Perangkat Halo di Mobil F1 Jadi Media Promosi Favorit Perusahaan Sendal Jepit

Jakarta – Perangkat Halo yang melintang di kokpit Formula 1 terus menuai kontroversi. Kali ini, soal desain yang mirip alas kaki ternyata jadi media promosi efektif bagi perusahaan yang memproduksi sendal jepit.
Beberapa waktu lalu tim Force India mengumumkan halo dengan logo Havaianas. Kemitraan antara perusahaan alas kaki dengan tim Formula 1 sebenarnya terinspirasi oleh komentar dari publik tentang halo.
“Dalam beberapa bulan terakhir kami telah melihat semakin banyak orang mengasosiasikan sandal jepit kami dengan halo Formula 1 di sejumlah media sosial,” ungkap Marcio Utsch, CEO of Alpargatas, sebagaimana dikutip Motorsport.
Nama tersebut menjadi merek sandal jepit terbesar di dunia asal Brazil. Havainas bakal hadir hanya pada beberapa seri balapan. Sponsorship ini hanya untuk laga Formula 1 di Eropa dan Brazil. Force India bakal jadi sorotan saat berlaga di GP Brazil, tempat asal Alpargatas, perusahaan induk Havaianas.
Bentuk kemitraan ini juga ditanggapi positif oleh petinggi tim Force India. Menurut Otmar Szafnauer, COO Force India, desain Halo ideal untuk tempat promosi perusahaan alas kaki.
“Kami senang membawa Havaianas ke Formula 1. Di mana lagi tempat yang lebih baik selain halo untuk menampilkan logo Havaianas?” kata Szafnauer menanggapi.
McLaren Jadi Pelopor Sponsorship Perusahaan Sendal Jepit
Halo akhirnya terbukti bisa menambah panel untuk sponsor tim. Hal ini dibuktikan pertama kali oleh McLaren pekan lalu yang memajang logo perusahaan bernama Gandys.
Pengumuman McLaren dirilis setelah banyaknya ejekan yang membandingkan peranti pelundung kokpit tersebut. Gandys juga akan memproduksi sendal jepit terinspirasi McLaren dinamai “edisi Halo” dengan seluruh keuntungan penjualan disumbangkan ke yayasan Orphans For Orphans.
Gandys merupakan produsen sendal jepit yang didirikan dua bersaudara Rob dan Paul Forkan setelah orangtua mereka meninggal pada tragedi tsunami melanda Asia Desember 2014. McLaren bakal memajang logo Gandys sejak laga awal Formula 1 di Melbourne pekan ini.
Sponsorship yang dilakukan oleh McLaren dan Force India memang membuat Halo jadi terhina di mata penggemar Formula 1. Penonton langsung menganggap desain halo mirip bentuk sendal jepit. (dol)