Home » Berita » Persaingan Ketat, BMW Singkirkan Mercedes Benz

Persaingan Ketat, BMW Singkirkan Mercedes Benz

Logo BMW (Foto: BBC)

Washington – 2019 menjadi tahun tersulit bagi industri otomotif secara umum. Akan tetapi tampaknya BMW berhasil melewati badai itu dengan sangat baik setidaknya di pasar Amerika Serikat (AS). Perusahaan mobil mewah asal Jerman itu berhasil meraih penjualan positif sepanjang 2019. Menariknya, BMW berhasil menyingkirkan Mercedes Benz sebagai pesaing terdekatnya dari tahta merek premium terlaris di AS.

Mengacu pada angka penjualan yang dipublikasikan oleh perusahaan, tercatat BMW telah menjual sebanyak 324.826 mobil pada 2019. Angka itu mengalami peningkatan sekira 4.4% dari 311,014 mobil yang diraihnya pada 2018.

Disinyalir, peningkatan penjualan BMW sepanjang 2019 di AS naik berkat kemunculan model BMW G20 sebagai generasi terbaru dari 3 Series. Selain itu, tingginya minat konsumen untuk membeli produk sport utility vehicle (SUV) BMW seperti X3, X5 dan X7 juga diduga memberikan kontribusi yang besar.

“Kami telah berbicara banyak selama dua tahun terakhir tentang produk yang tepat untuk pasar Amerika. Kami percaya bahwa dengan semua peluncuran model terbaru kami, dan kami baru saja melakukannya,” kata Presiden dan CEO BMW North America. Bernhard Kuhnt.

Adapun penjualan Mercedes Benz menunjukkan nuansa yang kurang cerah. Pabrikan yang bermarkas pusat di Stuttgart, Jerman ini hanya menjual sebanyak 316.094 kendaraan tahun lalu. Terlihat jelas angka penjualan yang diraih oleh Mercedes Benz terpaut jauh sekali dibanding pencapaian BMW selama 12 bulan di 2019. Bila dibandingkan antara penjualan mobil Mercedes Benz periode 2018 dengan 2019 angka peningkatannya sangat tipis sekali hanya 135 unit saja.

Mercedes Benz E 300 e AMG Line
Mercedes Benz E 300 e AMG Line di GIIAS 2019. (Foto: Carmudi/Ria)

Sama seperti BMW, Mercedes Benz juga meluncurkan produk baru sepanjang 2019. Di antaranya adalah A-Class, GLB, GLE dan GLS. Tapi sayangnya, kehadiran produk-produk baru tersebut tidak siginifikan mengatrol penjualan mobil Mercedes Benz di AS.

Lexus Masih di Bawah BMW dan Mercedes Benz

Merek mewah dari Toyota, Lexus nampaknya harus lebih bekerja keras lagi untuk dapat bersaing melawan BMW dan Mercedes Benz di pasar mobil mewah AS. Baik BMW maupun Mercedes Benz yang berhasil mencatatkan peningkatan penjualan tahun lalu, Lexus justru mengalami penurunan. Meski penurunanya tidak terlampau tinggi, tapi total penjualan Lexus dibanding BMW dan Mercedes Benz terpaut sangat jauh sekali.

Lexus ES 250 (Foto: Santo/Carmudi)

Berdasarkan data penjualan yang didapat dari Paultan, tertera bahwa Lexus hanya berhasil menjual sebanyak 298.114 kendaraan pada 2019, atau turun 0,1% dibandingkan dengan capaian 2018 yang mencapai 298.310 unit.

Sementara itu, merek premium lainnya yang bersaing dengan BMW dan Mercedes Benz adalah Audi. Pabrikan mobil berlambang empat gelang tersebut meraih penjualan sebanyak 224.111 unit pada 2019, atau naik sekira 0,4%, diikuti oleh Acura dengan total penjualan 157.385 unit dan Cadillac sebanyak 156.246 unit selama 2019.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Mobil BMW dan MINI Bekas Banjir Jakarta Ditolak Tukar Tambah di Diler Resmi

Previous post
Mobil BMW dan MINI Bekas Banjir Jakarta Ditolak Tukar Tambah di Diler Resmi
uang muka renault triber
Next post
Renault Klaim Sudah Menjual 20 Ribu Triber, Tapi Bukan di Indonesia