BeritaSepeda motorSumber informasi

Penuh Gaya, Jokowi Buka Asian Games 2018 Pakai Motor Yamaha

Jakarta – Gelaran pesta olahraga paling akbar di kawasan Asia, Asian Games baru saja dibuka Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Sabtu (18/8). Penuh aksi panggung spektakuler mulai awal hingga akhir acara.

“Atas nama seluruh rakyat Indonesia, saya merasa terhormat kedatangan tamu-tamu dari 45 negara. Dengan mengucap Bismilahirohmanirrohim, Asian Games 2018 saya nyatakan dibuka,” ujar Jokowi sebagai tanda dimulainya Asian Games ke-18.

Tapi bukan hanya kemegahan pembukaan Asian Games 2018 yang jadi sorotan Carmudi.co.id. Bukan juga tata panggung spektakuler Stadion Gelora Bung Karno (GBK) atau gemerlapnya cahaya dan indahnya tarian kembang api.

Paling menarik dari proses pembukaan Asian Games 2018 adalah munculnya video kreatif yang dirilis akun Twitter @netmediatama. Video tersebut menceritakan perjalanan seorang Jokowi dari istana Bogor menuju lokasi GBK dengan penuh perjuangan.

Di awal video nampak Jokowi dengan gagah meninggalkan istana bersama Pasukan Pengawal Presiden (PASPAMPRES) menuju Jakarta via tol. Namun rombongan tiba-tiba dihadang kemacetan karena suporter Indonesia yang memenuhi jalan menuju GBK.

Memburu waktu, Jokowi memutuskan beralih dari mobil kepresidenan menaiki sebuah motor gede (moge) milik salah satu PASPAMPRES agar tidak terlambat. Dalam perjalanan solo riding tersebut, terlihat Jokowi beberapa kali melakukan aksi layaknya di film-film Hollywood. Seperti melompati mobil, mengerem hingga ban belakang terangkat (jumping and stoppie) dan selap-selip di tengah kemacetan dan gang-gang kecil.

Jokowi

Jokowi tiba di acara opening ceremony Asian Games 2018 menggunakan Yamaha FZ1

Banyak juga pesan road safety yang disampaikan lewat video berdurasi 5 menit 6 detik tersebut. Terlihat saat Jokowi meminta helm sebelum riding, dan mengutamakan keselamatan pejalan kaki. Dengan berhenti di belakang garis stop saat ada rombongan anak-anak Pramuka yang hendak menyeberang jalan.

Hingga akhirnya Presiden sampai di lokasi disambut teriakan histeris puluhan ribu orang yang hadir menyaksikan opening ceremony Asian Games 2018. Sungguh ini adalah sebuah video pembukaan perhelatan internasional yang belum pernah ada dan dibuat sebelum-sebelumnya.

Apalagi sampai melibatkan seorang pemimpin negara. Salut dan jempol untuk Jokowi atas video yang saat ini sedang heboh dan menjadi viral.

Jokowi dan Sepeda Motor

Video tersebut merupakan bagian dari kampanye menyukseskan Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang hingga 2 September 2018 mendatang. Meskipun menggunakan pemeran pengganti, bukan berarti ayah dari Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep ini tidak bisa mengendarai motor.

Sebaliknya, Presiden Republik Indonesia ke-7 ini memang sangat dekat dengan moda transportasi roda dua ini. Hobi motor terlihat saat beliau membeli sebuah motor chopper modifikasi yang berbasis Royal Enfield Bullet 350cc pada awal 2018 lalu.

Jokowi

Jokowi bersama motor chopper berbasis Royal Enfield Bullet 350cc yang dibelinya seharga Rp140 juta

Jokowi jatuh hati pada motor modifikasi itu saat pertama kali melihatnya di istana negara saat berlangsung acara Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2017. Sepeda motor tersebut lantas dibeli Jokowi dari bengkel custom Elders Garage seharga Rp 140juta menggunakan uang pribadinya.

Tak cuma menyimpannya sebagai koleksi, Presiden yang juga dikenal sangat menyukai musik metal ini membawa chopper-nya tersebut turing Jakarta-Pelabuhan Ratu berjarak sekitar 30 kilometer pada awal April lalu.

Hal ini sekaligus membuat dunia otomotif Tanah Air, khususnya di sektor modifikasi menjadi kian bergairah. Presiden Jokowi juga berkesempatan membuka pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) pertengahan April kemarin di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Bahkan dipameran tersebut, motor chopper yang dibelinya ikut dipajang dan menjadi magnet pameran yang berlangsung selama 11 hari itu. Kecintaan beliau di dunia otomotif memang tak bisa diragukan, termasuk juga mendorong industrinya.

Sukses IIMS

Hendra Noor Saleh, Projrct Director IIMS menemani Presiden Jokowi di hari pertama pelaksanaan IIMS 2018

 

Sebulan berikutnya, lagi-lagi pria kelahiran Surakarta, Jawa Tengah, 21 Juni 1961 ini kembali bikin ‘geger’ karena fotonya yang sedang menunggangi trail Kawasaki menjajal ruas jalan Trans-Papua kembali viral di jagad maya.

Saat itu Jokowi didampingi Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan Menteri Pekerjaan Umum Basuki Hadimuljono meninjau langsung pembangunan jalan Trans-Papua ruas Wamena-Mamugu 1.

Kasaki KLX

Jokowi mengendarai Kawasaki KLX saat sidak di Papua. Foto/Istimewa.

Kedekatan serta ketertarikan Jokowi kepada dunia otomotif, makin terlihat saat kembali hadir menjadi orang yang paling ditunggu-tunggu. Dimana juga membuka pameran milik GAIKINDO, GIIAS 2018 yang baru saja berakhir pekan kemarin. Artinya, Jokowi memang penyuka motor dan sangat peduli dengan perkembangan industri otomotif, khususnya roda dua.

Yamaha FZ1

Jokowi

Yamaha FZ1 Fazer yang dipakai oleh Pasukan Pengawal Presiden (PASPAMPRES)

Kalau ada pabrikan motor yang diuntungkan dengan viralnya video pembukaan Asian Games 2018 semalam, tentu jawabannya adalah Yamaha. Pasalnya, motor gede (moge) yang dipakai Jokowi menuju GBK adalah Yamaha FZ1 Fazer.

Tentunya ini menjadi materi promosi luar biasa yang bisa dipakai mengatrol penjualan merek motor berlogo ‘garputala’ tersebut. Motor ini memang sudah menjadi pilihan terpercaya bagi anggota PASPAMPRES dalam melakukan tugasnya sehari-hari mengawal Presiden sejak 2010.

Spesifikasi yang dimiliki oleh motor bergaya naked bike streetfighter ini memang tidak main-main. Menggendong mesin 4-silinder berkapasitas 998cc DOHC dengan sistem injeksi. Tenaga maksimalnya menyentuh angka 150 Hp dengan torsi maksimum 106 Nm pada putaran mesin 8.000 rpm.

Tidak ada keterangan resmi terkait harga per unitnya di Indonesia. Tapi untuk pasaran dunia, motor ini pertama kali keluar dilepas dengan harga US$ 10.290 atau setara dengan Rp144 juta (US$1 = Rp14.000). Bicara kompetitor, Yamaha FZ1 Fazer head to head dengan beberapa model merek lainnya seperti Suzuki Bandit 1250S, Honda CBR1000RR, dan Kawasaki Z1000.(dol)

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts