Berita

Penjualan Honda Mei 2022 Menurun, Brio Sekuat Tenaga Menopang

Jakarta — PT Honda Prospect Motor (HPM) baru saja membeberkan catatan penjualan periode Mei 2022. Kendati ada penurunan, Honda Brio masih menjadi tulang punggung penjualan dengan menjadi model terlaris di Indonesia.

Di bulan Mei tahun ini, Honda mencatatkan penjualan mencapai 7.758 unit. Angka tersebut mengalami penurunan 9,1% jika dibandingkan pada periode yang sama di tahun sebelumnya dengan catatan penjualan 8.538 unit.

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM yang menargetkan 100 ribu unit penjualan hingga akhir tahun, mengatakan bahwa bulan Mei 2022 ini dipengaruhi hari kerja yang lebih sedikit.

penjualan honda mei

“Penjualan retail Honda di bulan Mei dipengaruhi hari kerja yang lebih sedikit, namun permintaan konsumen sampai saat ini masih positif terutama untuk model-model seperti All New HR-V, All New BR-V dan Honda Brio,” katanya dalam siaran resmi beberapa waktu lalu.

Brio menjadi mobil Honda paling berkontribusi dengan penjualan tertinggi, 3.872 unit (kontribusi 49,9%) sepanjang Mei 2022. Jumlah tersebut terbagi antara Brio Satya sebanyak 3.032 unit dan Brio RS sebanyak 840 unit.

Sementara generasi terbaru HR-V yang kami test drive di Sirkuit Mandalika berkontribusi 19,9% dari total penjualan Honda dengan angka mencapai 1.542 unit. Kemudian All New Honda BR-V menyusul dengan penjualan 1.407 unit atau berkontribusi sebesar 18,1%.

penjualan honda mei

Honda Brio masih menjadi tulang punggung penjualan PT HPM sepanjang Mei 2022. (Foto: HPM)

Model Honda lainnya seperti Honda City Hatchback RS mencatatkan penjualan sebanyak 378 unit. Sementara New Honda CR-V terjual 351 unit, dan Honda Mobilio 101 unit.

Di segmen mobil sedan, All New Honda Civic RS sukses terjual sebanyak 44 unit, diikuti All New Honda City 40 unit, dan New Honda Accord 23 unit. Di luar catatan tersebut, Yusak Billy menambahkan jika alasan lain menurunnya penjualan Honda disebabkan kendala pasokan komponen.

“Meskipun demikian, kendala di pasokan komponen untuk produksi masih berlanjut hingga saat ini, sehingga kami terus berupaya untuk memaksimalkan produksi agar konsumen yang telah melakukan pemesanan bisa mendapatkan mobil dalam waktu yang secepat-cepatnya,” sambung Yusak Billy.

Penulis: Rizen Panji
Editor: Dimas

Rizen Panji

Pikirannya selalu dipenuhi oleh mobil buatan asal Jerman, Swedia, dan Prancis dengan tahun produksi di bawah 2000. Jangan lupa, mesin yang bersemayam di dalam kap mesin tentunya harus 6 silinder guna memompa adrenalin ketika mengendarainya

Related Posts