Event

IIMS Hybrid 2021, Pengawasan Kesehatan Dipastikan Super Ketat

JakartaIndonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 menjadi event pertama yang mendapatkan izin dari Pemerintah. Seperti namanya, nantinya IIMS akan digelar secara hybrid -online dan offline.

Khusus pengunjung yang datang ke venue langsung, nantinya akan diwajibkan mengikuti protokol kesehatan yang super ketat.

Bahkan, Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo, Hendra Noor Saleh membeberkan salah satu kebijakannya yakni pembatasan 5 ribu tiket dalam satu hari yang dijual baik online maupun offline.

iims hybrid 2021

IIMS 2019 Surabaya. (Foto: Suzuki)

“Mekanisme pengunjungnya nanti diatur. Ketentuan yang dibolehkan adalah 25% dari kapasitas pameran normal. Misalnya di saat normal satu hall bisa menampung 20 ribu pengunjung. Nantinya hanya bisa memuat 25% saja, atau sekitar 5 ribu orang,” kata Hendra kepada Carmudi saat wawancara eksklusif, Selasa sore (13/4/2021).

Pengawasan kesehatan ini nantinya akan langsung dipantau oleh tim gabungan Gugus Tugas Covid-19. Tim gabungan tersebut diisi oleh pihak Kepolisian, tenaga kesehatan, pihak gedung, dan brand.

“Jadi nantinya akan ada petugas yang selalu berkeliling mengamankan booth dan area. Kita juga akan menyediakan holding room untuk menahan arus pengunjung yang ingin berpindah ke hall satu ke hall lainnya. Jadi sangat tidak boleh berdesakkan,” sambung pria yang akrab dipanggil Kohen tersebut.

Pameran IIMS Hybrid 2021

Booth Mitsubishi di IIMS 2019 (Foto: Santo/Carmudi)

Dari satu booth ke booth lain akan diberikan jalur masuk dan keluar. Pengunjung sangat tidak diperbolehkan masuk dan keluar booth secara sembarangan.

Selain itu pengunjung juga diimbau untuk tidak berbicara dengan sales, teman atau siapapun di area booth. Diusahakan pengunjung hanya bisa melihat-melihat kendaraan yang dipajang.

“Hal ini bertujuan untuk mengamankan area, diimbau agar pengunjung tidak boleh berbicara selama di area booth atau pameran,” ujarnya.

Tersedia Lokasi Tes Covid

Nantinya di area IIMS Hybrid 2021 juga akan disediakan lokasi tes Covid-19. Tes yang disediakan di area IIMS Hybrid 2021 ini terdiri dari rapid test, swab antigen, hingga swab PCR.

hendra noor saleh

Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo dalam wawancara eksklusif bersama Carmudi, Selasa (13/4/2021)

Fasilitas ini diadakan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada pengunjung yang datang. Bahkan seluruh pelaku pameran dan industri di area tersebut wajib mengikuti swab antigen setiap 3 hari sekali.

“Hal ini supaya memberikan rasa aman dan nyaman kepada pengunjung yang mau datang. Tema di tahun ini kita fokus kepada historical event yang berlangsung hybrid,” ucap Kohen.

Historical event yang dimaksud merupakan event pertama di era pandemi yang mendapatkan izin. Diharapkan IIMS Hybrid 2021 ini akan menjadi tolak ukur event pertama di era pandemi yang bisa dilaksanakan secara online dan offline.

Bahkan event besar seperti Pekan Raya Jakarta atau Jakarta Fair pun belum mendapatkan izin resmi dari Pemerintah. IIMS Hybrid 2021 hadir sebagai pilot project event pertama yang digelar di era pandemi.

Target Transaksi IIMS Hybrid 2021

Harus diakui jika antusias pengunjung nantinya bisa jauh berkurang. Kendati demikian, IIMS tetap memiliki target penjualan di angka Rp4 triliun.

Target tersebut merupakan setengah dari angka target dari saat event berlangsung normal di luar pandemi. “Diharapkan ada momen lebaran dan PPnBM ini bisa menarik minat masyarakat,” katanya.

Pembelian tiket IIMS Hybrid 2021

Pembelian tiket IIMS Hybrid 2021 di lokasi pameran (Foto: Dyandra/Youtube)

Kohen menjelaskan jika industri otomotif nasional saat ini sedang berjuang habis-habisan. Banyak tenant atau produsen otomotif yang menyatakan belum siap mengikuti event tersebut lantaran kurang yakin.

“Industri kita sebetulnya belum siap. Banyak tenant yang mundur di menit akhir. Tetapi kita berusaha mencoba maju dan mempertahankan bagaimana cara agar acara ini bisa berjalan dan membuka jalan bagi industri otomotif kita,” pungkasnya.

IIMS Hybrid 2021 nantinya akan digelar pada 15 April hingga 25 April 2021. Harga tiket yang ditawarkan masih sama seperti tahun lalu, Rp50 ribu di hari biasa dan Rp70 ribu di akhir pekan.

Baca Juga:

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts