Berita

Penjualan Kia Merosot 13 Persen karena Krisis Chip

Korea Selatan — Pabrikan otomotif asal Korea Selatan, Kia mengumumkan catatan penjualan secara global selama Januari hingga November 2021 yang mencapai 222.232 unit atau turun 13,3 persen jika dibandingkan tahun lalu. Penurunan angka penjualan tersebut salah satunya diakibatkan karena krisis chip semikonduktor.

Penjualan Kia di pasar dalam negeri hingga November 2021 ini diklaim mencapai 46.042 unit atau mengalami penurunan hingga 8,9% jika dibandingkan tahun sebelumnya di periode yang sama.

All New Kia Niro

(Foto: Kia)

Kia Sportage dan Kia Sorento masih menjadi tulang punggung penjualan di Korea Selatan. Kia Sportage berhasil terjual sebanyak 7.540 unit, sedangkan Kia Sorento mencapai 4.903 unit, dan selebihnya diisi oleh model-model lain.

Selain dalam negeri, penjualan di luar Korea Selatan pun menurun hingga 14,3% dibandingkan periode yang sama dengan angka penjualan 176.190 unit.

Kia Seltos menjadi model terlaris di luar Korea Selatan dengan penjualan 22.929 unit. Di bawahnya ada Kia Sportage yang sukses terjual sebanyak 20.992 unit dan disusul oleh Kia Rio yang terjual sebanyak 17.115 unit.

kia grand carnival hyundai staria penjualan kia global

Ke depannya Kia masih akan fokus menangani krisis chip semikonduktor yang saat ini masih menghantui.

“Kami akan terus menyesuaikan produksi secara fleksibel untuk meminimalkan gangguan produksi. Kia juga akan fokus menciptakan momentum penjualan positif dengan meningkatkan lewat model baru yang akan diluncurkan,” ujar Kia dilansir laman resminya.

Walaupun mengalami penurunan dari segi wholesales, tetapi Kia mengklaim ada peningkatan penjualan retailsales sebanyak 7,6% dari penjualan global pada periode yang sama. Sayangnya, jumlah detailnya tidak dibeberkan oleh Kia dalam siaran resmi tersebut.

“Kami akan fokus meluncurkan kendaraan listrik EV6, Carens, dan Sportage generasi terbaru untuk menaikkan penjualan di tahun depan,” tutup Kia.

Kia Carens

Menyusul pemberitaan penjualan ini, kabar terbaru hadir dari India di mana Kia Carens akan segera hadir. Informasi yang beredar menyebutkan mobil ini bakal terlahir kembali sebagai Sport Utility Vehicle (SUV) 5-seater, bukan Multi Purpose Vehicle (MPV) seperti dulu.

Informasi ini bermula dari munculnya teaser berisi siluet mobil yang disiarkan oleh Kia India.

penjualan kia global

“The Kia Carens World Premiere” demikian keterangan yang turut menyertai video tersebut. Turut dijelaskan juga bahwa momen debut dunia mobil ini akan dilakukan pada 16 Desember 2021 mendatang.

Video teaser tersebut menampilkan siluet mobil bergaya SUV yang memiliki bodi cukup tinggi dan ramping. Di samping itu publik juga bisa melihat daytime running light dengan bentuk V-shaped dan lampu belakang yang sekilas desainnya mirip milik Sportage.

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts