Berita

Penjelasan Terbaru Audi Terkait Pabrik Perakitan di Indonesia

Tangerang – Isu mengenai Audi bakal membangun pabrik perakitan mobil di Indonesia sudah lama bergulir. Namun, hingga kini rencana tersebut belum juga terealisasi.

“Mengenai isu terkait pabrik perakitan mobil Audi, kami belum bisa menyampaikan bagaimana rencana bisnis untuk ke depannya terkait produksi itu,” ungkap Agung Ariyanto Product Expert and Trainer PT Garuda Mataram Motor (GMM).

Dia menambahkan, fokus GMM selaku Agen Pemegang Merek Audi di Indonesia saat ini adalah meningkatkan volume penjualan mobil.

Pabrik Perakitan Audi

Booth Audi di GIIAS 2021 (Foto: Santo/Carmudi)

“Jadi memang tidak semata-mata hanya produksi sekian unit, tidak begitu, cuma memang kami lebih mengarah ke permintaan mobil terlebih dahulu. Kemudian, seperti apa dan apa sih yang memang harus dipersiapkan kalau misalkan kedepannya ada pemikiran seperti itu (produksi mobil di Indonesia),” sambung dia.

Sekira 2011, GMM sempat berencana ingin merakit Audi A4 secara lokal pada 2015, hanya saja hal itu seolah hilang begitu saja. Tetapi, Agung tidak menampik bisa saja ke depan rencana serupa akan dicanangkan kembali.

“Tapi kami sekarang sedang fokus membawa unit-unit yang kami kostum,” tutur dia.

Volkswagen Sudah Produksi Mobil di Indonesia

Tak cuma Audi, PT GMM juga memasarkan mobil merek Volkswagen (VW) di Tanah Air. Namun, berbeda dengan Audi, VW malah sudah memproduksi mobil secara lokal walaupun hanya fokus pada satu model saya, yaitu Tiguan Allspace.

“Saat ini kami fokus pada Volkswagen dahulu, karena Audi ini berada satu naungan di GMM. Jadi mungkin fokusnya ke VW untuk produksi di dalam negeri,” kata Herry Noverino, Assistant Marketing & PR Manager PT GMM.

Diketahui, VW Tiguan Allspace yang diproduksi oleh GMM dibawa dalam bentuk terurai atau Medium Knocked Down (MKD), dari Meksiko. Pabriknya berlokasi di Cikampek, Jawa Barat.

Booth VW di GIIAS 2021 (Foto: Santo/Carmudi)

VW Tiguan Allspace meluncur di Indonesia pada Juli 2019. Mobil ini dibekali mesin 1.4 TSi bertenaga 152 HP dan torsi puncak 250 Nm. Tenaganya disalurkan ke roda melalui transmisi 6-percepatan dengan kopling ganda (DGS) plus triptronic.

Memasuki pertengahan 2021, GMM mendatangkan edisi khusus VW Tiguan Allspace dengan embel-embel Sport Edition. Kehadirannya dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-76 tahun ini.

Sebagai pembeda dengan model reguler, VW Tiguan Allspace edisi terbatas telah diberi beberapa sentuhan baru pada sektor eksterior. Di antaranya bumper depan sporty, diffuser berwarna hitam, spoiler atap hitam dan lainnya.

Informasi lebih lanjut mengenai mobil baru VW, klik di sini.

 

Penulis: Santo Sirait

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *