Berita

Penjualan Mobil Stagnan 1 Juta Unit di Indonesia, Ini Penyebabnya

Jakarta – Penjualan mobil di Indonesia mentok di angka 1 juta unit. Padahal ada banyak merek kendaraan baru masuk Tanah Air.

Data penjualan wholesales mobil di Indonesia yang dirilis oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) tercatat sejak 2013 hingga 2023 penjualan mobil selalu berada di angka 1 juta unit. Terkecuali pada periode 2020 dan 2021, di mana penjualannya tak sampai 1 juta karena efek pandemi Covid 19.

Penjualan Mobil Indonesia

Penjualan mobil terjebak di satu juta unit (Foto: Carmudi)

Baca Juga: Duh, Penjualan Mobil Di Indonesia Pada 2023 Turun

PLT Dirjen Ilmate Kementerian Perindustrian (Kemeperin) Putu Juli Ardika menyampaikan ada beberapa hal yang menjadi penyebab penjualan mobil di Indonesia masih terjebak di angka 1 juta unit.

“Salah satu penyebab kenapa penjualan kita belum meningkat karena melemahnya daya beli masyarakat. Kalau kita lihat antara inflasi kendaraan itu menjadi lebih mahal,” ujar Putu di acara “Diskusi Solusi Mengatasi Stagnasi Pasar Mobil” di Gedung Kementerian Perindustrian, Rabu (10/7/2024) di Jakarta.

Penjualan Mobil Indonesia

Penjualan mobil tidak mengalami peningkatan signifikan (Foto: Carmudi)

“Dulu 2014, gap harga mobil dengan pendapatan masyarakat sekitar Rp15 juta, lalu di 2023 gap-nya sudah Rp30 juta,” lanjut Putu.

Baca Juga: Penjualan Industri Otomotif Indonesia Kuartal I 2024 Tersendat

Penyebab lain adalah masyarakat yang tidak bisa membeli mobil baru jadi membeli mobil bekas.

Deretan Mobil

Masyrakay beralih ke mobil bekas yang tidak bisa membeli mobil baru (Foto: Dyandra Promosindo)

“Di 2014, 1,2 juta (pembelian) mobil baru, 500 ribu mobil bekas. Di 2023, ada 1 juta (pembelian) mobil baru tapi mobil bekas naik menjadi 1,4 juta (unit),” jelas Putu.

Ia mengatakan salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan mobil di Indonesia, yaitu memberikan insentif fiskal berupa Pajak Penjualan Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP).

“Gimana insentif ini diperluas untuk low emission vehicle. Kalau yang BEV (Battery Electric Vehicle) hampir sama dengan negara lain, tapi untuk yang lainnya masih jauh sekali dengan negara lain,” tutup Putu.

Penulis: Nadya Andari
Editor: Santo Sirait

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *