Sumber informasi

Pengertian Torsi dan Tenaga Mesin dalam Dunia Otomotif

Pengertian torsi dan tenaga mesin akan berhubungan langsung dengan performa kendaraan. Logikanya, makin besar figur angka kedua hal tersebut maka performanya makin superior. Wajar jika konsumen kerap mempertimbangkan torsi dan tenaga saat hendak membeli mobil baru.

Pengertian Torsi dan Tenaga Mesin dalam Dunia Otomatif

(Foto: Wichita Eagle)

Memasuki tahun 2022 mungkin ada di antara Carmudian yang berencana membeli mobil. Untuk itu biasanya ada beberapa hal yang dipertimbangkan. Umumnya menyangkut desain eksterior, fitur berkendara, kapasitas tempat duduk, layanan purna jual, hingga mesin.

Terkait mesin, kebanyakan para awam hanya melihat besarnya kapasitas dari sumber tenaga tersebut. Di Indonesia sendiri mayoritas mobil berbahan bakar bensin menggunakan mesin 1.000 cc hingga 1.500 cc.

Sebenarnya sampai di situ saja sudah cukup khususnya bagi pengguna mobil rata-rata. Tapi mereka yang mengaku petrolhead pasti akan lebih detil menilai kemampuan mobil dari mesinnya. Hal tersebut akan berujung pada figur torsi dan tenaga.

>>>>> Cek deretan mobil baru dan bekas terbaik dari penjual terpercaya di sini!

Pengertian Torsi dan Tenaga Mesin

Baik torsi atau tenaga sudah lama dijadikan gambaran mengenai performa sebuah kendaraan. Tergantung dari negara atau standar pabrikan, satuan yang digunakan untuk mengukur tenaga dan torsi berbeda.

Untuk torsi ada yang menggunakan satuan newton meter (Nm), kilogram meter (Kgm), atau pound foot (lb ft). Kemudian untuk tenaga ada yang menggunakan satuan horsepower (Hp), pferdestarke (Ps), atau brake horsepower (Bhp).

Sejumlah produsen dan publikasi otomotif di Indonesia juga ada yang menggunakan satuan “dk” alias daya kuda atau “tk” sebagai singkatan tenaga kuda. Sementara angkanya sama dengan “Hp”.

Masih banyak yang bisa dipelajari selain pengertian torsi dan tenaga mesin. Misalnya dari mana datangnya figur-figur tersebut dan bagaimana pengaruhnya pada kendaraan. Lebih lengkapnya mari simak ulasan di bawah ini.

Pengertian Torsi Mesin

Mobil dengan beban berat butuh torsi besar. (Foto: Car Expert)

Pengertian Torsi Mesin

Bukan hanya pada kendaraan, disadari atau tidak torsi dapat ditemukan di berbagai aspek kehidupan sehari-hari. Misalnya ketika seseorang hendak memutar baut, gagang pintu, bahkan tutup botol. Semua membutuhkan torsi namun dalam jumlah yang berbeda-beda.

Jadi sederhananya torsi merupakan gaya yang dibutuhkan untuk memutar sebuah obyek. Dalam kaitannya dengan mesin mobil, torsi adalah gaya yang dimiliki oleh mesin untuk memutar crankshaft pada setiap rpm (Revolution Per Minute).

Dalam lembar spesifikasi mobil kerap dijumpai angka torsi maksimum disandingkan dengan informasi mengenai rpm-nya. Contohnya pada Toyota All New Avanza bermesin 1.500 cc memiliki torsi puncak 14 kgm atau setara 137 Nm yang didapat pada putaran mesin 4.200 rpm.

Auto Express dalam laporannya menjelaskan, pada umumnya mobil akan terasa lebih responsif jika torsi puncak didapat pada putaran mesin yang rendah. Utamanya pada mobil-mobil produksi massal (bukan mobil balap).

Sebabnya, pada penggunaan sehari-hari mobil akan sering menghadapi situasi stop and go. Ya, torsi adalah yang dibutuhkan untuk membuat mobil melaju dari posisi diam.

Mobil dengan dimensi mungil — diasumsikan juga memiliki bobot yang ringan — membutuhkan torsi yang relatif kecil untuk membawanya melaju. Beda hal dengan mobil-mobil berdimensi besar seperti Sport Utility Vehicle (SUV) atau truk dan bus.

Kendaraan-kendaraan semacam itu membutuhkan torsi yang jauh lebih besar untuk berakselerasi. Oleh karena itu mayoritas mobil besar menggunakan mesin dengan bahan bakar diesel.

Memangnya apa yang spesial dengan mesin diesel? Salah satu alasannya karena karakter mesin diesel yang memiliki stroke atau langkah piston lebih panjang dari mesin bensin.

Coba ingat penjelasan di awal. Dalam upaya untuk memutar sebuah objek, akan lebih mudah dilakukan jika menggunakan alat pemutar atau gagang yang lebih panjang, bukan?

Pengertian Tenaga Mesin

Mobil sports lebih membutuhkan tenaga besar untuk melaju kencang. (Foto: Honda)

Pengertian Tenaga Mesin

Sumber yang sama menjelaskan pengertian tenaga dalam konteks mesin mobil ialah sebagai ukuran seberapa cepat mesin dapat mengerahkan torsi yang sama dari waktu ke waktu.

Sebagai gambaran, torsi berguna untuk membawa mobil berakselerasi dari posisi diam. Tapi untuk membuatnya terus bergerak maju maka yang dibutuhkan adalah tenaga.

Jika ada dua mesin yang memiliki torsi berbeda. Teorinya mesin dengan torsi lebih besar akan memiliki tenaga lebih besar pula mengingat rumus perhitungan tenaga (hp) adalah hp = torsi x rpm x 5.252.

Tapi perlu diketahui, banyak mesin dengan torsi besar tidak didesain untuk berputar (rpm) dengan kecepatan tinggi. Sebabnya untuk menghindari kerusakan dari komponen metal yang saling bergesekan.

Oleh kerana itu tenaga puncaknya harus dikorbankan. Lain cerita lagi untuk mobil-mobil sport berbahan bakar bensin. Mayoritas didesain dengan torsi cenderung lebih rendah tapi punya tenaga yang selangit.

Dengan begitu mobil-mobil semacam itu dapat mencapai kecepatan puncak yang sangat ekstrem.

Salah satu fakta penting, istilah horsepower itu sendiri benar-benar memiliki hubungan dengan seekor kuda. Dipopulerkan oleh James Watt, figur 1 hp sama dengan kemampuan seekor kuda menarik beban seberat 250 kg sejauh 30,4 sentimeter dalam waktu 1 detik.

Ilustrasi horsepower

Ilustrasi horsepower (Foto: Wikipedia)

Perhitungan tersebut sebenarnya mendapat beberapa kritik karena terlalu subyektif. Di lain sisi, bhp dinilai menawarkan akurasi lebih baik karena turut memperhitungkan friksi dan power loss. Makanya figur tenaga dalam satuan bhp akan lebih kecil dari hp.

>>>>> Cek deretan mobil baru dan bekas terbaik dari penjual terpercaya di sini!

Meningkatkan Torsi dan Tenaga Mesin Mobil

Telah dijelaskan secara sederhana mengenai pengertian torsi dan tenaga mesin dalam dunia otomotif. Keduanya dibutuhkan dalam kegiatan berkendara sehari-hari.

Secara singkat, besarnya torsi akan menentukan seberapa responsif mobil berakselerasi. Kemudian tenaga akan mempertahankan lajunya termasuk menambah kecepatan bahkan hingga menyentuh top speed.

Dalam membeli mobil baru, kira-kira mana yang harus diutamakan? Auto Express dalam laporannya menyebut sebenarnya torsi lebih relevan untuk mobil yang digunakan sehari-hari.

Terlebih lagi jika kendaraan tersebut memiliki bodi besar atau bobot yang berat. Tapi bagi mereka yang doyang kecepatan maka horsepower besar akan lebih memuaskan.

Terkait hal tersebut, dunia modifikasi juga menawarkan beberapa solusi meningkatkan tenaga mesin sebuah kendaraan, misalnya dengan melakukan remap ECU. Lewat cara ini konsumen bisa mengubah pengaturan sensor-sensor sesuai dengan keinginannya sehingga mendapat performa lebih tinggi.

Cara lain ialah dengan melakukan pemasangan piggyback. Sesuai namanya yang berarti menggendong di belakang, pemasangan piggyback juga memungkinkan pemilik mobil memanipulasi kerja ECU standar bawaan pabrik lewat penambahan sebuah modul.

Menariknya, beberapa produk piggyback seperti halnya Dastek seri Q dilengkapi selektor map ECU yang ditempatkan di dalam kabin. Jadi pengemudi bisa memilih map ECU sesuai kebutuhan.

Contohnya map nomor 1 untuk pengaturan hemat bahan bakar, map 2 untuk tenaga penuh, dan seterusnya.

Opsi lain ialah melakukan rechipping yang lebih populer pada mobil-mobil Eropa. Pasalnya banyak mobil Eropa tak bisa dipasang piggyback. Proses rechipping sederhananya ialah mengganti chip di dalam ECU dengan chip baru yang map-nya sesuai keinginan.

Cara-cara tersebut belum termasuk modifikasi langsung pada komponen yang berhubungan dengan mesin kendaraan. Misalnya modifikasi downpipe, exhaust set, air filter, porting polish, atau bahkan pemasangan turbo untuk mobil naturally aspirated.

>>>>> Cek deretan mobil baru dan bekas terbaik dari penjual terpercaya di sini!

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *