Berita Komersial

Penjualan Truk Hino Melesat, Didukung Pembangunan Infrastruktur

Penjualan Truk Ringan Hino Dutro Ikut Naik (Foto: Carmudi)

Jakarta – Pemerintah menggalakan pembangunan infrastruktur hampir di tiap daerah. Ini membuat kebutuhan truk semakin meningkat untuk angkutan bahan material. Gencarnya pembangunan tol dan infrastruktur membuat penjualan truk Hino di tahun 2018 lalu melewati target dan mencapai rekor baru karena berhasil menjadi market leader di segmen medium duty truck selama 19 tahun berturut-turut

PT Hino Motors Sales Indonesia selaku agen pemegang merek berhasil membukukan penjualan sebanyak 40.072 unit, dari target 40 ribu unit yang ditetapkan. Tahun lalu Hino New Generation Ranger menguasai 64% market share dengan sumbangsih penjualan sebanyak 23.901 unit atau 60% dari total penjualan Hino selama satu tahun dan Hino New Dutro 21% atau sebanyak 15.969 unit.

“Pasar kendaraan komersial cukup baik, Hino Ranger menguasai market 64%. Sementara Hino Dutro market share tumbuh jadi 21%. Selain itu secara total kategori kendaraan komersial, kendaraan Hino jadi 35% naik dr 32%,” ujar Hiroo Kayanoki, Presiden Direktur HMSI.

Kayanoki optimistis bila pembangunan infrastruktur yang berlanjut hingga sekarang berdampak positif pada penjualan Hino di tahun politik ini. Adanya tol Trans Jawa membuat angkutan logistik dan transportasi penumpang semakin dibutuhkan. Ia pun optimistis target penjualan truk Hino sebanyak 45 ribu unit untuk tahun 2019 terlampaui.

“Tahun 2019 ini kami memiliki target 45 ribu unit atau naik 12% dari hasil 2018. Hino optimis meraih hasil tersebut karena segmen bus dan logistik tumbuh di 2019 dipengaruhi Tol Trans Jawa. Tidak hanya penjualan unit, sisi service & suku cadang meraih rekor penjualan dengan unit entry (masuk servis) sebanyak 110 ribu unit dan penjualan suku cadang lebih dari Rp 1 triliun. Hasil yang bagus ini dari dua faktor, best fit product dan layanan total support,” jelas pria asal Jepang ini.

Penjualan Truk Hino Ranger Jadi Andalan

Bay service Dealer Hino Cilincing (Foto: HMSI)

Soal penjualan, Hino Ranger menjadi penyokong utama PT HMSI. Truk dari segmen medium duty ini laris manis karena terkenal tangguh dan perawatan mudah. Rahasia ini diungkap langsung oleh Santiko Wardoyo selaku Sales and Promotion Director HMSI.

Ranger jadi market leader alasannya selama truk menghasilkan uang yang bagus, orang bakal pakai terus truk itu. Mobilnya bisa kerja full dan minimize cost jadi profit pengusaha. Kita berikan produk yang tepat, akhirnya produk dipercaya dan diandalkan cari duit,” jelas Santiko.

Tidak hanya menyediakan lini truk tangguh, PT HMSI juga kedepannya terus membuka jaringan layanan purna jual di kota-kota baru hingga ke kawasan Indonesia Timur. Saat ini Hino memiliki jaringan outlet diler sebanyak 165 cabang dan akan menambah jaringan ini menjadi 188 outlet yang akan mengisi area–area strategis l.

“Kita nggak main-main karena sudah disini cukup lama, dan nggak asal-asalan. Kita punya depo dari Medan, Kalimantan, Surabaya, dan nanti di Indonesia timur supaya logistik kita tersuplai tepat waktu,” jelas Santiko.

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: tutus.subronto@icarasia.com

Related Posts