Home » Berita » Gara-gara Macan, Penjualan Porsche Alami Peningkatan

Gara-gara Macan, Penjualan Porsche Alami Peningkatan

Porsche Macan (Foto: Carscoops)

Stuttgart – Porsche sedang tersenyum lebar di semester (Januari-Juni) tahun ini, pasalnya penjualan mobil secara global mengalami peningkatan cukup siginifikan, berkat model Macan.

Prosche melaporkan pengiriman mobil ke konsumen pada paruh pertama 2019 sebanyak 133.484 kendaraan. Raihan tersebut meningkat sekira 2 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Peningkatan penjualan mobil Porsche berimbas pada laba yang diterima oleh perusahaan. Porsche membeberkan laba operasi mengalami peningkatan sekira 3 persen menjadi USD2,4 miliar atau Rp33 triliun. Sedangkan pendapatan dari penjualan mobil tumbuh sebesar 9 persen menjadi USD25 miliar atau setara dengan Rp210 triliun. Jumlah tenaga kerja perusahaan juga mengalami peningkatan 5 persen, menjadi 33.839 karyawan.

“Perolehan positif di semester satu ini menjadi dasar yang kuat untuk meraih kesuksesan di bisnis 2019,” kata Oliver Blume, Chairman of the Executive Board of Porsche AG, dikutip dari Carscoops, Rabu (31/7/2019).

Blume menambahkan di balik kesuksesan Porsche pada paruh pertama 2019 ini berkat hadirnya beberapa model baru untuk konsumen di seluruh dunia.

“Dalam enam bulan pertama tahun ini, kami telah meluncurkan serangkaian produk inovatif ke pasar. Mulai dari New Porsche 911, 911 Cabriolet, Cayenne Coupe, 911 Speedster, 935, 718 Spyder, dan GT4,” sambung Blume.

Penjualan Porsche Macan Jadi yang Paling Tinggi

Dari semua produk yang dipasarkan oleh pabrikan asal Jerman itu, hanya ada satu dengan penjualan paling tinggi yaitu Porsche Macan. Sport utility vehicle (SUV) premium itu masih menjadi model Porcshe paling populer dengan penjualan sebesar 47.367 unit. Sedangkan produk lain yang juga memberikan kontribusi positif terhadap penjualan Porsche secara global adalah Cayenne, disenangi pelanggan sebesar 41.725 unit.

Di Cina, Porsche mencatat pertumbuhan sebesar 28 persen hingga akhir Juni. Sedangkan di Asia Pasifik, Afrika, dan Timur Tengah, produsen mobil asal Jerman itu sudah mengirim mobil sampai ke tangan konsumen sebanyak 57.397 mobil, atau 20 persen lebih banyak dari tahun lalu. Sementara penjualan Porsche di Amerika Serikat naik 3 persen menjadi 30.257 unit.

Sebelum tahun ini berakhir, diperkirakan penjualan mobil Porsche akan terus mengalami peningkatan. Hal itu didasari mulai tersedianya mobil-mobil baru di diler sejak Mei. Di antaranya Cayenne Coupe, 718 Spyder dan 718 Cayman GT4.

Selain itu, Porsche akan memasuki segmen listrik yang sangat kompetitif dengan Taycan. Diperkirakan mobil listrik itu tiba di diler pada akhir tahun ini.

Porsche Macan Baru Mendarat di Indonesia

Menginjak usia lima tahun Porsche Macan baru mengalami penyegaran di Indonesia. New Porsche Macan membawa DNA 911 dalam sebuah mobil SUV.

Peformanya jelas makin gahar dengan sokongan kemampuan off-road untuk kalangan urban. Porsche Macan baru memperkuat identitasnya sebagai SUV paling sporty.

Sejak debut pertamanya pada 2014, penjualan Porsche Macan mencapai 350.000 unit di skala global dalam kurun waktu empat tahun. Wajar saja, Macan merupakan model entry level yang termasuk komplet dari sisi fitur dan performa dalam jajaran SUV Porsche.

Kehadiran Macan di Indonesia dinilai cocok karena kondisi lalu lintas dan jalan yang belum sepenuhnya mulus.

Porsche Macan baru 2019
Porsche Macan baru 2019 punya performa tinggi berkat DNA 911. (Foto: Carmudi)

“Macan cocok untuk Indonesia terutama kondisi Jakarta karena sering terjadi banjir. Macan baru kembali “mengaum” dan datang kembali dengan lebih banyak perubahan dalam hal desain, teknologi, dan handling. Macan ini benar-benar baru dari sisi engineering dan model dengan menggabungkan sisi elegan suatu SUV dan sporty dari mobil sport,” ujar Christoph Choi selaku Managing Director Porsche Indonesia saat peluncuran Macan terbaru di Jakarta, Maret lalu.

Macan baru semakin dipertajam dalam hal desain, kenyamanan, konektivitas, dan dinamika berkendaranya. Inovasi yang paling mencolok di dalam kabin yaitu layar sentuh 10,9 inci.

Warna eksterior baru seperti Miami Blue, Mamba Green Metallic, Dolomite Silver Metallic, dan Crayon dikombinasikan dengan paket interior baru membuat Macan baru ini lebih terkesan elegan dan gagah. (dms)

Previous post
Ban Vulkanisir SNI bisa Dijual secara Legal?
Honda CR-V 1.5L Turbo
Next post
Bukan Cuma Indonesia, Honda Juga Recall CR-V di Malaysia