ReviewsSepeda motorTips dan Trik

Perawatan Honda Tiger, Penyakit Tangki Bocor Bawaan Bisa Diatasi

Honda Tiger Revo

Jakarta – Generasi 90-an jelas tidak asing dengan sosok Honda Tiger. Ya, motor sport naked ini pada zamannya digemari karena mewakili sosok moge karena kapasitas mesinnya yang cukup besar saat itu. Tiger ini jadi simbol kemewahan juga, dengan mengendarainya langsung terkesan orang kaya. Sebagai motor mewah, perawatan Honda Tiger dianggap mahal dan sulit, ternyata tidak lho Carmudian.

Motor dengan nama lain GL200 ini terkenal dengan kenyamanannya untuk perjalanan jarak jauh. Ketangguhan dan durabilitas sang macan membuatnya terus diburu hingga saat ini, baik oleh penghobi atau modifikator. Tiger sering juga dipakai sebagai bahan untuk dibangun scrambler atau jap style.

Begitu legendarisnya, membuat banyak orang sedih dan kecewa ketika PT Astra Honda Motor menghentikan penjualannya pada 2013 lalu. Kehadiran The Next Tiger begitu dinanti oleh para biker di Indonesia, hingga mereka membuat petisi meminta AHM kembali memproduksi macan petualang ini.

Honda Tiger pertama kali muncul pada 1993 dengan nama Honda Tiger 2000. Motor ini termasuk keluarga GL-Series dengan basis mesin CB yang di bore up. Tiger mengisi kasta tertinggi dalam lini motor Honda, dan dari segi harga paling mahal diantara motor-motor lainnya.

Tiger 2000 dirancang sebagai motor touring dan adventure, kenyamanan jadi keunggulan dari motor ini. Selama hadir dalam dua dekade, sang macan telah mengalami dua kali perubahan. Penyegaran pertama dilakukan pada 2003 dan perombakan total desain tiger hadir pada 2006.

Honda Tiger 2000 Generasi Pertama

Tiger muncul di 1993 dengan lampu depan bulat dan lampu belakang kotak satu bohlam. Behelnya berbentu pipa besi sederhana di kanan-kiri dengan stiker Tiger 2000 di bagian tangki. Penyegaran dilakukan dengan mengganti stiker ‘Tiger dengan emboss di bagian tangki.

Honda Tiger 2000

Secara teknis, Honda Tiger mengusung mesin 200cc hasil stroke up dari GL Pro Neo Tech 156,7cc. GL Pro dipakai sebagai basis karena terbukti bandel dan tahan banting. Sparepart motor ini juga sangat fleksibel karena bisa menggunakan parts dari keluarga CB100, GL100 atau GL Pro.

Bahkan, desain bodi Honda Tiger 2000 sedikit mewarisi bentuk bodi CB 100. Sebagian besar komponen dan jeroan dalam hingga luar milik CB 100 pun bisa disematkan pada sang macan. Basis motor lawas ini membuat perawatan Honda Tiger untuk sehari-hari relatif mudah.

Penyegaran generasi pertama hadir pada 2003 dengan ubahan pada desain headlamp dan rearlamp. Headlamp depan berbentuk berlian yang menghasilkan cahaya lebih terang sedangkan lampu belakang ukurannya lebih besar dan memakai dua bohlam sejajar.

Tiger Revolution Cruiser

Nama di atas ini jadi pertanda facelift menyeluruh bagi si macan, dengan desain berubah total. Facelift ini sering disebut sebagai Tirev atau Tiger Revo.

Honda Tiger Generasi Terakhir

Ubahan dilakukan pada sektor tangki dengan sayap kiri-kanan, dengan desain bodi lebih tajam dengan tambahan mini visor pada bagian headlamp dan multi-reflector pada lampu belakang. Kesan mewah terlihat dari backlamp dengan LED, dan mufller knalpot besar seperti moge.

Pada generasi kedua ini Tiger juga hadir dengan desain headlamp unik yang asimetris pada bagian high beam atau lampu tembak terpisah. Desain yang mengikuti moge Eropa malah menuai kritikan dari bikers sehingga penjualannya pun gak selaris versi sebelumnya. Bikers pun tetap menjatuhkan pilihan pada versi lampu bulat.

Kelebihan motor honda tiger revo selanjutnya ialah terdapat pada desain kursi atau jok motor yang dirasa empuk dan posisi duduk agak tegak. Para pengguna akan lebih merasa nyaman saat berkendara jarak jauh.

Spesifikasi Tiger memiliki transmisi 6-speed. Ini salah satu keunggulan yang tidak dimiliki kompetitornya Scorpio dan Thunder 250 karena hanya 5-speed. Selain itu, teknologi yang dipakai Tiger masih sederhana, ini jadi memudahkan pemiliknya dalam merawat si macan.

Onderdil sang macan untuk yang asli harganya terkenal sangat mahal, tapi itu bukan masalah karena untuk versi KW banyak tersedia. Kualitas KW juga termasuk bagus saat dipakai dan membuat perawatan Honda Tiger tidak memberatkan pemiliknya.

Untuk generasi Tiger Revo terdapat penurunan power dari sebelumnya. Ini terasa saat dipacu maksimal, Tirev cuma sanggup mencapai top speed sekitar 125 km/jam sedangkan Tiger 2000 masih sanggup hingga 140 km/jam. Sekarang, Honda fokus mengembangkan motor sport naked dengan kapasitas mesin 150 cc, dan motor dengan kapasitas mesin diatasnya hanya ada CBR250RR.

Kelemahan Si Macan, Sepele tapi Bikin Repot

Berbicara soal Tiger, pasti sudah terkenal soal ketangguhan mesinnya. Tapi sang macan juga punya kelemahan, meskipun sederhana tapi tetap merepotkan pemiliknya. Berdasarkan pengalaman para pemilik yang diceritakan di forum-forum, material logam Tiger kualitasnya kurang awet bila dibandingkan Scorpio atau Thunder 250.

Gejala keropos sering terjadi di bagian tangki bensin. Ini jelas merepotkan, karena bensin lekas habis akibat bocor dan rembes. Banyak pemilik Tiger aliran orisinal pusing karena harus ganti akibat sulit sekali ditambal. Inilah yang membuat perawatan Honda Tiger terkesan sulit dan mahal.

Masalah selanjutnya termasuk tidak parah, yaitu gear set yang sangat berisik. Ini bisa diatasi dengan cara substitusi gear set-nya dengan gear set milik Honda Mega Pro. Selain lebih murah, komposisi dan ukuran gear set nya membuat tarikan motor jadi lebih enteng karena perbandingan mata gir lebih kecil.

Penyakit terakhir yang tak kalah sering menjangkiti si macan yaitu rantai keteng yang berisik karena LAT (Lift Assy Tensioner) gampang lemah. Akibatnya keteng kendor dan menyebabkan suara berisik dari head blok.

Penekan rantai kamprat ini cepat lemah karena beban yang di pikul honda Tiger ini terlalu berat karena tenaga dan bobot yang lebih besar daripada GL series. Di kalangan komunitas, penyakit ini diatasi dengan mengganti tensioner dengan bikinan Honda Thailand yang lebih kuat dan lebih murah.

Perawatan Honda Tiger, Mengatasi Tangki Bocor

Saat kamu ingin memelihara Tiger, jangan keburu cemas soal penyakit tangki bocor yang jadi bawaan lahir. Seringkali, tangki bocor ini diperbaiki dengan membawa ke tukang las untuk ditambal. Padahal, kalau terburu-buru dibawa ke tukang las teter, seminggu atau dua minggu kemudian pasti akan muncul kebocoran di tempat yang lain.

Tangki bensin Tiger gampang keropos

Perawatan Honda Tiger untuk penyakit bawaan ini cukup gampang. Kamu pun bisa memperbaiki sendiri, hasilnya bisa lebih hemat ketimbang harus beli baru atau dibawa ke tukang las.

Modalnya hanya ampelas, alumunium lembaran (bekas bungkus odol), lem besi (epoxy), dan power glue (lem korea). Siapkan juga obeng minus untuk menandai bagian yang bocor untuk ditambal.

Cari tahu bagian yang bocor, lalu gores bagian tangki disekitar lokasi bocornya memakai obeng minus untuk menandai. Setelah itu, lanjutkan dengan menambal bagian yang bocor tadi memakai bahan-bahan yang sudah disiapkan.

Ampelas bagian tangki yang bocor memakai kertas ampelas halus, ampelas juga lembaran alumunium sampai bersih. Setelah itu, ambal lubang bocor tangki dengan mengelem lembar alumunium yang sudah dibersihkan tadi memakai power glue.

Contoh tambalan tangki Honda Tiger

Apabila lem sudah kering dan tambalan merekat kuat, tutup tambalan secara merata dengan adonan lem besi sesuai petunjuk penggunaan. Ratakan epoxy agar rapi dan tidak belepotan, lalu keringkan. Setelah kering, tangki bisa dipasang kembali.

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts