi Bank BJB, Tokopedia, Bank Mandiri, Kaspro, dan Indomaret.

Dalam pengalaman kali ini tim Carmudi memilih cara pembayaran melalui Tokopedia. Untuk melakukannya, pemilik kendaraan tinggal mengklik ikon toko daring tersebut yang ada di halaman “Pembayaran” aplikasi Sambara.

Aplikasi Sambara

(Foto: Carmudi)

Selesaikan pembayaran sesuai instruksi yang diberikan. Satu hal yang perlu diketahui, Tokopedia memberlakukan biaya admin sebesar Rp5.000.

Setelah pembayaran sukses dilakukan maka pemilik kendaraan akan mendapatkan sebuah invoice yang perlu dicetak.

Datang ke Kantor Samsat

Proses bayar pajak pakai aplikasi Sambara masih mengharuskan pemilik kendaraan datang ke kantor Samsat. Tujuannya untuk mencetak Surat Ketetapan Pajak Daerah (SKPD) dan pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Walau demikian, aplikasi Sambara membuat pemilik kendaraan tidak perlu mengantre seperti mereka yang melakukan pembayaran di kantor Samsat.

Tim Carmudi datang ke kantor Samsat Depok yang berlokasi di Jl. Merdeka, No.2, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok.

Persyaratan yang diperlukan pada tahap ini, meliputi, STNK asli, KTP pemilik asli, Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) fotokopi, dan invoice yang didapat dari Tokopedia.

Pengurusannya dilakukan di loket e-Samsat yang disediakan secara khusus. Tidak sampai sepuluh menit, pengesahan STNK selesai dan SKPD yang baru pun sudah di tangan.

Bayar Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts