Berita Mobil Sumber informasi

Penjualan Wholesales Datsun Cross Cuma 7 Unit, Tidak Laku?

test drive datsun cross

Test Drive Datsun Cross di Pantai (Foto: Enda/Carmudi)

Jakarta – Diawal kehadiran Datsun Cross pada Januari 2018, Datsun Indonesia begitu optimis produk barunya akan mendapat sambutan yang sangat baik dari masyarakat. Namun pada kenyataannya penjualan wholesales (pabrik ke diler) Datsun Cross saja jauh dari harapan.

Berdasarkan data penjualan wholesales yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) menunjukkan pendistribusian Datsun Cross mengalami penurunan. Bahkan bisa dibilang penurunannya sangat drastis dari mulai Maret hingga Mei 2018.

Wajar rasanya jika mobil yang baru saja meluncur angka penjualan wholesales-nya tinggi. Tujuannya supaya stok di diler ada sehingga pelanggan yang sudah memesan mobil dari jauh-jauh hari bisa menerima unit dengan cepat tanpa harus menunggu berbulan-bulan. Tapi yang terjadi pada Datsun Cross cukup aneh.

Mobil yang mampu menampung hingga 7 orang itu meluncur Januari tapi mobil baru didistribusikan ke diler pada Maret 2018. Pengiriman pertama untuk dua varian yaitu Cross 1.2 MT dan Cross 1.2 CVT jumlahnya sangat tinggi yaitu 2.223 unit. Lalu di bulan berikutnya turun jauh dan raihan angkanya sangat menyedihkan.

Pada Maret 2018 total unit Datsun Cross yang didistribusikan hanya 13 unit saja untuk varian Cross 1.2 MT, sedangkan varian Cross 1.2 CVT perusahaan tidak mengirim satu unit-pun ke diler. Memasuki Mei 2018, pengiriman tidak juga mengalami perbaikan. Varian Cross 1.2 MT terdistribusi sebanyak 5 unit, sedangkan Cross 1.2 CVT hanya 2 unti saja.

Total hasil penjualan wholesales selama tiga bulan pertama di 2018 sebanyak 802 unit untuk varian Cross 1.2 MT dan 1.442 untuk Cross 1.2 CVT.

Sedikitnya pengiriman mobil di bulan kedua dan ketiga menunjukkan bahwa Datsun Cross yang dikirim dalam jumlah ribuan pada Maret masih tersisa banyak di dealer. Bisa disimpulkan bahwa konsumen yang tertarik untuk membeli Datsun Cross sangat sedikit.

Harga Sangat Terjangkau

Aneh memang rasanya, jika Datsun Cross yang jelas-jelas dibanderol dengan harga sangat terjangkau mulai dari Rp161,49 juta sampai Rp173,99 juta peminatnya sangat sedikit sekali. Padahal biasanya setiap adanya mobil baru pasti banyak peminatnya dan dapat menyumbang penjualan yang positif ke perusahaan.

Untuk diketahui Datsun merancang Cross untuk beragam kondisi berkendara di pasar Indonesia. Mobil ini memiliki ground clearance 200 mm, body cladding yang kokoh dan under body skid plates. Compact crossover ini didukung transmisi CVT untuk akselerasi yang halus.

Fitur unggulan pada Cross diantaranya yaitu Vehicle Dynamic Control (VDC) yang menjadi standar di semua varian. Interiornya begitu lega dengan konfigurasi tempat duduk 5+2. Kursi di baris ketiga ini bisa digunakan sebagai bagasi tambahan.

Datsun Cross

Datsun Cross menggelar sesi test drive untuk awak media. Foto/Carmudi

Sistem pencahayaan didukung projector dengan kombinasi LED Signature. Teknologi auto light system secara otomatis menghidupkan lampu pada waktu gelap. Pencahayaan semakin optimal dengan foglamp berukuran besar yang memaksimalkan jarak pandang saat hujan atau berkabut.

Kabin Datsun Cross semakin berkelas dengan head unit touch screen 6,75 inci. Sistem hiburan dilengkapi Bluetooth, USB, AUX dan koneksi smartphone. Sistem peredam suara ditingkatkan sehingga kabin lebih senyap.(dol)

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts