Home » Berita » Penjualan Mobil Baru Mulai Merangkak Naik, Honda Brio Terlaris

Penjualan Mobil Baru Mulai Merangkak Naik, Honda Brio Terlaris

Test Drive Honda Brio
Honda Brio akan diekspor ke Filipina dan Vietnam. (Foto: Carmudi)

Jakarta – Pasar otomotif Indonesia sempat terguncang selama kurang lebih dua bulan (April dan Mei) dampak dari pandemi virus corona (Covid-19). Memasuki Juni 2020 penjualan mobil baru berangsur-angsur mulai merangkak naik menuju angka normal. Pemberian pelonggaran terhadap aktivitas masyarakat pasca pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menjadi salah satu faktor pertumbuhan pasar mobil baru di Indonesia.

Tren positif peningkatan penjualan mobil turut dirasakan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Honda. Sepanjang Juni, perusahaan mencatat terjadi peningkatan penjualan mobil baru sebesar 93% dibandingkan penjualan pada Mei. Total unit mobil Honda yang terjual selama satu bulan penuh sebesar 2.488 kendaraan.

Sama seperti bulan sebelumnya, Brio lagi-lagi menjadi primadona di antara lini produk Honda lainnya. Berdasarkan catatan penjualan yang dibeberkan HPM, tercatat sebanyak 1.314 unit Brio terjual pada Juni. Mobil perkotaan ini berhasil memberikan kontribusi penjualan sebesar 52% dari total penjualan seluruh model Honda.

Di bawah Honda Brio ada HR-V yang juga ikut memberikan kontribusi positif. Pesaing terdekat Kia Seltos ini terjual sebanyak 343 unit. Kemudian di posisi berikutnya ada Honda Jazz dengan capaian sebesar 293 unit, Honda CR-V 192 unit, dan Honda Mobilio 164 unit.

Sementara itu Honda BR-V terjual 66 unit, Honda Civic Hatchback 52 unit, sedangkan versi sedan berhasil terjual 26 unit. Produk Honda lainnya yang juga menyumbang penjualan yaitu Accord sebanyak 20 unit, City 14 unit, dan Honda Odyssey 4 unit.

“Pencapaian penjualan di bulan Juni ini didorong oleh mulai meningkatnya aktivitas masyarakat di sebagian besar wilayah Indonesia dan juga indikator makro ekonomi yang relatif positif saat ini. Kontribusi yang besar juga datang pembeli mobil pertama di segmen LCGC, yang didukung oleh lembaga pembiayaan yang saat ini sudah lebih meringankan pembelian dengan kredit. Meskipun kondisi saat ini masih belum sepenuhnya stabil, kami optimis pencapaian di bulan Juni akan menjadi awal yang baik untuk mulainya pemulihan pasar otomotif di Indonesia,” ungkap Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT HPM, dalam keterangan resminya, Kamis (9/7/2020).

Honda HR-V yang banyak disukai konsumen muda. Foto/Carmudi.

Honda Memberikan Keringanan Pembelian Mobil Baru

Menjaga iklim penjualan mobil baru supaya terus merangkak naik, Honda memberikan kemudahan dan keringanan kepada konsumen yang ingin melakukan pembelian. Salah satunya lewat program penjualan Online. Hingga Juni lalu, tercatat lebih dari 50% dari total pembelian mobil Honda datang melalui jalur online.

Tak hanya itu, Honda juga baru-baru ini meluncurkan kampanye Honda Hope Fuel yang menawarkan berbagai inovasi layanan dalam menyambut era baru saat ini.

Berbagai layanan tersebut meliputi, Home Service untuk perawatan mobil ringan hingga perawatan berkala, Pickup Service untuk perawatan berkala dan perbaikan yang memerlukan peralatan khusus. Selain itu ada juga Honda Experience untuk membantu konsumen saat berada dalam keadaan darurat, hingga kemudahan pembelian mobil secara online.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Lima Merek Mobil Paling Banyak Dicari di Indonesia Selama Pandemi Corona

Previous post
Memasuki Masa Transisi Penjualan Spare Part Suzuki Alami Peningkatan
Next post
Harga Range Rover Bekas, Ada yang Rp200 Jutaan!