Berita

Pengalihan Arus Bundaran HI Berlaku 4—10 Juli 2022, Perhatikan Rutenya

Jakarta — Masyarakat DKI Jakarta yang berencana melintas di sekitar Bundaran Hotel Indonesia (HI) sebaiknya memerhatikan rekayasa lain lintas berupa pengalihan arus yang berlaku beberapa hari ke depan.

Bundaran HI

Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta dikabarkan akan melakukan uji coba rekayasa lalu lintas di Bundaran HI, Jl. M.H. Thamrin, Jakarta Pusat. (Foto: Wikipedia)

Dirangkum dari situs web Korlantas Polri, Senin (4/7/2022), Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta dikabarkan akan melakukan uji coba rekayasa lalu lintas di Bundaran HI, Jl. M.H. Thamrin, Jakarta Pusat.

Uji coba rekayasa lalu lintas tersebut dilaksanakan selama satu minggu ke depan, Senin—Minggu (4—10/7/2022) pada sore sampai malam hari pukul 16.00—21.00 WIB.

Rute Pengalihan Arus Bundaran HI

Melalui siaran persnya, Dishub Provinsi DKI Jakarta menjelaskan ada empat rute uji coba pengalihan jalur ini, meliputi:

  1. Pengalihan lalu lintas dari arah selatan ke timur dilakukan secara terbatas dengan prioritas untuk Bus Transjakarta dan rombongan VVIP
  2. Pengalihan lalu lintas dari arah timur ke utara
  3. Lalu lintas dari selatan yang menuju timur dialihkan melalui Jl. M.H. Thamrin – putar balik di Bundaran Patung Kuda atau di depan Kementerian Perhubungan
  4. Lalu lintas dari timur yang akan menuju ke barat atau utara dialihkan belok kiri melalui Jl. Jenderal Sudirman – putar balik di Landmark Kolong Sudirman – Jl. Galunggung – belok kiri ke Kupingan BNI – Jl. Jenderal Sudirman – dan seterusnya
Pengalihan Arus Bundaran HI

(Foto: Dishub Provinsi DKI Jakarta)

Dijelaskan, tujuan dari pengalihan jalur ini merupakan upaya mengurangi kepadatan dan konflik lalu lintas di Bundaran HI. 

Dishub Provinsi DKI Jakarta mengimbau pengendara untuk mematuhi pengalihan arus tersebut dan menyesuaikan perubahan lalu lintas yang ditetapkan. 

Di samping itu, pengendara juga diminta untuk mematuhi petunjuk petugas di lapangan dan mengutamakan keselamatan.

Uji coba pengalihan arus ini mengundang sejumlah keluhan dari masyarakat seperti terlihat dari komentar-komentar warganet di akun media sosial Dishub Provinsi DKI Jakarta.

Banyak yang menilai pengalihan arus ini hanya bersifat memindahkan titik kemacetan dari Bundaran HI ke lokasi lain.

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts

/