Mobil

Perbandingan Spesifikasi Mesin Hyundai Creta dan Honda HR-V Generasi Terbaru

Perbandingan spesifikasi mesin Hyundai Creta dan Honda HR-V bisa menjadi bahan pertimbangan bagi konsumen yang hendak menentukan pilihan. Sedikit bocoran, wakil dari Honda menjanjikan performa lebih tangguh di atas kertas.

Perbandingan Spesifikasi Mesin Hyundai Creta dan Honda HR-V

Perbandingan Spesifikasi Mesin Hyundai Creta dan Honda HR-V

Kembali ke bulan November 2021, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) resmi memperkenalkan Creta untuk konsumen di Tanah Air. Kehadiran mobil ini meramaikan segmen SUV kompak yang sering disebut-sebut sedang naik daun.

Untuk menunjang performanya, pabrikan membekali mobil yang dijual pada rentang harga Rp281,5—401 juta tersebut dengan mesin 1.500 cc. Lebih tepatnya jantung pacu tipe Smartstream G1.5 MPI Inline 4-silinder.

Hyundai CRETA

Hyundai CRETA. (Foto: Carmudi)

Dalam lembar spesifikasinya dijelaskan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga puncak 113,4 hp dan torsi puncak 143,8 Nm. Mesin tersebut kemudian dipasangkan dengan transmisi manual 6 kecepatan (Active, Trend) atau otomatis IVT (Trend, Style, Prime).

Rival Lebih Bertenaga

Creta tak sendirian bermain di kelasnya. Model lain yang siap menantangnya ialah Honda HR-V.

Mobil ini tergolong masih “hot” lantaran hadir dengan status all new pada Maret 2022. Wujudnya berubah total berbalut desain model global yang dipasarkan di Jepang dan sejumlah negara lain.

All New Honda HR-V tipe RS Turbo

Pemesanan All New Honda HR-V tipe RS Turbo harus menunggu imbas keterbatasan stok cip semikonduktor. (Foto: Carmudi/Dimas)

Terkait performa, HR-V membawa gebrakan lewat penggunaan mesin turbo untuk varian tertingginya, RS. Mesin tersebut merupakan unit yang sama dengan milik CR-V, Civic, dan Accord.

Mesin 1.5L Turbo DOHC inline 4-silinder itu dapat menghasilkan tenaga 174,5 hp dan torsi maksimum 240 Nm. Sementara itu transmisinya menggunakan tipe CVT. Faktanya, ini merupakan satu-satunya jenis transmisi yang tersedia untuk HR-V generasi terbaru.

Selain mesin turbo, HR-V terbaru juga memiliki pilihan mesin lain yang lebih “santuy” secara tenaga untuk varian SE, E, dan S. Yakni mesin 1.500 cc dengan tertinggi 119,3 hp dan torsi maksimum 145 Nm.

Di atas kertas HR-V dengan mesin “santuy” ini saja masih lebih unggul dari Creta. Namun, konsumen memang harus membayar lebih mahal karena HR-V dijual dengan rentang harga Rp362,9—513,9 juta.

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *