Home » Tips dan Trik » Perawatan Mobil di Rumah Sambil Nunggu Buka Puasa

Perawatan Mobil di Rumah Sambil Nunggu Buka Puasa

Segera cuci mobil usai terkena hujan.

Jakarta – Jangan cuma hanya dikendarai saja, mobil juga mesti dirawat. Nah, mumpung sedang berada di rumah tidak ada salahnya memberikan perhatian lebih kepada mobil kesayangan. Terlebih akhir-akhir ini mobil jarang di ajak jalan-jalan karena adanya imbauan tetap berada di rumah dan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Merawat mobil tidak harus selalu ke bengkel, bisa juga dilakukan sendiri di rumah sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Berikut ini perawatan mobil ringan yang bisa dilakukan sendiri di rumah ala Daihatsu:

Panaskan Mesin Mobil

Perawatan pertama saat di rumah saja adalah memanaskan mesin mobil satu sampai dua kali seminggu. Ini wajib dilakukan apabila kendaraan lama tak digunakan. Tujuannya supaya kinerja aki tetap optimal. Mobil yang tidak dipakai lama bisa mengalami kekurangan daya sekira 3 persen dari kapasitasnya setiap hari. Saat memanaskan mobil di garasi rumah, pastikan asap knalpot mobil tidak mengarah langsung ke dalam rumah.

Wiper

Apabila mobil diparkir langsung di bawah sinar matahari atau tanpa atap, sebaiknya wiper diangkat. Panas sinar matahari dapat membuat karet wiper lebih cepat rusak ketika didiamkan menempel terus di kaca mobil. Namun tindakan tersebut tidak perlu dilakukan apabila mobil diparkir di garasi yang teduh.

Hindari Parkir Mobil di Area Terbuka

Selama di rumah saja, perawatan juga bisa dilakukan dengan memarkir mobil di dalam garasi yang dilengkapi dengan atap. Ini supaya sinar matahari tidak langsung mengenai mobil. Hindari parkir di area terbuka karena dapat membuat cat mobil menjadi pudar dan kusam jika terlalu lama terpapar sinar matahari. Belum lagi jika hujan turun. Air hujan mengandung asam yang bisa merusak cat bodi dan menimbulkan karat.

Satu lagi yang tak kalah penting, pastikan juga lokasi parkir aman dan terpantau. Tambahkan kunci setir kendaraan bila diperlukan.

Tekanan Angin pada Ban

Mobil yang lama diparkir di garasi dengan lantai keramik bisa membuat tekanan angin pada ban berkurang. Supaya kinerja ban tidak menurun selama di rumah saja, sebaiknya tambahkan tekanan angin paling tidak sekira 5 persen dari tekanan angin normal sebagai langkah perawatan. Dianjurkan juga untuk menggerakkan kendaraan maju-mundur sedikitnya seminggu sekali agar beban kendaraan pada permukaan bidang ban dapat bertumpu secara merata. Dengan begitu kerusakan ban akibat deformasi dapat dicegah.

Transmisi dan Rem Tangan

Demi keamanan, aktifkan rem tangan sekalipun parkir dalam bidang jalan yang rata. Khusus untuk mobil transmisi otomatis pastikan ada di posisi P (Parking) untuk mencegah mobil bergerak saat parkir.

Kebersihan Mobil

Mencuci mobil dengan alat cuci mobil, photo: goauto
Mencuci mobil dengan alat cuci mobil. (Foto: goauto)

Walaupun tidak digunakan, mobil juga perlu ‘dimandikan’ untuk menjaga kebersihan eksteriornya. Jangan lupa bersihkan juga bagian kabin mobil paling tidak seminggu sekali untuk menghindari pertumbuhan virus atau bakteri yang menempel.

“Jangan lupa untuk menerapkan tips ini agar mobil tetap dalam kondisi yang baik dan optimal ketika akan digunakan kembali”, ujar Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Isi Waktu Ngabuburit, Yuk Kita Lakukan Perawatan Helm Kesayangan

New Daihatsu Sigra resmi meluncur, Senin (16/9/2019) di Summarecon Serpong, Tangerang.
Previous post
Simak 5 Kekurangan Daihatsu Sigra Sebelum Kamu Membelinya
Next post
Dijual Rp155 Jutaan, Apa Hebatnya Daihatsu Ayla Tipe Tertinggi?