Mobil

Perbandingan All New Honda BR-V vs Xpander Cross, Duel Seru di Segmen LSUV

Perbandingan All New Honda BR-V vs Xpander Cross menyuguhkan persaingan ketat. Di satu sisi, wakil Honda jelas menang dari sisi fitur. Akan tetapi Xpander Cross juga memiliki keunggulan tersendiri.

Honda BR-V vs Xpander Cross

(Foto: Honda)

Kehadiran All New Honda BR-V beberapa waktu lalu menjadi gebrakan besar di dunia otomotif. Mesti diakui, mobil ini adalah pilihan yang sangat menarik di kategori Low Sport Utility Vehicle (LSUV) atau SUV 7-seater.

All New Honda BR-V hadir dengan penampilan lebih elegan dan dilengkapi dengan teknologi Honda Sensing. Keduanya menjadi kombinasi yang cukup menyilaukan mata calon konsumen.

Tapi perlu diingat, All New Honda BR-V tidak bermain sendirian di kategori ini. Ada beberapa rival yang sudah siap menjegal kesuksesannya, semisal Mitsubishi Xpander Cross, Suzuki XL7, Daihatsu Terios, dan Toyota Rush yang merajai peringkat penjualan.

PPnBM 100% Dorong Pangsa Pasar Mitsubishi Capai Angka Tertinggi

MPV 7-seater Xpander Cross memberikan kontribusi paling besar dalam pertumbungan pangsa pasar Mitsubishi. (Foto: MMKSI)

Tapi khusus dalam ulasan ini, Carmudi akan mengajak Anda lebih fokus melihat perbandingan generasi terbaru Honda BR-V vs Xpander Cross dari berbagai sisi.

Ground Clearance All New Honda BR-V vs Xpander Cross

Sebuah mobil SUV sudah barang tentu harus bisa diajak melintasi medan jalan yang beragam. Walau tanpa dilengkapi sistem penggerak AWD (All Wheel Drive), namun setidaknya ground clearance juga menjadi modal untuk hal tersebut.

Dalam hal ini Mitsubishi Xpander Cross nampak lebih unggul dengan ground clearance 225 mm. Sementara itu All New Honda BR-V memiliki ground clearance 220 mm yang artinya sejajar dengan Toyota Rush dan Daihatsu Terios.

Kemampuan jelajah Mitsubishi Xpander Cross ditopang ban 17 inci. Ukuran pelek yang sama juga bisa dijumpai pada All New Honda BR-V tipe Prestige dan Prestige with Honda Sensing. Sementara untuk dua varian lain di bawahnya, yakni S dan E menggunakan pelek 16 inci.

Dimensi Bodi dan Wheelbase

Keunggulan Mitsubishi Xpander dalam hal ground clearance juga dibarengi dimensi mobil ini yang lebih besar dibandingkan kompetitornya dari Honda.

Patut diketahui, All New Honda BR-V memiliki dimensi (PxLxT) 4.490 mm x 1.780 mm x 1.685 mm dengan wheelbase 2.700 mm. Sementara itu Mitsubishi Xpander Cross punya dimensi (PxLxT) 4.500 mm x 1.800 mm x 1.750 mm dengan wheelbase 2.775 mm.

Spesifikasi Mesin All New Honda BR-V vs Xpander Cross

Bukan tanpa alasan Honda BR-V hadir dengan tambahan istilah “all new” pada namanya. Hal ini dikarenakan sumber tenaga mobil tersebut juga mendapat rombakan besar.

Berbeda dengan mesin generasi pertama yang masih SOHC, All New Honda BR-V menggunakan mesin DOHC. Punya usut, mesin yang digunakannya identik dengan yang menempel pada Honda City Hatchback RS.

Mesin All New Honda BR-V

(Foto: Honda)

Lebih tepatnya, All New Honda BR-V menggunakan mesin 1.500 cc i-VTEC bertenaga 119,3 hp @ 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm @ 4.300 rpm. Mesin yang digunakan sudah memenuhi standar emisi EURO 4.

Lantas bagaimana dengan Mitsubishi Xpander Cross? Mobil ini juga sudah menggunakan mesin DOHC dengan kapasitas yang sama. Mesin MIVEC tersebut bisa menghasilkan tenaga tertinggi 103,5 hp @ 6.000 rpm dan torsi maksimum 141 Nm @ 4.000 rpm.

Baik All New Honda BR-V maupun Mitsubishi Xpander menggunakan sistem penggerak Front Wheel Drive (FWD) alias tarikan roda depan.

All New Honda BR-VMitsubishi Xpander Cross
Jenis Mesin 1.500 cc DOHC i-VTEC1.500 cc DOHC MIVEC
Tenaga Maksimum119,3 hp @ 6.600 rpm103,5 hp @ 6.000 rpm
Torsi Maksimum 145 Nm @ 4.300 rpm141 Nm @ 4.000 rpm
Sistem Penggerak Front Wheel Drive (FWD)Front Wheel Drive (FWD)
TransmisiCVT / MT 6-kecepatanAT 4-kecepatan / MT 5-kecepatan

Transmisi CVT dan Otomatis Konvensional

Kedua mobil sama-sama tersedia dalam pilihan transmisi otomatis, namun jenisnya berbeda. Di satu sisi, All New Honda BR-V menggunakan transmisi otomatis CVT. Sedangkan Mitsubishi Xpander Cross menggunakan transmisi otomatis torque converter 4-kecepatan.

Masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan. Pada umumnya transmisi CVT menyuguhkan rasa berkendara yang lebih halus dan hemat bahan bakar. Akan tetapi tarikan awal transmisi CVT terasa kurang greget.

Sementara itu transmisi otomatis torque converter seperti yang digunakan Mitsubishi Xpander Cross pada umumnya menawarkan sensasi berkendara yang fun to drive, perawatan lebih mudah, namun cenderung lebih boros.

All New Honda BR-V Dibekali Fitur-Fitur Canggih

Fitur Mitsubishi Xpander Cross sebenarnya sudah tergolong lengkap. Mobil ini punya cruise control, ABS + EBD, brake assist, hill start assist, stability control, dan traction control.

Tapi kalau bicara fitur keselamatan aktif tentunya All New Honda BR-V lebih superior berbekal teknologi Honda Sensing yang dimilikinya.

Dalam paket Honda Sensing konsumen akan mendapatkan Road Departure Mitigation System, Adaptive Cruise Control, Auto High Beam, Collision Mitigation Braking System, Lane Keeping Assist System, dan Lead-Car Departure Notification.

Di samping itu All New Honda BR-V juga dilengkapi fitur bernama LaneWatch yang menyediakan visual lebih luas ke sisi kiri kendaraan memanfaatkan kamera yang menempel di spion.

Tapi perlu diingat, semua fitur tersebut hanya bisa didapat jika konsumen memilih Honda BR-V varian tertinggi. Beda halnya dengan Mitsubishi Xpander Cross yang semua variannya sudah dilengkapi fitur-fitur yang disebutkan di atas.

Kamera Honda Sensing

Kamera Honda Sensing pada All New Honda BR-V. (Foto: Honda)

Lebih Mudah Atur Posisi Berkendara di Mitsubishi Xpander Cross

Dengan dilengkapi fitur Honda Sensing, All New Honda BR-V memang jadi mobil yang “hi-tech”. Tapi ada satu hal yang tak dimilikinya, namun justru bisa ditemui pada Mitsubishi Xpander Cross.

Hal tersebut adalah pengaturan setir tilt dan telescopic. Dengan adanya pengaturan ini berarti lingkar setir bisa diatur naik turun dan maju mundur. Keberadaannya akan sangat membantu pengendara menemukan posisi menyetir yang pas dan nyaman.

Impresi Berkendara BR-V

(Foto: Carmudi)

Di samping itu, patut diketahui pengaturan jok pada kedua mobil sama-sama masih menggunakan model manual. Setiap bangku pada kedua mobil pun dilengkapi sabuk pengaman tiga titik.

Sisi kenyamanan pada kedua mobil juga ditunjang tersedianya handrest pada jok baris kedua.

Kemudian pada All New Honda BR-V semua bangku mendapatkan headrest adjustable. Tapi sayangnya pada Mitsubishi Xpander Cross kelengkapan ini tidak tersedia bagi mereka yang duduk di tengah-tengah jok baris kedua.

Akomodasi All New Honda BR-V vs Xpander Cross

Kedua mobil sama-sama memiliki kapasitas bangku 7-seater. Keduanya pun menawarkan ruang bagasi yang luas dengan sistem pelipatan rata dengan lantai.

Walau demikian Honda dan Mitsubishi memiliki pendekatan berbeda dalam memanfaatkan lantai bagasi. Lantai bagasi All New BR-V ibarat memiliki dua tingkat. Pemilik kendaraan bisa mengaturnya sesuai kebutuhan.

Beda halnya pada Mitsubishi Xpander Cross. Di bawah lantai bagasi tersedia laci serbaguna yang bisa dimanfaatkan untuk menaruh payung, sepatu, atau sandal.

br-v ekspor

Harga All New Honda BR-V vs Xpander Cross

Sejak diluncurkan pada 21 September 2021 hingga ulasan ini dibuat All New Honda BR-V sudah dipesan sekitar 1.000 unit.

Walau demikian PT Honda Prospect Motor (HPM) belum mengumumkan harga semua varian kepada publik. HPM baru mengumumkan harga terendah All New Honda BR-V, yakni Rp260 juta.

Xpander Ultimate dan Xpander Cross Premium

Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition (Foto: Carmudi)

Sementara itu Mitsubishi Xpander Cross dijual dengan harga Rp276,5 juta (MT), Rp286,5 juta (AT), Rp299,5 juta AT Premium Package), dan Rp308,650 juta (Rockford Fosgate Black Edition). Harga tersebut dirangkum dari situs web resmi Mitsubishi, Rabu (27/10/2021).

Menarik untuk dinanti harga All New Honda BR-V untuk semua variannya karena hal itu akan menentukan posisinya bersaing di segmen LSUV Tanah Air.

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts