Home » Berita » Penutupan Pabrik Mobil Honda Diperpanjang

Penutupan Pabrik Mobil Honda Diperpanjang

Ekspor mobil Honda Brio (Foto: Dok Honda)

Jakarta – PT Honda Prospect Motor (HPM) Selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Honda di Indonesia, memutuskan untuk memperpanjang masa penutupan pabrik. Sedianya pabrik pembuatan mobil Honda beroperasi kembali pada akhir April sejak ditutup 13 April 2020. Perpanjangan waktu penutupan pabrik bukan hanya dikarenakan oleh penyebaran wabah virus corona tapi juga permintaan konsumen terhadap mobil baru mengalami penurunan.

“Waktu itu kami berencana akhir April pabrik buka, tapi melihat kondisi pasar yang masih lemah kemudian fokus kami pada global supply chain, jadi kami putuskan untuk menghentikan sementara pabrik sampai akhir Mei ini. Kami juga ingin supaya stok mobil di diler itu sehat,” ujar Yusak Billy, Business Innovation Sales & Marekting Director PT HPM, di Jakarta saat teleconference bersama media, Jumat (8/5/2020).

Sebagai informasi Honda memiliki pabrik pembuatan mobil di Karawang, Jawa Barat. Di tempat tersebut Honda memproduksi Mobilio, BR-V, HR-V, Jazz, Brio Satya, Brio RS dan CR-V. Beberapa model yang diproduksi di sana tidak hanya diperuntukkan bagi pasar domestik saja, tapi juga untuk memenuhi kebutuhan ekspor.

Diler dan Bengkel Resmi

Meski pabrik tutup, sejumlah diler dan bengkel resmi mobil Honda tetap buka dan melayani konsumen. Khusus diler dan bengkel resmi mobil Honda yang berada di wilayah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) statusnya standby (bersiap).

“Selama PSBB kami ada beberapa diler yang sudah dapat izin beroprasi dari Kemenperin, itu sifatnya standby melayani konsumen. Karena kami harus memastikan kendaraan itu sehat. Jadi bisa dilakukan dengan home service, kalau kerusakanya berat bisa dilakukan pick up service jadi beberapa bengkel kami di seluruh Indonesia dapat beroperasi,” terang Billy.

bengkel siaga
Ilustrasi bengkel mobil Honda (dok.istimewa)

Sementara itu sehubungan dengan anjuran pemerintah supaya tetap berada di rumah, Billy menyarankan kepada konsumen yang hendak membeli mobil baru sebaiknya dilakukan via online. Mengenai harga dan spesifikasi bisa dilihat langsung oleh konsumen di website resmi Honda.

“Kalau penjualan mobil sekarang kami melalui digital jadi tak perlu ke diler. Selain itu kami juga telah menyiapkan tim sales untuk menghubungi para loyalis mobil Honda dalam menawarkan mobil,” pungkas dia.

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Previous post
Imbas Covid-19, TDA Luxury Toys Beri Gimmick Penjualan Menarik
Silent Coat peredam panas lansiran Audio Plus Indonesia
Next post
Audio Plus Rilis Peredam Panas di Tengah Pandemi, Berapa Harganya?