Reviews

Perbandingan Konsumsi BBM Toyota Fortuner Bensin dan Diesel, Mana yang Teririt?

Toyota Fortuner adalah salah satu mobil SUV (Sport Utility Vehicle) yang populer di Indonesia. Model terbarunya ditawarkan dalam dua varian mesin, yaitu mesin bensin dan diesel. Mungkin ada yang penasaran, bagaimana perbandingan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) Toyota Fortuner mesin bensin dan diesel ini?

Toyota Fortuner generasi terbaru diluncurkan di Tanah Air pada 2020 lalu dan mendapatkan pembaruan yang cukup banyak pada bagian eksterior maupun interiornya. Dilansir dari website resmi Toyota, mobil ini ditawarkan seharga Rp478,9 juta untuk varian terendah dan Rp670,9 juta untuk varian tertinggi.

Fortuner terbaru mengadopsi bahasa desain ‘new tough and bold’, di mana mobil tersebut memperlihatkan kesan lebih tangguh dan berani dibandingkan model sebelumnya.

Konsumsi BBM Toyota Fortuner terbaru bermesin bensin dan diesel

Selain itu, mobil ini juga terlihat lebih mewah dibandingkan generasi sebelumnya yang terkesan sederhana.

Terdapat beragam fitur canggih yang sudah disematkan pada Fortuner terbaru, seperti salah satunya wireless charger. Fitur ini bisa digunakan untuk berbagai gadget, namun sayangnya tidak disematkan di semua tipe Fortuner terbaru.

Selain itu, terdapat juga fitur voice command serta Near Field Communication (NFC) yang berguna bagi pengguna untuk mengecek isi saldo dari kartu uang elektronik miliknya.

Perbandingan Konsumsi BBM Toyota Fortuner Bensin Vs Diesel

Toyota Fortuner terbaru memiliki varian mesin bensin dan diesel

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, Toyota Fortuner terbaru memiliki varian mesin bensin dan diesel. Mobil ini diklaim mempunyai tenaga mesin yang kuat, namun konsumsi BBM-nya tetap irit untuk semua varian mesinnya.

Bahkan dibandingkan model sebelumnya, konsumsi BBM Fortuner terbaru lebih irit 10 persen. Namun, konsumsi BBM mobil ini dapat dipengaruhi oleh beberapa hal.

Seperti mobil lain pada umumnya, hal-hal yang dapat mempengaruhi konsumsi BBM Toyota Fortuner terbaru yaitu gaya berkendara pengemudi dan kondisi lalu lintas jalan.

Gaya pengemudi ugal-ugalan saat berkendara serta kondisi lalu lintas yang macet tentunya dapat membuat konsumsi BBM mobil jadi boros.

Perbandingan Spesifikasi Mesin Toyota Fortuner Bensin Vs Diesel

Toyota Fortuner terbaru telah dibenamkan mesin yang handal dan mumpuni. Untuk varian bensin, mobil ini telah dibenamkan mesin 2TR-FE berkapasitas 2.694 cc, 4 Silinder Segaris, DOHC, Dual VVT-i yang dapat mengeluarkan tenaga sebesar 161 hp pada putaran 3.400 rpm dan torsi maksimal 242 Nm pada putaran 4.000 rpm

Pada varian diesel, mengandalkan mesin 2 GD FTV berkapasitas 2.393 cc, 4 Silinder Segaris, DOHC, VNT Intercooler. Mesin tersebut bisa mengeluarkan tenaga hingga 147,5 hp pada putaran 3.400 rpm dan torsi maksimal 400 Nm pada putaran 1.600 sampai 2.000 rpm.

Di Indonesia, Toyota Fortuner terbaru ditawarkan dengan tipe 4×2 SRZ A/T bermesin bensin dan 4×2 VRZ A/T dan G bermesin diesel.

Perbandingan Spesifikasi Mesin Toyota Fortuner 2021

Tipe MesinBensin: 2TR-FE 4 Silinder Segaris, DOHC, Dual VVT-i

Diesel: 2 GD FTV 4 Silinder Segaris, DOHC, VNT Intercooler

Tenaga Maksimal Bensin: 161 hp @ 3.400 rpm

Diesel: 147,5 hp @ 3.400 rpm

Torsi MaksimalBensin: 242 Nm @ 4.000 rpm

Diesel: 400 Nm @ 1.600 – 2.000 rpm

Kapasitas SilinderBensin: 2.694 cc

Diesel: 2.393 cc

Tipe Transmisi Otomatis dan manual 6 percepatan

Metode Pengukuran Konsumsi BBM Toyota Fortuner Bensin dan Diesel

Pengukuran konsumsi BBM Toyota Fortuner terbaru telah dilakukan dengan cara test drive di perjalanan dalam kota yang stop and go untuk varian mesin bensin dan diesel. Selain itu, Fortuner terbaru ini juga dilakukan test drive di luar kota atau jalan tol untuk semua varian mesinnya.

Hasil Perbandingan Konsumsi BBM Toyota Fortuner Bensin Vs Diesel

Toyota Fortuner saat test drive

Setelah dilakukan test drive, Toyota Fortuner terbaru bermesin bensin mencatat konsumsi BBM sebesar 9,6 km per liter untuk rute dalam kota, sedangkan untuk rute luar kota/jalan tol, konsumsi BBM mobil tersebut 11,1 km per liter.

Jika dibandingkan Fortuner model sebelumnya, konsumsi BBM Fortuner terbaru ini jauh lebih irit. Konsumsi BBM Fortuner generasi lama untuk varian bensin rata-rata 6 km per liter.

Dengan adanya teknologi dual VVT-i pada Toyota Fortuner terbaru bermesin bensin, memang sangat mempengaruhi konsumsi BBM mobil ini jadi lebih irit dan efisien.

Selain itu, konsumsi BBM Fortuner terbaru bermesin diesel sebesar 12,2 km per liter untuk rute dalam kota. Untuk konsumsi BBM di rute luar kota/jalan tol, mobil ini mencatat angka 16,4 km per liter.

Sebagai informasi, konsumsi BBM Fortuner model lama mempunyai konsumsi BBM sekitar 11 km per liter yang bermesin diesel.

Mobil

Konsumsi BBM

Toyota Fortuner bensin (rute dalam kota)9,6 km per liter
Toyota Fortuner bensin (rute luar kota)11,1 km per liter
Toyota Fortuner diesel (rute dalam kota)12,2 km per liter
Toyota Fortuner diesel (rute luar kota)16,4 km per liter

Kesimpulan

Setelah mengetahui konsumsi BBM Toyota Fortuner terbaru di atas, dapat disimpulkan bahwa Toyota Fortuner baru dengan bahan bakar diesel nyatanya lebih irit konsumsi BBM dibandingkan konsumsi BBM mobil ini yang bermesin bensin.

Tapi, harus diingat angka konsumsi BBM semua varian mesin Fortuner terbaru ini tidak mutlak. Carmudian harus ingat kembali bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi konsumsi BBM setiap mobil.

Selain gaya pengemudi dan kondisi lalu lintas yang sudah disebutkan, jarang perawatan rutin serta sering lakukan rem mendadak juga bisa menjadi faktor-faktor lainnya yang mempengaruhi konsumsi BBM mobil.

Untuk menjaga konsumsi BBM mobilnya tetap irit, sebaiknya jaga putaran mesin mobil ini tidak terlalu tinggi dan pastikan Carmudian menjaga kecepatan di kisaran 60-80 km per jam.

Cara ini dijamin dapat membuat konsumsi BBM mobil efisien dan irit selama berkendara.

Spesifikasi Toyota Fortuner Terbaru 2021

Toyota Fortuner generasi terbaru telah resmi diluncurkan di Indonesia. Mobil ini pertama kali dirilis pada 2005 silam.

Masuk ke segmen SUV, Fortuner terbaru mempunyai dimensi yang cukup bongsor. Mobil tersebut memiliki ukuran panjang 4.795 mm, lebar 1.855 mm, dan tinggi 1.835 mm. Jika dibandingkan dengan Fortuner model sebelumnya, Fortuner terbaru memiliki ukuran dimensi yang terlihat lebih bongsor.

Di sisi lain, Fortuner terbaru sudah disematkan suspensi mumpuni, yaitu suspensi double wishbone dengan koil spring and stabilizer pada bagian depan dan suspensi 4-link dengan lateral pada bagian belakang.

Kedua suspensi tersebut diklaim dapat memberikan performa yang maksimal saat mobil ini dibawa berkendara. Pada bagian kaki-kaki, Fortuner terbaru menggunakan velg (pelek) 18 inci dan ban berukuran 265/60.

Namun, ukuran pelek ini hanya disematkan pada tipe VRZ dan SRZ, sedangkan, tipe G menggunakan ban berukuran 265/65 R17.

Eksterior

eksterior fortuner terbaru

Jika melihat bagian eksterior Fortuner terbaru, terlihat banyak pembaruan dibandingkan eksterior model sebelumnya, dimana kini tampilannya terlihat lebih mewah dan premium.

Ini bisa dilihat dari adanya lekuk bodi dan desain gril yang terlihat fresh, serta fog lamp (lampu kabut) berdesain elegan. Selain itu, terdapat lampu depan yang terlihat lebih stylish dan headlamp berteknologi Bi-Beam Hi Tech LED Projector dengan desain lebih ramping dari model sebelumnya.

Head lamp Fortuner terbaru sudah terintegrasi dengan DRL dan Auto Leveling yang tidak akan menyilaukan mata pengendara di depan mobil ini.

Kesan garang pada Fortuner terbaru juga terlihat dengan adanya desain prominent front grille yang dipadukan dengan lampu kabut berdesain agresif.

Pada bagian samping, Toyota Fortuner terbaru terlihat gagah dan maskulin dengan disematkan kaca yang menyipit ke belakang.

Untuk bagian belakang, kini sudah disematkan LED tail light model baru yang terkesan lebih gaya dan menarik dari Fortuner model sebelumnya.

Tidak hanya itu, pada bagian belakang Fortuner terbaru, juga disematkan Power Back Door yang bisa terbuka dan tertutup secara otomatis hanya melalui tombol.

Interior

Interior Toyota Fortuner terbaru

Seperti mengimbangi bagian eksteriornya yang terlihat mewah, pihak Toyota juga memberikan pembaruan pada bagian interior Fortuner terbaru. Dasbornya terkesan mewah dengan adanya paduan material dan penataan panel yang dinilai lebih baik dari model sebelumnya.

Selain itu, Toyota Fortuner terbaru juga tampil eksklusif dengan disematkan aksen kayu. Kabin mobil ini didesain berwarna gelap dengan beberapa instrumen panel yang harmonis seperti mobil SUV masa kini.

Pada bagian pengemudi, setir kemudinya disematkan fitur Steering Switch, Paddle Shift and Sequential, Eco/Power Mode, Rear Diff Lock, dan Paddle Shift untuk memberikan kenyamanan saat mengemudi.

Tak ketinggalan, Fortuner terbaru juga sudah memiliki konsol meter model baru berukuran 4,2 inci TFT color yang dapat menampilkan beragam informasi melalui MID (Multi Information Display).

Untuk bagian jok kursi, mobil tersebut turut mengalami pembaruan dimana kini joknya terasa lebih empuk karena sudah memakai bahan kulit yang berkualitas dan mewah. Ditambah, joknya juga sudah memakai model ISOFIX.

Fitur

Sebagai mobil SUV premium, fitur keamanan dan keselamatan menjadi fitur-fitur yang wajib disematkan pada Toyota Fortuner terbaru, termasuk fitur kenyamanan.

Untuk fitur kenyamanannya. Mobil ini telah memiliki beragam fitur seperti sistem audio berukuran 8 inci, Toyota Move, Navigation, dan Mirror Cast. Fitur Mirror Cast adalah fitur baru pada Fortuner terbaru yang dapat menampilkan layar handphone pada layar head unit.

Selain itu, terdapat juga fitur auto AC dengan control digital yang bisa dikontrol pada kursi baris kedua. Tak hanya itu, Fortuner terbaru sudah disematkan fitur Air Gesture dan pengaturan jok model elektrik.

Untuk Fortuner terbaru tipe SRZ dan VRZ, telah disematkan layar monitor tambahan yang terletak di plafon mobil penumpang baris kedua.

Di depan kursi baris kedua bagian tengah, terdapat soket untuk mengisi baterai smartphone pengguna mobil yang memiliki daya 12 volt dan dilengkapi tempat untuk menyimpan smartphone.

Untuk fitur keselamatannya, Fortuner terbaru telah dilengkapi dengan fitur Triple SRS Airbag sebagai fitur keselamatan standar.

Untuk bagian pengereman, mobil ini telah dilengkapi fitur ABS dan EBD. Tidak ketinggalan, Fortuner terbaru juga dilengkapi fitur Vehicle Stability Control untuk tipe 4×4 VRZ, Trailer Sway Control pada tipe 4×4 VRZ, A-TRC/ Active Traction Control, Emergency Brake Signal, dan fitur Hill Start Assist.

Terdapat fitur peringatan seperti lampu hazard yang akan menyala otomatis pada lampu depan dan belakang jika pengemudi melakukan pengereman secara mendadak.

Fitur tersebut khusus disematkan pada Fortuner terbaru tipe 4×4 VRZ. Untuk fitur keamanan, terdapat rear parking camera and all around sensor agar pengemudi dapat melakukan parkir dengan aman.

Simak juga video review Toyota Fortuner terbaru berikut ini:

Baca Juga:

Penulis: Nadya Andari

Editor: Dimas

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts