Home » Berita » Penjualan Isuzu Panther Turun, Ini Penyebabnya

Penjualan Isuzu Panther Turun, Ini Penyebabnya

Kekurangan penjualan Isuzu Panther

Jakarta – Pertumbuhan industri otomotif secara nasional tahun lalu cukup baik. PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) selaku Agen Pemegang Merek (APM) kendaraan Isuzu mencatat berhasil menjual sebanyak 25.286 kendaraan. Dari sembilan produk yang dipasarkan di Tanah Air ada beberapa mengalami penurunan penjualan bila dibandingkan dengan pencapaian di 2017, satu di antaranya adalah Isuzu Panther.

Berdasarkan data retail sales (dealer ke konsumen) 2017 milik IAMI, penjualan Isuzu Panther berhasil tercatat sebanyak 1.147 unit, sedangkan di 2018 turun menjadi 950 unit atau sekira 17,2 persen. Pihak IAMI mengakui Isuzu Panther mengalami penurunan penjualan, hal itu dikarenakan semakin ketatnya persaingan di segmen Multi Purpose Vehicle (MPV).

“Memang kami sadari bahwa Panther dengan produk yang saat ini ada dan di pasarkan ini kompetisinya semakin ketat. Jadi penurunan Panther itu memang secara alami terjadi bukan karena kita tidak mengeluarkan produk baru tapi lebih kepada kompetisi,” ujar General Manager Marketing IAMI, Attias Asril di sela peluncuran New Giga, di Jakarta.

Sementara itu, Joen Budiputra selaku Direktur Pemasaran IAIMI pada kesempatan yang sama perihal penjualan Isuzu Panther mengatakan bahwa penurunan disebabkan karena pasar mobil penumpang di segmen medium MPV mulai mengalami penurunan penjualan, sehingga berimbas kepada produk yang dipasarkannya.

“Kenapa turun? Tidak hanya animo yang turun, kami berasumsi diperkirakan market MPV khususnya medium akan mengalami penurunan, sehingga secara market share kita tidak turun tapi volume turun. Yang akan naik kami perkirakan pasar low MPV, tapi di segmen itu kami tidak punya produknya,” terang Joen.

Pengguna Isuzu Panther Banyak

Isuzu Panther

Walaupun penjualan Isuzu Panther turun, namun Attias mengklaim sampai sekarang masih banyak konsumen loyal Isuzu Panther.

“Pengguna masih cukup lumayan sehingga konsumen loyal Panther tetap menggunakannya,” tutur Attias.

Attias menambahkan di samping itu saat ini komunitas pengguna mobil Isuzu Panther masih ada bahkan mereka aktif melakukan berbagai kegiatan.

“Pengguna Panther yang loyal dan tergabung di Panther mania ada hampir 12 ribu lebih anggota,itu yang tergabung dalam komunitas. Sampai saat ini masih aktif bahkan ada anggotanya yang masih menggunakan Panther generasi pertama,” tutup dia.

Penulis: Santo Evren

perbandingan Toyota Veloz dan Daihatsu Xenia
Previous post
Apa Saja Perbedaan Toyota Veloz dan Daihatsu Xenia 1.5?
Mitsubishi Fuso
Next post
Sembilan Varian Mitsubishi Fuso Fighter Meluncur, Pilihannya Komplit!