Home » Reviews » KIA Seltos dan Honda HR-V, Mana yang Lebih Nyaman Dikendarai?

KIA Seltos dan Honda HR-V, Mana yang Lebih Nyaman Dikendarai?

Jakarta – PT Kreta Indo Artha (KIA) selaku APM resmi Kia di Indonesia beberapa waktu lalu resmi meluncurkan produk baru Kia Seltos yang bermain di segmen low SUV. Salah satu lawan yang dihadang oleh Kia Seltos adalah Honda HR-V yang juga berada di segmen yang sama dengan Seltos.

Dari kedua mobil berkapasitas 5 penumpang tersebut, kira-kira manakah mobil yang lebih nyaman untuk dikendarai, Kia Seltos atau Honda HR-V, ya? Kami akan memberikan sedikit pandangan komparasi mengenai Kia Seltos dan Honda HR-V. Bagi Carmudian yang sedang mencari SUV berbodi kompak, simak terus sampai akhir, ya.

Kia Seltos merupakan SUV pertama yang diperkenalkan Kia semenjak berada di bawah naungan PT Indomobil Group. Mobil yang diluncurkan sebelum Seltos ada Picanto dan All New Rio yang hadir dengan spesifikasi tertinggi.

Kia Indonesia yang sebelumnya dikeluarkan dari Gaikindo, kini memastikan diri bergabung kembali. (Foto: Carmudi)

Dimensi Kia Seltos dan Honda HR-V

Jika dibandingkan dengan Honda HR-V, Kia Seltos boleh lebih berbangga diri kalau soal ukuran dimensinya. Kia Seltos punya dimensi panjang 4.315 mm, lebar 1.800 mm, tinggi 1.645 mm, dan wheelbase 2.610 mm. Sedangkan Honda HR-V punya dimensi panjang 4.294 mm, lebar 1.772 mm, tinggi 1.580 mm, dan wheelbase 2.610 mm. Nah, kalau diperhatikan sepintas, Seltos lebih panjang dan lebih lebar ketimbang Honda HR-V. Hal ini tentunya akan membuat ruang kabin Seltos lebih lega dibanding HR-V.

Desain Kia Seltos dan Honda HR-V

Pembahasan yang satu ini memang ditentukan oleh selera masing-masing orang. Tapi, bagi Carmudian yang suka dengan tampilan mobil ala-ala SUV kotak, Kia Seltos boleh jadi pilihan untuk menghiasi garasi rumah. Bodi Kia Seltos memang terlihat lebih kekar, gagah, dan agresif jika dilihat dari bagian depan, samping, juga belakang. Tampilan Kia Seltos benar-benar merefleksikan sebuah mobil dengan karakter yang sangat kuat.

Honda HR-V

Berbeda dengan Honda HR-V yang lebih menonjolkan sebuah SUV bergaya coupe dan memamerkan karakter sporty dan elegan. Jika melihat berdasarkan data ukuran dimensinya, Kia Seltos memang lebih besar. Tapi jika dilihat dengan mata kepala secara langsung, dua-duanya punya ukuran yang sebenarnya tidak berbeda jauh. Tidak terlalu besar, dan juga tidak terlalu kecil. Bisa dibilang ukuran kedua mobil tersebut pas bagi mereka yang suka dengan dimensi yang kompak.

Performa Mesin Kia Seltos dan Honda HR-V

Salah satu hal yang sangat bisa membuat para pemilik Kia Seltos berbangga diri ada di bagian mesin. Dalam perbandingan Kia Seltos dan Honda HR-V, performa mesinnya di atas kertas jauh lebih baik. Kia Seltos dibekali dengan mesin 1.400 cc, 4 silinder, turbo yang mampu mengeluarkan tenaga hingga 138 hp dengan torsi maksimal mencapai 242 Nm. Tenaga ini jauh lebih besar dibandingkan Honda HR-V bermesin 1.800 cc, 4 silinder, CVT yang hanya mampu mengeluarkan tenaga 137 hp dengan torsi maksimal 169 Nm.

Mesin 1,4 liter Kia Seltos (Foto: Sano/Carmudi)

Rasa Berkendara Kia Seltos

Beberapa waktu lalu, Carmudi Indonesia berkesempatan mencicipi Kia Seltos di Kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara. Impresi pertama yang kami rasakan pada saat mengendarai mobil ini adalah benar-benar nyaman. Ini bukan mengada-ada, karena kami merasakan bantingan suspensi dari Kia Seltos ini sangat empuk. Handling-nya pun juga sangat baik, seakan langsung menjadi teman baik di atas aspal kala diajak bermanuver. Lokasi test drive yang kami lewati memakan jarak lebih kurang 2 km.

Selain suspensi yang sangat nyaman, performa mesin Kia Seltos juga dirasa cukup bagus. Mesin menyalurkan tenaga dengan sangat baik dan bertenaga. Menginjak pedal gas tak perlu tenaga besar, cukup menginjak sedikit saja mobil sudah langsung melesat. Karena penasaran, saya yang saat itu mengendarainya langsung mencoba memasukkan ke mode Sport. Hentakan mesin pun langsung berubah menjadi sangat responsif. Mesin 1.400 cc ini benar-benar cukup asyik untuk diajak sedikit kebut-kebutan.

Test drive KIA Seltos di Pantai Indah Kapuk
Test drive Kia Seltos di Pantai Indah Kapuk

Saya pun menginjak gas dalam-dalam, mobil tak terasa melesat hingga kecepatan 140 km/jam. Selama melaju kencang, Kia Seltos masih gampang untuk dikendalikan. Terlebih untuk melakukan manuver mendadak, sangat terasa sekali rigiditas dari sasis mobil ini. Sayangnya, tidak ada mobil yang sempurna. Setiap mobil masih memiliki kekurangan.

Kekurangan yang menurut kami cukup mengganggu pada Seltos ada di bagian sistem pengeremannya. Sistem pengeremannya ini sedikit kurang terasa menggigit. Sehingga untuk menginjak pedal rem harus sedikit lebih dalam. Mungkin jika dibuat lebih menggigit dan lebih mudah diinjak akan terasa lebih baik dalam hal pengereman. Saya yang sedang melaju di atas kecepatan 100 km/jam merasa harus menginjak pedal rem agak dalam. Sebenarnya hal ini masih terasa cukup wajar, akan tetapi jika setting rem bisa dibuat lebih baik mungkin hal tersebut akan membuat mobil ini benar-benar nikmat dikendarai.

Test drive KIA Seltos di Pantai Indah Kapuk
Test drive Kia Seltos di Pantai Indah Kapuk

Impresi singkat saat mengendarai mobil ini bagi saya cukup bisa menggambarkan rasa berkendara dari mobil buatan India ini. Satu hal yang bisa saya ingat dari mobil ini, kenyamanan di dalam mobil cukup baik. Terutama bagian suspensinya yang benar-benar enak untuk melibas jalan keriting yang kerap ditemui di Indonesia.

Rasa Berkendara Honda HR-V

Lalu, bagaimana dengan Honda HR-V? Pada tahun lalu kebetulan saya juga sudah pernah mencicipi mobil ini lewat kesempatan test drive yang diselenggarakan PT Honda Prospect Motor (HPM). Sesi test drive yang disediakan oleh HPM ini sama dengan yang diberikan Kia, tempat dan waktunya sangat terbatas. Sehingga rekan media hanya bisa mencicipi pada waktu yang sudah ditentukan dengan jarak berkendara yang pendek. Tetapi hal tersebut setidaknya sudah bisa menggambarkan rasa berkendara dari Honda HR-V ini.

mobil honda paling laris
HR-V Menjadi Mobil Honda Paling Laris di Indonesia (Foto HPM)

Kondisi duduk di bagian depan dan belakang, Honda HR-V bisa dibilang punya posisi duduk yang nyaman. Hanya saja luas kabin mobil ini terasa lebih sempit jika dibandingkan dengan Seltos. Panel tengah di antara penumpang depan memberikan efek sempit jika kalian duduk di bagian depan. Suspensi dari Honda HR-V ini juga cenderung lebih keras jika dibandingkan dengan Kia Seltos. Karakter keras ini setidaknya mampu membuat handling dari mobil buatan Indonesia ini menjadi lebih baik dan bisa diandalkan.

Soal performa mesin Honda HR-V, saya rasa masih berada di bawah Kia Seltos. Putaran bawah hingga menengah mesin HR-V ini terasa kurang bertenaga. Hal tersebut bisa saja disebabkan oleh penggunaan matik CVT yang diklaim akan lebih hemat BBM. Walaupun secara kapasitas mesin lebih besar, tapi mesin Honda HR-V 1.800 cc ini juga cukup kencang. Untuk memacu Honda HR-V hingga kecepatan lebih dari 100 km/jam juga cukup mudah. Karakter mesin HR-V baru akan terasa saat putaran mesin tengah hingga atas.

Test drive Honda HR-V, Carmudi Indonesia

Putaran Mesin Atas Lebih Bertenaga

Honda HR-V seakan punya nafas mesin yang panjang, sehingga setelah mencapai putaran mesin atas akan terasa lebih nikmat untuk melakukan cruising jarak jauh. Soal kenyamanan, keduanya sama-sama memiliki atap yang bisa dibuka tutup dengan model sunroof elektronik. Sehingga mampu memberikan kenyamanan yang baik bagi penggunanya.

Sedangkan terkait harga, Kia Seltos punya banderol yang lebih murah dibandingkan dengan Honda HR-V.

Harga Kia Seltos (OTR Jakarta)

  • Kia Seltos E Rp295 juta
  • Kia Seltos EX Rp320 juta
  • Kia Seltos EX+ Rp355 juta

Sebagai perbandingan, Honda memasarkan HR-V 1.5L dengan empat pilihan varian.

Harga Honda HR-V (OTR Jakarta)

  • Honda HR-V 1.5L S M/T Rp297 juta
  • Honda HR-V 1.5L S CVT Rp307,2 juta
  • Honda HR-V 1.5L E CVT Rp331,2 juta
  • Honda HR-V 1.5L E CVT Special Edition Rp348,3 juta.
Tampilan belakang Honda HR-V tampak kokoh dan sporty. Foto/Carmudi.

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Baca Juga:

Tenaga dan Torsi Mesin Kia Seltos Lebih Nendang Ketimbang Honda HR-V

Previous post
Lulus Uji Tabrak, Skor Isuzu D-Max Sempurna
Next post
Resmi Diluncurkan, Harga Suzuki XL7 Dibanderol Mulai dari Rp230 Juta