Reviews

Perbandingan Konsumsi BBM Avanza dan Ertiga, Persaingan Raja LMPV?

Saat ini ada banyak mobil Low Multi Purpose Vehicle (MPV) yang bisa dipilih konsumen, di antaranya Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga. Mobil semacam ini kerap dipilih karena alasan irit bensin. Untuk itu mari simak perbandingan konsumsi BBM Avanza dan Ertiga sebagai referensi bagi Anda.

Dari segi harga keduanya bermain di rentang yang tak jauh berbeda. Di satu sisi Toyota Avanza/Veloz ditawarkan mulai Rp187,6 juta – Rp235 juta. Sementara itu Suzuki Ertiga bisa dimiliki konsumen mulai dari harga Rp199,4 juta – Rp242,8 juta.

Perbandingan Konsumsi BBM Avanza dan Ertiga

Di segmen Low MPV sendiri persaingan antara Avanza dan Ertiga sudah berlangsung selama bertahun-tahun. Avanza memang meluncur lebih dulu tepatnya pada tahun 2003. Sejak momen itu Avanza bisa dibilang langsung mendominasi.

Julukan “mobil sejuta umat” pun disandang karena populasinya yang begitu banyak. Kejayaan Avanza membuat pabrikan lain menyadari bahwa segmen ini sangat potensial. Dengan begitu satu per satu pesaing Avanza pun bermunculan.

Salah satunya adalah Suzuki Ertiga yang resmi mengaspal pada 2012. Bukan tanpa modal, kala itu Ertiga membawa sejumlah tawaran menarik untuk membuat hati konsumen berpaling. Sebut saja sistem keamanan yang sudah menggunakan immobilizer.

Untuk hal yang satu ini Ertiga dapat dikatakan sebagai pionir di kelasnya. Walau pada awal kemunculannya banyak orang bertanya-tanya mengapa tidak ada pilihan transmisi otomatis. Rupanya hal itu hanya masalah waktu saja karena setahun kemudian opsi tersebut hadir.

Selain memberikan pilihan transmisi otomatis, Ertiga yang diperkenalkan pada 2013 itu juga hadir dengan Air Conditioner (AC) double blower sebagai syarat penting salah satu mobil MPV nyaman.

Sampai saat ini baik Avanza atau Ertiga masih banyak dipilih oleh konsumen di tengah semakin berkembangnya segmen LMPV. Lantas seperti apa perbandingan konsumsi BBM antara keduanya?

Perbandingan BBM Avanza dan Ertiga

Jika hendak melihat konsumsi BBM Avanza dan Ertiga sulit rasanya kalau tidak menengok sumber tenaga yang digunakan kedua mobil. Dalam hal ini Avanza memiliki keunikan tersendiri.

Produk Toyota tersebut pada dasarnya memiliki dua opsi mesin yang bisa dipilih konsumen, yaitu 1.300 cc dan 1.500 cc. Di tahun 2021 ini pilihan mesin 1.500 cc bisa didapat pada model Veloz. Beda halnya dengan Ertiga yang hanya tersedia dalam pilihan mesin 1.400 cc.

Informasi lebih detail mengenai mesin dari masing-masing mobil bisa dilihat pada penjelasan di bawah ini.

Spesifikasi Mesin Avanza dan Ertiga

Pertama-tama mari kita lihat dulu mesin Avanza terutama yang memiliki kapasitas 1.300 cc. Sejak facelift tahun 2015 (Grand New Avanza) mesin yang digunakan memiliki kode 1NR-VE. Kehadirannya menggantikan mesin K3-VE yang digunakan sejak mobil ini pertama kali diluncurkan.

Mesin buatan Daihatsu itu memiliki kapasitas 1.329 cc dengan tenaga tertinggi 95,1 Hp dan torsi 120,6 Nm. Sementara itu untuk transmisinya tersedia dalam pilihan otomatis 4 kecepatan atau manual 5 kecepatan.

Konsumsi Bensin Toyota Avanza

Konsumsi bensin Avanza yang irit menjadi alasan banyak orang untuk memilikinya. (Foto: TAM)

Lalu untuk mesin dengan kapasitas 1.500 cc memiliki kode 2NR-VE. Sama dengan opsi sebelumnya, mesin ini juga keluar dari pabrik Daihatsu. Keberadaannya saat ini menggantikan mesin 3SZ-VE.

Dengan kapasitas lebih besar maka tenaga yang dihasilkannya juga di atas mesin 1.300 cc. Lebih tepatnya mesin 2NR-VE Avanza punya tenaga puncak 102 Hp dan torsi tertinggi 136,3 Nm. Sumber tenaga 1.496 cc tersebut pun tersedia dalam pilihan transmisi otomatis 4 kecepatan atau manual 5 kecepatan.

Mobil Suzuki Terbaru 2021 Indonesia - Ertiga Suzuki Sport

Lalu bagaimana dengan Ertiga? Mesti diakui Suzuki cukup sukses dalam meracik mesin Ertiga. Walau kapasitasnya lebih kecil — katakanlah dibanding mesin 2NR-VE Avanza — tapi tenaga dan torsinya justru lebih tinggi.

Pada awalnya Ertiga menggunakan mesin K14B yang kemudian digantikan mesin K15B. Mesin pengganti tersebut punya kapasitas 1.462 cc dengan tenaga puncak 103,2 Hp dan torsi 138 Nm.

Transmisi yang tersedia meliputi manual 5 kecepatan dan otomatis 4 kecepatan. Lalu bagaimana dengan tingkat efisiensinya?

ErtigaAvanza 1.3Avanza 1.5
Jenis mesinK15B, DOHC, VVT1NR-VE, DOHC, Dual VVT-i2NR-VE, DOHC, Dual VVT-i
Kapasitas 1.462 cc, 4 silinder1.329 cc, 4 silinder1.496 cc, 4 silinder
Jumlah katup161616
Tenaga103,2 Hp @ 6.000 rpm 95,1 Hp @ 6.000 rpm102 Hp @ 6.000 rpm
Torsi138 Nm @ 4.400 rpm120 Nm @ 4.200 rpm136,3 Nm @ 4.200 rpm

Hasil Perbandingan Konsumsi BBM Avanza dan Ertiga

Kesuksesan Suzuki dalam meracik mesin Ertiga bukan hanya karena tenaganya yang mumpuni. Melainkan juga konsumsi bahan bakarnya tergolong irit. Sudah bukan rahasia lagi mobil 7-seater yang satu ini masuk dalam kategori MPV paling hemat bahan bakar.

Menurut informasi yang dikumpulkan, Ertiga punya konsumsi bahan bakar dalam kota di kisaran 14,5 km/liter. Sementara itu untuk rute-rute luar kota angkanya lebih hebat lagi, yaitu mencapai 18,6 km/liter.

Lalu bagaimana dengan konsumsi BBM Avanza? Model dengan menggunakan mesin 1.300 cc rata-rata punya catatan konsumsi bahan bakar dalam kota 11,5 km/liter. Kemudian untuk perjalanan rute luar kota angkanya sekitar 13,5 km/liter.

Sedangkan untuk model yang menggunakan mesin 1.500 cc konsumsi bahan bakar di dalam kota berkisar 9,8 km/liter dan luar kota 11 km/liter.

Hasil-hasil tersebut disarikan dari sejumlah sumber. Anda bisa menjadikannya sebatas referensi dan bukan angka pasti. Karena konsumsi BBM sangat tergantung dengan cara berkendara dan medan jalan yang dilalui.

Test drive konsumsi bahan bakar Suzuki All New Ertiga

Test drive konsumsi bahan bakar Suzuki All New Ertiga. (Foto: Carmudi/Dimas)

ModelDalam KotaLuar Kota
Ertiga14,5 km/liter18,6 km/liter
Avanza 1.311,5 km/liter13,5 km/liter
Avanza 1.59,8 km/liter11 km/liter

Apa yang Membuat Ertiga Irit?

Bukan hanya soal mesin, konsumsi BBM Ertiga yang terbilang irit juga berkat penggunaan platform baru, HEARTECT. Platform tersebut dibuat menggunakan bahan high strength steel yang membuat bobot mobil lebih ringan sekitar 50 kg dibanding model sebelumnya.

Selain itu, penggunaan sistem penggerak roda Front Wheel Drive (FWD) pada Ertiga juga sedikit banyak berkontribusi pada tingkat konsumsi bahan bakar yang baik.

Seperti diketahui, sistem penggerak semacam ini memiliki power loss yang lebih minim dibanding sistem penggerak roda belakang alias Rear Wheel Drive (RWD) seperti yang digunakan oleh Avanza.

Walaupun, pada situasi-situasi tertentu penggunaan RWD akan terasa lebih menguntungkan. Misalnya saja pada kondisi jalan rusak atau menanjak.

Kesimpulan Konsumsi BBM Avanza dan Ertiga

Saat ini baik Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga masih menjadi pilihan banyak konsumen yang menginginkan mobil 7-seater dengan harga Rp200 jutaan. Di satu sisi Avanza menyediakan dua pilihan mesin sementara itu Ertiga hanya satu.

Soal keiritan bahan bakar, sudah bukan rahasia lagi Suzuki Ertiga dikenal memiliki konsumsi bahan bakar yang hemat. Gambarannya, mobil ini punya konsumsi bahan bakar dalam kota sekitar 14,5 km/liter dan untuk rute luar kota 18,6 km/liter.

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts