HomeBeritaPerbaikan Seat Belt Toyota Alphard dan Vellfire Bisa Pakai Layanan Home Service

Perbaikan Seat Belt Toyota Alphard dan Vellfire Bisa Pakai Layanan Home Service

Interior Toyota Alphard (Foto: Toyota)

Jakarta – PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Toyota mengumumkan recall atau penarikan kembali untuk Toyota Alphard dan Vellfire. Permasalahan utamanya ada pada bagian seat belt atau sabuk pengaman.

Di mana salah satu fitur keamanan itu tidak berfungsi dengan baik terutama pada sistem penguncian. Toyota Alphard dan Vellfire yang harus menjalani perbaikan dan pergantian seat belt merupakan produksi Agustus sampai dengan September 2019.

Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy mengatakan recall bukanlah sesuatu yang harus dicemaskan. Justru sebaliknya ini merupakan tanggung jawab perusahaan dalam menjaga kualitas kendaraan baik itu yang sudah diterima oleh pelanggan maupun belum.

“Memang setiap saat selalu ada situasi di mana kami melakukan recall. Jadi memang ada recall untuk Toyota Alphard dan Vellfire pada bagian sabuk pengaman, untuk beberapa produk yang diproduksi di waktu tertentu di tahun 2019. Jumlahnya tidak banyak kira-kira 305 unit Alphard dan Vellfire,” ungkap Anton melalui live Instagram @pressroom_toyota, Selasa (5/5/2020).

Seperti yang sudah pernah dilakukan sebelumnya, setiap pemilik mobil akan diberitahu oleh pihak diler terkait recall.

Apabila belum mendapatkan pemberitahuan, pelanggan yang merasa mobilnya masuk dalam daftar recall bisa menghubungi hotline Toyota atau ke diler resmi terdekat.

Pelaksanaan perbaikan komponen yang bermasalah di mobil Toyota Alphard dan Vellfire sudah dikomunikasikan ke pemerintah dalam hal ini Kementerian Perbuhungan. Seperti yang tertera dalam isi Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 33 Tahun 2018 tentang pengujian tipe kendaraan bermotor.

“Mereka (Kemenhub) sudah tahu bahwa kami akan melakukan recall ini di tengah situasi covid-19 ini,” kata Anton

Bisa ke Bengkel Resmi atau Pakai Layanan Home Service

Di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ada beberapa diler dan bengkel resmi Toyota tidak buka. Nah bagi pemilik mobil Toyota Alphard dan Vellfire yang hendak melakukan perbaikan, pihak Toyota akan mengarahkan pelanggan ke diler atau bengkel yang masih beroperasi. Apabila pelanggan tidak mau keluar rumah, bisa memanfaatkan layanan antar jemput kendaraan.

Toyota Alphard Hybrid (Foto: Santo/Carmudi)

“Kami akan layani dengan menggunakan bengkel yang masih buka atau bisa juga pick-up service atau mobile service. Pengerjaannya enggak lama kira-kira setengah jam sampai maksimal 4 jam,” tutur Anton.

Dirinya pun berharap semua mobil Toyota Alphard dan Vellfire yang harus menjalani pergantian seat belt berjalan dengan baik.

“Bisa kami kerjakan secepat mungkin,” pungkas Anton.

 

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Vespa klasik
Previous post
3 Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Bermain Vespa Klasik
Next post
BMW Group Indonesia Tambah Lini Mini Countryman Edisi Khusus