HomeTips dan TrikPenyebab Mesin Mobil Cepat Panas Ternyata Sepele

Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas Ternyata Sepele

Overheat pada mobil akibat dipaksakan berjalan dengan kondisi radiator bermasalah.

Jakarta – Penyebab mesin mobil cepat panas biasanya jadi keluhan bagi para pemilik mobil-mobil lawas. Bukan cuma mobil tua, mesin mobil baru juga bisa jadi cepat panas kalau tidak dirawat.

Sayang, para pemilik mobil biasanya sering menyepelekan beberapa ciri atau penyebabnya. Namun kebanyakan di antaranya, indikasi tersebut kurang terasa atau bahkan pemilik mobil tidak mengetahuinya.

Tapi tidak perlu khawatir, mesin mobil yang cepat panas bisa diperbaiki dengan sangat mudah. 

Kira-kira, apa saja faktor penyebab mesin mobil menjadi cepat panas? Berikut ini penjelasannya.

Radiator Bermasalah

Biasanya faktor pertama yang membuat mesin mobil menjadi cepat panas adalah radiator yang merupakan komponen terpenting sebagai pendingin mesin mobil. 

Radiator merupakan tempat penyimpan air yang diembuskan oleh waterpump mobil. 

Komponen berbentuk kotak inilah yang berfungsi mengalirkan air yang panas agar mesin tetap dingin. 

penyebab mesin mobil cepat panas
Penyebab radiator mobil rusak.

Salah satu hal yang membuat mesin mobil panas biasanya radiator mulai bermasalah. Jika sudah bermasalah, biasanya temperatur mesin akan naik perlahan.

Cirinya bisa diketahui dengan mudah, yaitu melihat indikator temperatur mesin pada mobil berada lebih dari setengah.

Hal pertama yang bisa dilihat untuk mengetahui penyebabnya adalah dengan mengecek radiator. Cek kondisi ketinggian air, apakah kurang atau terdapat kebocoran.

Kalau kurang, cobalah untuk menambahkan air dan lihat apakah temperatur tetap naik atau stabil. Kedua adalah melihat sekeliling radiator, apakah ada bekas kebocoran air atau tidak.

Air radiator yang bocor biasanya meninggalkan bekas mengering. Akan lebih mudah mengidentifikasinya jika kamu memakai air coolant berwarna. 

Lihat saja sekeliling radiator, jika terdapat coolant menetes artinya radiator mengalami kebocoran.

Jika bocor, kamu bisa servis radiator tersebut di bengkel khusus servis radiator. Jika sudah tidak bisa diperbaiki, harus mengganti radiator yang baru.

Waterpump Rusak

Komponen lain yang bisa menyebabkan temperatur mesin mobil menjadi naik adalah waterpump. Seperti dijelaskan sedikit di atas, waterpump berguna untuk memompa sirkulasi air dari mesin untuk berputar di dalam radiator.

Kendati demikian, waterpump biasanya jarang sekali rusak. Sekalinya rusak, biasanya karena termakan usia.

Mesin Mobil
Komponen mesin mobil. (Foto: Ilustrasi).

Namun ada baiknya mengecek juga sekeliling bagian waterpump apakah seal-seal-nya sudah rusak atau tidak. Jika waterpump-nya masih bagus, kamu bisa mengganti bagian seal-nya saja. 

Selang Radiator Bocor

Komponen ini masih merupakan salah satu komponen penting di antara radiator dan waterpump. Selang-selang radiator ini bisa saja getas karena usia. 

Karena terbuat dari karet, maka lama-kelamaan terkena panas akan menjadi keras dan getas. Inilah yang biasanya menjadi salah satu penyebab kebocoran di bagian radiator. 

Solusinya adalah dengan mengganti selang radiator dengan yang baru.  Harga komponen ini juga terbilang murah dan mudah didapatkan.

Oli Mesin Berkurang

Oli mesin yang berkurang juga bisa menjadi penyebab temperatur mesin mobil menjadi cepat panas. Cek ketinggian oli pada dipstick oli di bagian mesin.

penyebab mesin mobil cepat panas
Mengganti oli mesin mobil (Foto: ilustrasi)

Sebaiknya lakukan pengecekan indikator oli satu bulan sekali untuk mobil yang berusia lebih dari 10 tahun. 

Jika saat dicek levelnya berada di bawah yang ditentukan, tambahkan sedikit saja oli mesin. Terkadang orang malas melakukan pengecekan oli mesin, terutama sebelum bepergian jauh.

Ekstra Fan Mati

Hal lain yang menjadi penyebab mesin mobil cepat panas adalah ekstra fan yang mati di mana komponen ini juga berfungsi untuk mendinginkan radiator.

Ekstra fan bisa rusak seiring pemakaian alias usia. Pada umumnya ekstra fan usianya cukup panjang, namun terkadang bisa saja terjadi korsleting dan membuatnya tiba-tiba mati. 

Ekstra fan yang mati biasanya harus diganti dengan yang baru agar lebih aman. Jika diservis, maka usia pakainya tidak menentu dan bisa rusak kapan saja. 

Visco Fan Lemah

Visco Fan juga bisa jadi salah satu penyebab temperatur mesin mobil menjadi naik dari biasanya. Visco fan biasanya terletak di balik radiator dan dipasang bersebelahan dengan kipas putaran mesin.

Visco fan yang sudah mulai melemah membuat putaran kipas mesin menjadi pelan. Putaran ini membuat angin panas dari mesin tidak terbuang maksimal. 

Penyebab radiator mobil rusak.
Penyebab radiator mobil rusak.

Jika sudah begini, sebenarnya masih ada solusi untuk melakukan servis visco fan dengan cara disuntik oleh bengkel khusus dinamo. 

Tapi akan lebih nyaman jika mengganti visco fan dengan yang baru jika sudah rusak. Selain lebih aman, jelas akan memberikan kenyamanan saat kamu lagi berkendara di jalan. 

Beberapa hal di atas merupakan penyebab mesin mobil menjadi cepat panas. Umumnya hal tersebut yang sering ditemui. 

Walaupun terkadang ada juga beberapa komponen lain yang menjadi penyebab mesin menjadi panas seperti tutup oli atau tutup radiator yang kurang kencang dan sudah mulai getas.

Nah, akan lebih baik kalau kamu sebaiknya melakukan pengecekan secara rutin. Terutama buat mobil yang sudah berusia lebih dari 10 tahun. 

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Baca Juga: 8 Cara Mengusir Tikus di Mesin Mobil yang Ampuh dan Mudah

Toyota Mirai FCEV Indonesia
Previous post
Toyota Mungkin Hadirkan Mirai FCEV di Indonesia
Kendaraan Elektrifikasi Toyota
Next post
4 Alasan Mengapa Toyota Pasarkan Prius PHEV untuk Pembeli Borongan