Sumber informasi

Pengertian Motor 4-Tak, Bakal Tergeser Listrik?

Jakarta — Pengertian motor 4-tak mengacu pada jumlah langkah atau tahapan mesin yang digunakannya untuk menghasilkan tenaga dalam satu siklus.

Tahap tersebut meliputi intake stroke, compression stroke, combustion stroke, dan exhaust stroke.

Pengertian Motor-4-Tak

(Foto: Byju’s)

Hampir semua sepeda motor baru yang dijual di Indonesia pada saat ini mengadopsi mesin 4-tak.

Padahal sebelumnya banyak juga model yang menggunakan mesin 2-tak.

Mesin 2-tak punah sebab membutuhkan biaya terlalu mahal untuk membuatnya sesuai dengan aturan emisi gas buang yang makin ketat.

Oleh karena itu mayoritas pabrikan lebih memilih meninggalkannya lalu mengandalkan mesin 4-tak untuk produk-produknya yang dijual sampai saat ini.

Dirangkum dari berbagai sumber, Senin (3/10/2022), mesin 4-tak atau yang juga sering disebut 4-stroke memiliki beberapa keunggulan.

Contohnya, lebih irit bahan bakar, tidak bising, minim asap, dan sebagainya.

diskon motor honda

Cara Kerja Mesin Motor 4-Tak

Dijelaskan sebelumnya, mesin 4-tak berarti memiliki empat tahapan dalam upayanya menghasilkan tenaga dalam satu siklus.

Intake Stroke

Campuran antara bahan bakar dan udara alias fuel air mixture masuk ke ruang bakar melalui intake valve bersamaan dengan pergerakan piston dari Titik Mati Atas (TMA) menuju Titik Mati Bawah (TMB.

Compression Stroke

Piston kembali bergerak dari TMB menuju TMA sehingga menciptakan tekanan pada campuran bahan bakar dan udara tersebut. Menjadikan suhunya menjadi sangat tinggi.

Combustion Stroke

Campuran bahan bakar dan udara akhirnya terbakar dengan bantuan percikan api dari busi. Tahap ini juga kembali mendorong piston bergerak menuju TMB yang pada saat bersamaan menggerakkan kruk as.

Exhaust Stroke

Piston kembali bergerak menuju TMA untuk mendorong gas sisa pembakaran agar keluar melalui exhaust valve kemudian menuju knalpot.

Langkah atau pengertian motor 4-tak tersebut agak berbeda dengan 2-tak.

Sesuai namanya, mesin 2-tak hanya membutuhkan dua langkah untuk menghasilkan tenaga dalam satu siklus.

Sebabnya langkah intake stroke dan compression digabungkan dalam satu gerakan piston menuju TMA. Sedangkan ketika piston turun ke TMB sekaligus menjalani langkah combustion stroke dan exhaust stroke.

Simak ulasan lengkap tentang perbedaan mesin 2-tak dan 4-tak di sini.

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts