Home » Sumber informasi » Pengin Dapat Kendaraan Murah? Simak Cara Ikut Lelang JBA Ini

Pengin Dapat Kendaraan Murah? Simak Cara Ikut Lelang JBA Ini

Suasana lelang mobil di balai lelang. (Foto: Carmudi/Dimas)

Jakarta – Salah satu alternatif mendapatkan kendaraan dengan harga murah adalah dengan mengikuti lelang. Ya, dengan mengikuti lelang kendaraan, kamu bisa berkesempatan mendapatkan mobil maupun sepeda motor dengan harga miring. Salah satu cara ikut lelang yang cukup populer di Indonesia adalah melalui JBA yang menyediakan berbagai macam kendaraan. Mulai dari sepeda motor, mobil, kendaraan alat berat dan juga bisa melakukan titip jual.

Lantas, bagaimana cara ikut lelang JBA ini? Apa saja syarat yang harus dipenuhi oleh calon peserta lelang? Kami akan memberikan sedikit informasi untuk kamu yang ingin mencoba mengikuti lelang JBA.

Cara Ikut Lelang JBA

Sebelum ikut lelang JBA yang akan menjadi medan pertempuran untuk mendapatkan mobil dan sepeda motor berharga miring, ada baiknya kamu memahaminya. Salah satunya adalah memahami cara bermain untuk mengikuti dan sudah paham dengan aturan lelang JBA.

Calon peserta lelang akan diwajibkan mendaftarkan diri secara lengkap melalui situs web resmi JBA. Setelah melakukan pendaftaran, peserta bisa melakukan pengecekan unit yang akan dilelang. Biasanya pihak pelelang akan memberitahukan kendaraan apa saja yang akan dilelang selama masa open house. 

Selama masa open house, sebisa mungkin lakukan pengecekan terhadap kendaraan yang akan dilelang dengan sangat detail. Karena jika masa open house sudah selesai, maka peserta tidak akan bisa lagi melakukan pengecekan. 

Lelang JBA, cara mendapatkan kendaraan idaman dengan harga terjangkau
Cara ikut lelang JBA, cara mendapatkan kendaraan idaman dengan harga terjangkau. (Foto: JBA)

Langkah selanjutnya adalah menyerahkan uang jaminan sebesar Rp5 juta untuk mobil dan Rp1 juta untuk sepeda motor. Biaya tersebut merupakan biaya per lot yang harus dibayarkan oleh peserta lelang. Mau ikut berapa lot pun tidak dilarang, namun jika ingin menang, ada baiknya kamu membeli beberapa lot. 

Pada saat lelang sudah berlangsung, peserta tidak dapat melakukan pengecekan lagi terhadap unit yang sedang dilelang. Maka dari itu, pengecekan yang sangat detail dan mendalam jadi kunci utama. 

Bila Anda kedapatan menjadi pemenang dalam lelang yang diadakan oleh JBA ini, akan dikenakan biaya administrasi Rp1,7 juta per unit kendaraan yang telah dimenangkan oleh peserta. Sedangkan untuk mobil yang dimenangkan dengan harga di atas Rp292 juta, dikenakan administrasi 0,6% dari harga terbentuk. Untuk sepeda motor, wajib membayar Rp300 ribu untuk setiap unit yang dimenangkan.

Bagaimana, sudah sedikit mengerti dengan aturan lelang ini bukan?

Aturan pada Saat Mengikuti Lelang

Jika sudah mengikuti persyaratan yang ditentukan oleh pihak lelang, maka langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah mengikutinya secara resmi. Sebelum mengikuti lelang pastikan kamu juga sudah membayar jaminan ke nomor rekening yang sudah disiapkan pelelang, ya. 

Pastikan kamu juga sudah memiliki Nomor Induk Peserta Lelang (NIPL) untuk mengikuti lelang.

Bagaimana caranya mendapatkan NIPL?

Untuk mendapatkan NIPL, setiap peserta wajib menyerahkan slip pembayaran dan foto copy KTP di counter registrasi PT JBA Indonesia. Karena hanya peserta yang memiliki NIPL saja yang akan diperbolehkan mengikuti lelang dan bisa mengajukan penawaran secara langsung. 

Suasana saat melakukan lelang
Suasana saat melakukan lelang. (Foto: Istimewa)

Penawaran lelang nantinya akan dilakukan secara lisan dengan sistem “naik-naik” oleh pejabat lelang yang bertugas. Lelang tersebut akan dimulai dengan kelipatan Rp500 ribu untuk mobil dan Rp100 ribu untuk sepeda motor yang dilelang. Peserta dengan penawaran tertinggi lah yang akan memenangkan lelang. Pemenang akan diketahui lewat ketukan palu oleh pemandu lelang. 

Bagaimana Membayar Kendaraan yang Sudah Dimenangkan?

Lalu, jika menang bagaimana cara membayar kendaraan yang sudah dimenangkan tersebut? Jika kamu terpilih menjadi pemenang pada saat lelang, maka kamu wajib membayar kendaraan tersebut. Ingat, wajib dibayar ya! 

Pembayaran kendaraan ini wajib dilakukan dalam tempo maksimal 5 hari kerja terhitung sejak tanggal lelang berlangsung. Peserta yang sudah menang tadi dapat menyerahkan bukti pembayaran dan serah terima dokumen asli di counter JBA.

Jika menang lelang tetapi tidak membayar, maka peserta akan dikenakan wanprestasi atau kemenangannya batal dengan uang jaminan yang tidak akan dikembalikan. Ibaratnya malah rugi, karena uang jaminan tidak bisa dikembalikan.

Lelang JBA makin diminati masyarakat
Lelang JBA makin diminati masyarakat. (Foto: JBA)

Lalu bagaimana jika kalah dalam pertempuran? Tenang, uang jaminan yang sudah dibayarkan di awal ini masih bisa kamu dapatkan kembali, kok. Uang jaminan ini nantinya bisa diambil tanpa adanya potongan sepeser pun. Masih ingat dengan NIPL tadi? Sebisa mungkin NIPL yang kamu miliki ini jangan sampai hilang, ya.

NIPL ini nantinya akan dikembalikan oleh peserta yang kalah lelang untuk mendapatkan uang jaminan. Jika tidak sengaja hilang, maka akan dikenakan denda Rp100 ribu untuk setiap NIPL yang hilang. Selain itu, pihak JBA tidak akan mengembalikan seluruh uang jaminan jika peserta tidak mengembalikan seluruh sisa NIPL yang dimiliki oleh peserta lelang JBA ini.

Nantinya JBA akan mengembalikan uang jaminan dengan cara transfer dalam jangka waktu 2 hari kerja untuk bank BCA, dan 5 hari kerja untuk bank selain BCA. So, pastikan NIPL tetap ada di tangan kamu.

Kendaraan yang Dimenangkan Wajib Diambil

Jika seluruh administrasi sudah dilunasi, maka kewajiban selanjutnya adalah membawa kendaraan yang sudah dimenangkan tersebut. Jika kendaraan yang sudah dimenangkan tidak diambil dalam waktu yang ditentukan, maka kalian bisa dikenakan denda dari JBA. 

Kendaraan yang sudah dilelang oleh pihak penyedia lelang
Ilustrasi deretan kendaraan yang sudah dilelang. (Foto: Istimewa)

Denda tersebut bervariasi, tergantung kendaraan yang dimenangkan. Jika mobil, akan dikenakan Rp150 ribu per hari dan sepeda motor Rp100 ribu per hari jika tidak diambil. Denda tersebut merupakan denda yang dikenakan sebagai biaya penitipan.

Pemenang juga tidak diperbolehkan untuk mewakilkan atau diwakilkan orang lain untuk membawa kendaraan yang sudah dimenangkan. Kecuali ada surat kuasa kepada seseorang yang nantinya akan mengambil kendaraan tersebut. Satu lagi, kendaraan yang sudah dimenangkan juga tidak boleh ditukar dengan kendaraan lelang yang lain. 

Lokasi Lelang JBA Tersebar di Kota-kota Besar

Bagi kamu yang hendak mengikuti lelang JBA, ada baiknya kamu juga memahami lokasi lelang yang ada. Lelang JBA bisa dibilang salah satu balai lelang yang memiliki lokasi sangat banyak. Lokasinya pun tersebar di puluhan kota besar di Indonesia. 

Lokasi lelang JBA tersebar di beberapa kota yang ada di Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, hingga Sulawesi. Sekadar informasi, JBA sendiri merupakan sarana lelang yang dimiliki oleh PT Adi Sarana Lelang. Kendaraan yang dilelang setiap tahunnya bisa mencapai lebih dari puluhan ribu unit.

Akun Instagram lelang JBA
Akun Instagram lelang JBA. (Foto: Istimewa)

Bahkan pada tahun 2018 silam, jumlah kendaraan yang dilelang mencapai 149.356 unit.

Wow, cukup banyak bukan!

Hal tersebut dikarenakan JBA memiliki harga jual yang sangat kompetitif bagi para pedagang kendaraan. 

Selain itu, bisa melakukan live bidding, bersertifikasi ISO, dilindungi oleh badan hukum dan juga berskala nasional. Hal itulah yang membuat lelang JBA setiap tahunnya selalu diramaikan oleh para peminat. Enggak heran kalau banyak pemain baru yang ingin terjun merasakan lelang kendaraan.

Jadwal Lelang JBA

Jadwal lelang JBA bisa dibilang berbeda-beda di setiap kotanya. Untuk melihat jadwal lelang yang akan berlangsung, bisa melakukan pengecekan di situs web resmi JBA. Cara ikut lelang JBA juga bisa kalian lihat di sana.

Misalnya jadwal lelang selanjutnya akan berlangsung pada 18 Mei 2020. Maka peserta lelang bisa melakukan open house pada 16-17 Mei 2020 atau dua hari sebelum lelang berlangsung. 

Lelang Mobil Online
Cara baru menjual atau membeli mobil dengan cara lelang mobil online. (Foto: DriveSpark)

Open house merupakan satu-satunya cara untuk melakukan pengecekan kendaraan secara mendalam. Setelah lelang berjalan, peserta tidak diperbolehkan untuk melakukan pengecekan unit secara langsung. Kesempatan hanya diberikan pada saat open house saja.

Jam lelang yang akan berlangsung juga berbeda-beda. Namun biasanya jam lelang akan berlangsung sejak pukul 10 pagi hingga 5 sore. 

Hal ini tentunya menjadi salah satu cara terfavorit yang biasa dilakukan oleh pengusaha kendaraan bekas. Ya, biasanya para peserta lelang ini merupakan para pedagang kendaraan bekas yang berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Dari lelang, tentunya mereka berlomba-lomba mendapatkan unit dengan harga miring dengan kondisi kendaraan yang sudah mereka intai sebelumnya. Bagi kamu yang hendak meminang kendaraan idaman, rasanya lelang JBA ini bisa jadi salah satu alternatif untuk mendapatkan mobil bekas terbaik sesuai kantong dan ekspektasi.

Pahami Kondisi Kendaraan Bekas Lelang

Jika kamu berhasil memboyong unit dari balai lelang atau lelang apapun, ada satu hal yang wajib kamu perhatikan, yakni kondisinya. Kondisi kendaraan yang dilelang bisa dibilang apa adanya, jika ada kendaraan lelang yang masih sangat baik kondisinya maka akan menjadi bahan incaran peserta lelang yang lainnya juga.

Jika ingin dipakai sendiri, ada baiknya kamu melakukan sedikit restorasi pada kendaraan tersebut. Restorasi bisa dilakukan di beberapa sektor seperti bodi, mesin, kaki-kaki, dan juga aksesoris lain. Bagian-bagian tersebut biasanya kerap hilang pada unit yang kurang segar kondisinya. Perbaikan ini pastinya bertujuan agar memperbarui kendaraan lelang menjadi kendaraan yang siap pakai.

Deretan mobil bekas terendam banjir. (Foto: sumeks.co)
Deretan mobil bekas terendam banjir. (Foto: sumeks.co)

Jika pun ingin dijual kembali, maka sudah seharusnya kamu melakukan perbaikan komponen kendaraan tersebut agar harga jual bisa lebih tinggi lagi. So, bagaimana dengan penilaian kalian tentang cara ikut lelang JBA yang sudah kami berikan ini? Jika tertarik ikut lelang JBA, pastikan kamu benar-benar ikuti aturan main yang ada, ya.

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Baca Juga:

Studi Baru, Fitur Keselamatan Aktif Mobil Mampu Tekan 50% Angka Kematian

Previous post
Ingin Kredit Honda PCX, Segini Besaran DP Supaya Cicilannya Murah
Next post
Airbag Pengurang Cedera Otak Pertama di Dunia Ada di Acura TLX