Home » Berita » Perbandingan Harga Honda Forza di Malaysia dengan Indonesia Bikin Kaget

Perbandingan Harga Honda Forza di Malaysia dengan Indonesia Bikin Kaget

 

Honda Forza 300 cc Foto: Paultan)

Kuala Lumpur – Terhitung sejak Agustus lalu, Honda Forza sudah bisa dipesan oleh konsumen penyuka sepeda motor matik bertumbuh gambot di Indonesia. Malaysia pun ikut memasarkan Honda Forza.

Kehadirannya baru saja diresmikan beberapa hari lalu bersamaan dengan Kuala Lumpur International Motor Show 2018 (KLIMS). Boon Siew Honda, selaku Agen Pemegang Merek (APM) sepeda motor Honda di Malaysia menjualnya dengan harga sangat tinggi di atas Rp100 juta. Sedangkan di pasar Indonesia tidak sampai Rp80 juta.

Diberitakan Paultan, Honda Forza khusus konsumen di Malaysia dibanderol 30,999 ringgit atau sekira RpRp 107 jutaan. Di dalam negeri sendiri Astra Honda Motor (AHM) APM sepeda motor Honda menjualnya RP76,5 juta.

Tingginya harga jual Forza di Malaysia disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah mesin. Bila di Tanah Air Forza ditawarkan dengan mesin berkapasitas 250 cc Di Malaysia kapasitas mesinnya lebih besar yaitu 300 cc, sama seperti yang dipasarkan di Thailand.

Baca Juga: Fitur HSTC di Honda Forza Bisa Hilangkan Rasa Gugup

Sebagai perbandingan, Honda Forza untuk Malaysia bisa melaju dengan tenaga sekuat 24.8 hp pada 7.000 rpm dan torsi puncak 27.2 Nm pada 5.750 rpm. Forza mendapatkan tenaga dari mesin 300 cc, liquid-cooled, four-valve, dan single-cylinder mill.

Sementara itu Forza dengan kapasitas mesin 250cc SOHC liquid cooled PGM FI diklaim mampu mengeluarkan daya sekuat 17,3 kW pada 7.500 rpm.

Honda Forza untuk Malaysia telah dilengkapi dengan tangki dengan kemampuan menampung bahan bakar minyak jenis bensin sebesar 11,5 liter. Selain itu mengusung sejumlah fitur termasuk keyless start, Honda Selectable Torque Control (HTSC), ABS, LED lighting throughout, 12-Volt charging socket, dan ruang penyimpanan di bawah jok yang dapat menampung dua helm full face. Pilihan warna hanya ada tiga yaitu Pearl Horizon White, Sword Silver Metallic, dan Asteroid Black Metallic.

Honda PCX Hybrid Ikut Diliuncurkan

Pada kesempatan yang sama, Boon Siew Honda juga meluncurkan satu lagi sepeda motor matik yaitu Honda PCX Hybrid. Sama seperti Forza, sepeda motor tersebut juga lebih dulu meluncur di Indonesia. Honda PCX Hybrid dijual 13,499 ringgit atau Rp 46,7 jutaan, Di Indonesia harganya hanya Rp40,3 juta.

Honda PCX Hybrid Foto: Paultan

Honda PCX Hybrid dibekali tipe mesin 4 Langkah, SOHC, PGM-FI, berpendingin cairan, eSP. Kapasitas 149,3 cc dengan motor listrik dan baterai lithium-ion berkapasitas besar.

Tenaga yang dikeluar oleh mesin PCX Hybrid adalah 15 hp pada 8,500 rpm dan 13,2 Nm torsi pada 6.500 rpm. Sedangkan motor listrik mampu memberikan tambahan tenaga sebesar 1,9 hp dan torsi 4,3 Nm pada 3.000 rpm.

PCX Hybrid hadir dengan dua mode berkendara yaitu Drive (D) untuk mengemudi hemat bahan bakar dan kenyamanan pengendara, dan Sport (S) untuk kinerja yang lebih baik. Mode tersebut digabungkan dengan teknologi Idle Stop System (ISS).

Foto: Sah Meluncur, Ini Harga All New Honda PCX Hybrid di Indonesia

Berat Honda PCX Hybrid mencapai 136 kilogram, dan dan kapasitas tangki bahan bakar sebesar 8 liter. Hanya ada satu warna saja yang ditawarkan ke pelanggan yaitu Pearl Dark Night Blue.(dol)

Aksi Ladys Bikers saat cornering dengan motor Ducati Monser.Foto/Carmudi Indonesia/Ben
Previous post
Catat! Ini Himbauan Menhub untuk Pengendara Sepeda Motor Perempuan
Next post
Honda Civic Facelift Kini Sudah Tersedia, Harganya Mulai Rp380 juta