Mobil Reviews

Perbandingan Fitur Nissan Livina Baru dengan Mitsubishi Xpander, Mana Lebih Lengkap?

all new nissan livina

Fitur Nissan Livina lebih lengkap ketimbang Xpander

Jakarta – Setelah 12 tahun, Nissan akhirnya menyegarkan Livina di Indonesia. Pada versi terbaru, Nissan Livina berbagi platform dan fitur dengan Mitsubishi Xpander. Bisa dibilang, aliansi Mitsubishi-Nissan sekarang mengikuti jejak kesuksesan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Peluncuran Nissan Livina berselang hampir dua tahun setelah Mitsubishi Xpander. Desain Bodi Livina serupa dengan Xpander, dan perbedaannya hanyalah pada bagian desain grill, headlamp, dan lampu belakang. Gril V-Motion dan lampu depan LED berbentuk bumerang desain khas Nissan hadir pada Livina.

Persamaan desain antara Livina dan Xpander yaitu fender yang lebar dan mengembang menambah kuat tampilan yang terinspirasi dari SUV lalu posisi lampu LED berada diatas, sejajar dengan kap mesin. Ini membuat penampilan Livina terbaru jadi terlihat tinggi dan berotot, meninggalkan kesan ‘estate’ rasa sedan yang selama ini jadi ciri khas.

Nissan Livina kini memilki ground clearance 200 mm atau hanya selisih 5 mm ketimbang Mitsubishi Xpander dengan ketinggian 205 mm. Berdiri di bawah naungan Aliansi Nissan-Mitsubishi ternyata tidak membuat Livina jadi kembar identik dengan Xpander. Ada cukup banyak fitur baru yang hadir pada Livina dan belum tersedia pada Xpander.

Nissan Livina dibekali mesin 4-silinder segaris DOHC dan Twin VTC (Variable-vale Timing Control). Tenaga yang dihasilkan sebesar 104 PS/6.000 rpm.

Bedah Fitur Nissan Livina

Nissan Livina

Interior All New Nissan Livina

Livina menawarkan konektivitas telepon pintar yang pertama di segmennya dan navigasi untuk mendukung kenyamanan berkendara, sekaligus memberikan hiburan. Sementara untuk fitur keselamatan, kendaraan ini dilengkapi dengan Hill Start Assist, Vehicle Dynamic Control dan Traction Control yang meningkatkan rasa percaya diri saat berkendara.

Nissan juga masih mempertahankan ciri khas Livina yaitu kesenyapan kabin yang terbaik di kelasnya. Kabinnya juga memilki keleluasaan dalam pengaturan letak kursi, yang sangat ideal untuk memenuhi kebutuhan beragam gaya hidup pelanggan Indonesia.

Untuk membedakannya dengan Mitsubishi Xpander, Nissan juga membekali Livina dengan Traction Control System. Fitur Nissan Livina membuat pengemudi tetap nyaman dan aman saat berakselerasi di tikungan, karena fitur ini mencegah ban mengalami slip dan sulit dikendalikan.

Kelebihan All New Nissan Livina

Kelebihan All New Nissan Livina

Agar posisi berkendara kian nyaman, Nissan Livina menyediakan tilt dan telescopic steering yang berfungsi mengatur setir sesuai postur tubuh. Terakhir yaitu interior mewah menampilkan kursi berbalut kulit premium i setiap barisnya membuat Livina berbeda dengan mobil lain di segmennya. Kursi berlapis kulit ini terdapat pada tipe VL.

Kenyamaan ekstra penumpang dalam kabin Livina ditunjang dengan armrest pada baris depan serta lantai mobil yang rata. Bukan cuma sekedar lipat kursi, tapi Livina menyediakan ruang penyimpanan ekstra untuk menaruh barang bawaan Anda dan keluarga seperti seat organizer dan rear organizer. Seat organizer ini berupa laci yang berada tepat di bawah kursi bagian tengah.

Daftar harga dan tipe All New Nissan Livina:

  • VL AT: Rp 261.9 juta
  • VE AT: Rp 249.9 juta
  • EL AT: Rp 233 juta
  • EL MT: Rp 223 juta
  • E MT:  Rp 198.8 juta

Fitur Unggulan Nissan Livina

Secara kasta, Grand Livina sebagai generasi pendahulu hadir mengisi lini di atas LMPV seperti Toyota Avanza, Suzuki Ertiga, Daihatsu Xenia, ddan Honda Mobilio. Prestise ini tampaknya berusaha dipertahankan oleh Nissan dimana kursi dengan kulit ini membuat image Nissan Livina jadi lebih mewah. Adapun untuk Xpander masih memakai pembungkus jok berbahan fabric termasuk pada varian tertinggi, dengan pilihan kelir hitam atau krem.

Berikut ini rincian fitur pada Nissan Livina VL yang merupakan varian teratas:

  • Transmission : 4 Speed AT
  • Braking System : ABS+EBD
  • Wheel Size : 16″ Alloy with Machining (205/55R16)

Exterior

  • Headlamp :Halogen Headlamp with Auto – Off Headlight
  • Dual Line LED: Positioning Lamp & Daytime Running Light
  • Courtesy Light Before & After Driving : Available
  • Foglamp : Available

Interior

  • Seat Material : Black (Leather)
  • IP Panel : Silver Ornament
  • Multi Information Display with Eco Indicator : Monotone
  • Steering Material : Urethane
  • Air Conditioning : Front Manual + Rear Air Conditioning Blower
  • Speaker : 6 Pcs
  • Audio Head Unit : 7″ display touchscreen Radio, Smartphone connectivity (Android Auto/Auto CarPlay-ready), BT, USB
  • Power Outlet (12V) : 3 pcs (1st, 2nd & 3rd row seat)

Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander jadi basis pengembangan All New Nissan Livina. Foto/Carmudi. 

Setelah membahas berbagai fitur unggulan yang ada pada Nissan Livina, kali ini Carmudi bakal membahas soal fitur andalan Mitsubishi Xpander. MPV andalan Mitsubishi Motors di Indonesia berhasil menjadi primadona baru karena menjadi pelopor MPV rasa SUV.

Xpander bisa memikat konsumen Indonesia dengan menawarkan sejumlah fitur terkini dengan desain stylish, selain tentunya kapasitas 7-penumpang yang jadi kebutuhan utama konsumen mobil dari MPV tradisional. Pertama kita singgung dari  desain depan khas konsep “Dynamic Shield”.

Gaya siluet lampu seperti huruf X ini melanjutkan konsep dari Outlander PHEV, Pajero Sport dan Eclipse Cross. Rancangan Dynamic Shield ini juga berfungsi sebagai crumple zone yang melindungi penumpang dan pejalan kaki.

No. Varian Mesin Transmisi Harga

(OTR Jabodetabek)

Warna
Diamond

Black Mica

Quartz

White Pearl*

Sterling

Silver Metallic

Titanium

Grey Metallic

Red

Metallic

1 Ultimate* 1.5L MIVEC

DOHC 16 valve

(4 cylinder)

4 A/T Rp 260.900.000      V      V      V      V     V
2 Sport Rp 252.200.000      V      V      V      V     V
3 GLS Rp 233.600.000      V      V      V      –     –
4 Exceed* Rp 240.000.000      V      V      V      –     –
5 5 M/T Rp 229.600.000      V      V      V      –     –
6 GLS * Rp 222.600.000      V      V      V      –     –
7 Sport Rp 242.200.000      V      V      V      V     V
8 GLX Rp 206.100.000      V      V      –      –     –

Xpander memiliki ciri khas MMC dengan baris dashboard horizontal yang memberikan kemudahan visual ketika berkendara pada jalan rusak dan bergelombang. Sandaran kursi di baris kedua dirancang dengan pembagian 60:40 dan sandaran kursi baris ketiga dibagi 50:50 yang dapat dilipat dengan mudah untuk mengatur kursi dan koper.

Xpander didukung oleh mesin bensin 1.5L, 16 katup, 105 ps, dilengkapi dengan Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control (MIVEC). Mesinnya dikawinkan dengan transmisi manual 5 percepatan dan transmisi otomatis 4 percepatan.

Fitur Andalan Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander akan gunakan mesin buatan Nissan di 2019. Foto/Carmudi.

Sementara fitur keselamatannya dibekali dengan Brake Assist, Anti-lock Braking System (ABS), Active Stability Control (ASC), Hill Start Assist (HSA) dan juga Emergency Stop Signal System (ESS) sebagai standar. Kemudian untuk fitur kenyamanan kabin, pabrikan tiga berlian menyediakan slot USB pada tiap baris kursi yang dilengkapi dengan soket listrik 12 volt juga tempat menaruh smartphone pada tiap kursi.

Bila pada Nissan Livina memiliki laci penyimpanan di kolong kursi, maka Xpander memiliki banyak ruang penyimpanan besar dan kecil yang dapat menampung segala sesuatu mulai dari barang bawaan yang sangat besar hingga smartphone dan koin.

Fitur hiburan pada head unit Mitsubishi Xpander juga sudah dilengkapi dengan layar sentuh lebar, sistem navigasi yang saling terintegrasi, koneksi jarak dekat serta fitur hiburan lain seperti player musik yang siap memberikan kenyamanan kepada para penumpang.

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts

/