Home » Berita » Penjualan MINI di Indonesia Naik Drastis Sepanjang 2019

Penjualan MINI di Indonesia Naik Drastis Sepanjang 2019

MINI John Cooper Works Clubman dan Countryman resmi diluncurkan. (Foto: Carmudi/Yongki)

Jakarta – Merek mobil asal Inggris, MINI menawarkan beragam model yang mendukung lifestyle dan aktivitas kalangan atas dan masuk dalam kategori mobil premium di Indonesia. Banyaknya model yang tersedia membuat penjualan MINI meningkat signifikan pada tahun lalu.

Secara keseluruhan, MINI Indonesia membukukan penjualan sebanyak 700 unit dari seluruh model. Merek ikonik ini mengalami peningkatan sebesar 34,6% dari tahun 2018 yang terjual sejumlah 520 unit. Penjualan terbesar disumbang oleh Countryman CKD dan MINI 3-Doors.

“MINI raih rekor penjualan yang luar biasa pada tahun 2019 dengan kenaikan 34,6%, angka ini buktikan visi MINI untuk Indonesia yang merupakan pasar penting bagi MINI Asia. Model yang dirakit secara lokal sejak 2018, yaitu MINI Countryman jadi yang terlaris,” ucap Kidd Yam, Head of MINI Asia.

Dari jumlah yang terjual, mayoritas dibeli oleh kalangan berduit di kota besar. Sejauh ini jaringan diler MINI baru ada di Jakarta, Tangerang, dan Surabaya. MINI Indonesia pun akan terus menambah jaringan diler di luar Jakarta.

“Kita akan tambah beberapa jaringan diler di luar Jakarta. Banyak sekali minat dari pelanggan di Indonesia. Sekarang kita masih berfokus pada Jakarta, kemudian Surabaya, Tangerang, dan menambah jaringan lebih banyak lagi,” ucap Jodie O’tania, Director of Communications, BMW Group Indonesia usai peluncuran, Jumat (14/2).

MINI Jadi Mobil Serba Bisa

Klub Mini
Klub mini keliling Jakarta saat lebaran nikmati jalanan sepi. Foto/Klub Mini

Pada awalnya, merek MINI hadir untuk menyediakan kendaraan mungil yang fungsional bagi masyarakat Inggris. Merek asal Oxford, Inggris ini terus berkembang menjadi brand premium khususnya setelah diakuisisi oleh BMW AG. Sekalipun sudah naik kasta, mobil garapan MINI Cooper terus menghadirkan fungsionalitas dan memuaskan sisi emosional.

“Dulunya mini diposisikan sebagai kendaraan individual, jadi memang kendaraan yang lebih emosional untuk kapasitas 2 orang. MINI sekarang hadir untuk memenuhi fungsionalitas, kendaraannya bisa versatility, serba bisa, buat jalan jauh juga nyaman,” jelas Joddie.

Dari sekian banyak model, Countryman sangat diminati kalangan penggemar MINI di Indonesia. Mobil dari jenis crossover ini punya kapasitas kabin yang besar, dan tangguh digunakan di jalanan Indonesia yang kurang mulus.

“Countryman paling sesuai dengan karakteristik konsumen di Indonesia. Mobil ini bisa muat banyak, didukung ALL4 dan cocok buat jalan halus dan kasar,” bebernya.

 

Penulis: Yongki Sanjaya

Editor: Dimas

Baca Juga:

Duet MINI Clubman dan Countryman Versi JCW Meluncur, Tenaganya Makin Gila

Previous post
Toyota Dikabarkan Sedang Bangun GR C-HR Pakai Mesin Yaris
Hyundai dan KIA gandeng perusahaan startup asal Amerika Serikat, Canoo
Next post
Hyundai dan KIA Gandeng Startup Amerika Serikat Membuat Mobil Listrik