BeritaSumber informasiTips dan Trik

Perbedaan Ban Bias dan Radial, Sederhana Tapi Berpengaruh Besar

Ban Mobil Bias dan Radial (Foto: Carmudi)

Jakarta – Produsen ban mobil merilis dua jenis ban yakni bias dan radial. Perbedaan antara ban bias dan radial sebenarnya cukup sederhana namun berdampak signifikan pada kemampuan dan pengendaliannya.

Manager of Training & Product Evaluation PT Bridgestone Tire Indonesia, Deni Arief Pribadi menuturkan, antara ban bias dan ban radial perbedaanya hanya di bagian konstruksi di benang. Ia mengungkapkan, di dalam ban itu ada kerangka yang disusun dari struktur jalinan benang.

“Ban bias punya struktur atau jalinan benang yang membentuk diagonal atau menyilang atau juga zig zag. Sedangkan ban radial memiliki jalinan benang yang searah atau melintang dari sisi kiri ke sisi kanan ataupun sebaliknya. Jadi, pure hanya beda di konstruksinya saja,” jelas Deni beberapa waktu lalu.

Meskipun perbedaannya hanya pada struktur konstruksi benang Deni menyebut bila pengaruhnya cukup besar terhadap kemampuan masing-masing dari ban bias dan radial. Selain itu, traksi dan kekuatan dinding ban yang dihasilkan juga berbeda.

Kalau kita lihat secara performa antara ban bias dan radial, ban radial punya telapak ban lebih flat. Jadi ban radial punya kontak ke jalannya lebih bagus dibandingkan dengan ban bias,” ungkapnya.

Perbedaan Kendaraan yang Memakai Ban Bias dan Radial

Deni menjelaskan bila ban radial digunakan untuk mobil penumpang. Sementara itu, ban bias lebih cocok digunakan untuk ban kendaraan besar atau mobil angkutan barang.

Toko Ban

Pilih ban yang tepat untuk fungsi keseharian. Foto/Carmudi.

“Ban radial sangat tepat digunakan untuk passanger car atau mobil penumpang, alasannya lebih ringan dan bisa menahan panas saat kecepatan tinggi. Sebaliknya, ban bias yang punya telapak ban yang tebal dan mampu menahan bobot kendaraan berat, cocoknya untuk atau mobil-mobil besar,” jelasnya.

Soal performa atau kemampuan mencengkram aspal pun jelas berbeda. Deni menyebut bila kemampuan ban bias dan radial sesuai dengan kegunaan ban sesuai dengan jenis kendaraan.

“Kalau ban radial keunggulan mencengkram ke jalanan yang lebih baik. Sementara itu, ban bias lebih kepada mampu menahan bobot yang lebih berat dibandingkan ban radial,” katanya.(dol)

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts