Berita

Pengiriman Hypercar Ferrari PHEV Ditunda, Ternyata Ini Gara-garanya

Ferrari SF90 Stradale (Foto: Paultan)

Jakarta – Ferrari SF90 Stradale dengan teknologi Plug in Hybrid Electric Vehivcle (PHEV) belum juga diluncurkan secara resmi. Padahal perusahaan mobil sport mewah itu sudah menargetkan pengiriman unit ke tangan konsumen akan dilakukan semester pertama tahun ini. Sekarang sudah memasuki bulan ke delapan yang juga awal dari semester dua, tapi hingga kini Ferrari SF90 Stradale belum juga dikirim.

Diberitakan Autocar, kegagalan pengiriman hypercar Ferrari SF90 Stradale dengan teknologi PHEV karena rantai pasokan terganggu akibat pandemi corona (covid-19). Mobil PHEV pertama buatan Ferrari ini membutuhkan lebih dari 2 ribu komponen baru dari para pemasok. Kemungkinan pengiriman unit pertama Ferrari SF90 Stradale baru akan dilaksanakan akhir tahun ini.

Dalam laporan keuangan yang baru-baru ini laksanakan, CEO Ferrari Louis Camilleri dihadapan para investor mengatakan “Meskipun kami yakin bahwa pengiriman mobil ke konsumen kami akan dimulai lebih awal pada kuarta keempat 2020, tetapi peningkatan produksi pasti akan tertunda, yang merupakan satu alasan utama penyesuaian,”

Ferrari sempat menghentikan semua produksi mobilnya di pabrik Maranello dan Modena pada Maret lalu karena adanya wabah corona. Pabrik tersebut kembali beroperasi dengan kapasitas penuh pada awal Mei. Akibat tutupnya pabrik selama satu bulan lebih di kuartal kedua tahun ini, Ferrari hanya mengirimkan sedikit mobil ke konsumen, atau turun sekira 48% jika dibandingkan dengan kuartal kedua 2019. Pendapatan ersih perusahaan juga mengalami penurunan 42%.

Ferrari SF90 Stradale (Foto: Paultan)

Hypercar PHEV Bertenaga Buas

Ferrari SF90 Stradale PHEV diperkenalkan pertama kali pada Mei 2019. Hypercar PHEV ini merupakan mobil jalan raya paling bertenaga dan tercepat yang pernah diproduksi Ferrari.

Sumber tenaganya berasal dari mesin bensin F154 twin-turbocharged V8 berkapasitas 3.990 cc. Lalu dipadukan dengan tiga motor listrik, dua di antaranya diletakkan di poros roda depan sedangkan satu lagi dikenal sebagai MGUK (Motor Generator Unit, Kinetic) yang diletakkan dibelakang antara antara mesin dan gearbox.

Apabila mesin dan motor listrik bekerja secara bersamaan maka tenaga yang dihasilkan mencapai 986 hp. Dengan tenaga sebesar itu memungkinkan mobil melaju dari posisi diam sampai 100 km/jam dalam 2,5 detik, atau jika dipaksakan terus sampai 200 km/jam bisa ditempuh dalam dalam 6,7 detik. Sedangkan kecepatan tertinggi Ferrari SF90 Stradale PHEV 340 km/jam.

Model ini tidak dijual terbatas, harga yang ditawarkan untuk satu unit Ferrari SF90 Stradale PHEV mulai dari 400.000 pound sterling atau sekitar Rp7miliar.

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts

/