Berita

Penjualan Melejit, Tesla Tersenyum Lebar Saat Pandemi

Amerika Serikat – Hampir seluruh pabrikan otomotif mengalami penurunan penjualan di saat pandemi. Namun uniknya hal tersebut seakan tidak berpengaruh kepada Tesla yang justru mencatatkan penjualan signifikan.

Dilansir dari laman Carscoops, perusahaan mobil listrik asal Amerika Serikat tersebut sukses memproduksi sebanyak 237.823 unit dan mendistribusikan 241.300 unit kepada konsumen pada Q3 di tahun 2021.

Jumlah tersebut melampaui rekor Q2 di tahun 2020 yang mencatatkan angka 201.250 unit atau meningkat 72%. Pada periode yang sama, Tesla hanya mampu menjual mobil listrik sebanyak 140 ribu unit mobil saja.

Model S penjualan tesla

Tesla Model S (Foto: Tesla)

Jika membandingkan data dengan tahun lalu, catatan penjualan Tesla di tahun ini sangat agresif. Secara total sejak awal Januari hingga September 2021 lalu Tesla sudah menjual sebanyak 627.300 unit kendaraan.

Di tahun 2020 lalu pada periode yang sama Tesla hanya berhasil menjual sebanyak 499.500 unit. Pihak Tesla mengatakan jika penyumbang penjualan terbesar adalah Model 3 dan Model Y yang semakin diminati oleh konsumen.

Salah satu alasan mengapa penjualan Tesla semakin meroket adalah mereka mampu mengatasi kesulitan krisis chip semi konduktor. Tesla mulai mengambil chip dari pemasok lain dan meminta timnya untuk melakukan coding ulang dengan chip baru tersebut.

penjualan tesla

Namun mereka juga belum bisa memprediksi apakah pada Q4 di tahun ini bisa dilewati dengan baik. Pasalnya krisis chip semi konduktor ini semakin membuat berbagai produsen otomotif kalang kabut mengatasi hal tersebut.

Pada bulan lalu, Elon Musk selaku CEO Tesla Inc dan SpaceX mengatakan jika permintaan Tesla cukup tinggi. “Proses pengiriman pada akhir kuartal ketiga tahun ini benar-benar luar biasa dan sangat tinggi,” ucapnya.

Elon Musk Orang Terkaya di Dunia

Beberapa waktu lalu, Elon Musk juga sempat diberitakan menjadi orang terkaya di dunia melebihi Jeff Bezos yang sebelumnya ada di puncak. Elon ditaksir memiliki kekayaan 200,7 miliar dolar AS atau setara dengan Rp2.888 triliun.

Investasi Tesla

(Foto: ft.com)

Sedangkan Bezos memiliki kekayaan di angka 192,5 miliar dolar AS atau setara dengan Rp2.770 triliun. Salah satu penyebabnya adalah naiknya saham Tesla hingga lebih dari 720% pada 2020 lalu.

Kenaikan saham ini membuat Elon memiliki kekayaan langsung hingga 125 miliar dolar AS dalam setahun.

Baca Juga:

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts

/