Home » Berita » Meski Penjualan di November Turun Tipis, Daihatsu Sigra Masih Jadi Primadona

Meski Penjualan di November Turun Tipis, Daihatsu Sigra Masih Jadi Primadona

Test drive New Daihatsu Sigra di Bandung, Jawa Barat.
Test drive New Daihatsu Sigra di Bandung, Jawa Barat.

Jakarta – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Daihatsu di Indonesia menutup November 2019 dengan mencatatkan raihan penjualan positif. Sepanjang November 2019, Daihatsu berhasil mencatatkan penjualan retail (diler ke konsumen) sebesar 16.214 unit. Angka itu naik cukup siginifikan sekira 4,1% jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang hanya terjual sebanyak 15.578 mobil.

Penjualan tertinggi Daihatsu masih dipegang oleh Sigra. Berdasarkan data penjualan yang dimiliki oleh ADM terkuak bahwa sepanjang November 2019 Daihatsu Sigra terjual sebanyak 4.144 unit atau menyumbang sekira 25,6 persen dari total penjualan Daihatsu secara nasional. Meski demikian, raihan itu tidak sebaik dari Oktober 2019 yang mencapai 4.436 unit atau menyumbang 28,5 persen.

Untuk diketahui, Daihatsu Sigra baru saja mendapat pembaruan pada September lalu. Berkat pembaruan yang dilakukan oleh ADM, penjualan mobil yang bersaing di segmen Low Cost Green Car (LCGC) semakin membaik dan terus menjadi primadona. Daihatsu Sigra dipasarkan dalam 10 varian. Varian terbawah dibanderol dengan harga Rp116,5 juta, sedangkan varian teratas Rp159,25 juta.

Selain Daihatsu Sigra, produk Daihatsu lainnya yang juga memberikan kontribusi positif selama satu bulan di November 2019 yaitu Gran Max Pikap (PU) yang dijual sebanyak 3.762 unit (23,2 persen). Angka tersebut naik tipis jika dibandingkan penjualan ritel bulan sebelumnya sebanyak 3.336 unit.

Test drive New Daihatsu Sigra di Bandung, Jawa Barat.
Test drive New Daihatsu Sigra di Bandung, Jawa Barat.

Sementara itu Daihatsu Terios mencatatkan penjualan 2.524 unit (15,6 persen), Ayla 2.163 unit (13,3 persen), Xenia 1.749 unit (10,8 persen), Gran Max Minibus (MB) 1.370 persen. Produk Daihatsu lainnya yang juga turut memberikan sumbangan penjualan selama periode November 2019, seperti Luxio, Sirion, dan Hi-Max. Bila ditotal, ketiganya mencatatkan penjualan sebanyak 502 unit atau menyumbang sekira 3,1 persen dari total keseluruhan penjualan Daihatsu.

“Kami bersyukur, penjualan Daihatsu tetap menunjukkan tren positif. Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang baik dari masyarakat. Semoga capaian dan kepercayaan yang baik ini bisa dapat terus terjaga dan terus memotivasi kami menjadi lebih baik,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director PT ADM.

Total Penjualan Daihatsu Januari-November 2019

Menjelang akhir tahun 2019, capaian Daihatsu di November mengalami peningkatan positif. Secara total, penjualan ritel Daihatsu periode Januari – November, sebesar 159.431 unit, dan whole sales mencapai 166.429 unit.
Khusus November, penjualan ritel Daihatsu tercatat sebanyak 16.214 unit dengan capaian market share sebesar 17,5%, serta whole sales sebesar 15.911 unit (17,5%).

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Akhir Tahun Waktu yang Tepat Beli Mobil Baru Suzuki, Banyak Untungnya

Previous post
Ferrox Hadirkan Filter Udara untuk Si Retro, Yamaha XSR 155
Next post
Tahun Depan Perkembangan Mobil Listrik di Indonesia Bisa Lebih Cepat