Perbedaan Daihatsu Xenia di Setiap Varian, Apa Saja Sih Bedanya?
Jakarta – Kado di awal tahun 2019 dari PT Astra Daihatsu Motor (ADM) bagi konsumen setianya adalah dengan memperkenalkan model baru dari Daihatsu Xenia. Mobil yang bermain di segmen Low MPV ini kini mengusung desain lebih baru demi penyegaran tampilan. Daihatsu sendiri menjual Xenia ini dalam 6 varian yang berbeda-beda. Maka dari itu, kami akan memberikan pandangan perbedaan Daihatsu Xenia di setiap variannya.
Mungkin masih banyak orang yang belum bisa membedakan antar setiap variannya, tetapi sebenarnya ada perbedaan tersendiri yang bisa diidentifikasi secara mudah. Agar lebih paham, kami akan memberikan pandangan lengkap mengenai apa saja sih perbedaan Daihatsu Xenia antar setiap variannya?
Isi Konten
Daihatsu Xenia 1.3 X M/T
Perbedaan Daihatsu Xenia yang pertama ini sudah pasti mengusung spesifikasi mesin 1NR-VE berkapasitas 1.300 cc, 4 silinder yang dapat mengeluarkan 95 hp dengan torsi maksimal 12,3 kg.m. Mesin ini menjadi mesin terkecil yang digunakan oleh Daihatsu Xenia. Tenaga tersebut disalurkan ke roda bagian belakang menggunakan transmisi manual 5 percepatan yang sama seperti varian Xenia generasi sebelumnya. Mobil 7 penumpang ini sebenarnya memiliki beberapa perbedaan di bagian eksterior.
Dari segi eksterior, varian ini merupakan varian terendah yang dijual oleh Daihatsu. Makanya, eksterior yang dimiliki termasuk paling standard. Mulai dari foglamp housing belum menggunakan model honeycomb, spion belum terdapat lampu sein, kuncinya masih menggunakan model konvensional dengan anak kunci, spion belum retractable otomatis, bumper belakang belum menggunakan model aerokit.
Di bagian setir, juga masih polos. Belum tersedia tombol yang ada di bagian kiri untuk pengaturan volume music. Benar-benar standard kan? Interiornya sebenarnya tidak berbeda jauh dengan versi lainnya. Hanya saja beberapa fitur lebih dikurangi. Head unit masih menggunakan model 1 din yang menjadi ciri perbedaan Daihatsu Xenia ini.
Daihatsu Xenia 1.3 X A/T
Untuk perbedaan Daihatsu Xenia tipe 1.3 X A/T ini menggunakan mesin yang sama dengan tipe X transmisi manual. Mesin 1NR-VE berkapasitas 1.300 cc, 4 silinder ini dapat mengeluarkan tenaga hingga 95 hp dengan torsi maksimal 12,3 kg.m. Untuk perbedaan tipe ini dengan tipe sebelumnya adalah di bagian eksterior. Model ini sudah menggunakan bumper model honeycomb di bagian foglamp housing yang makin menegaskan kesan mewah.
Selain itu, kaca spion juga sudah dilengkapi dengan lampu sein yang sudah pasti lebih aman saat berkendara, walaupun spion ini belum terdapat retract. Di bagian bawah bumper depan juga terdapat aksen hitam doff sebagai penanda tipe X deluxe atau lebih mewah yang hadir dengan transmisi otomatis. Transmisi otomatis ini memiliki 5 kecepatan. Di bagian dalam, head unitnya masih menggunakan model 1 din dan belum tersedia pengaturan tombol yang ada pada setir.
Velg yang digunakan untuk model 1.3 ini masih menggunakan model palang dengan aksen palang berukuran kecil. Di bagian jendela juga sudah terdapat aksen krom sebagai penanda tipe deluxe. Ada juga fitur window jam protector dan back sonar di varian ini. Gimana-gimana nih, sudah lebih paham belum dengan perbedaan Daihatsu Xenia ini?
Daihatsu Xenia 1.3 R M/T
Perbedaan Daihatsu Xenia selanjutnya merupakan varian dengan penambahan beberapa fitur dibanding tipe X. Xenia tipe R ini menggunakan mesin yang sama dengan tipe X, yakni 1NR-VE berkapasitas 1.300 cc, 4 silinder yang dapat mengeluarkan 95 hp dengan torsi maksimal 12,3 kg.m. Tenaga tersebut disalurkan ke roda bagian belakang menggunakan transmisi manual 5 percepatan yang sama seperti varian Xenia generasi sebelumnya.
Beberapa fitur tambahan yang lebih baik untuk tipe R ini diantaranya adalah spion yang sudah bisa dilipat seara elektronik, lampu sein pada spion, tombol pengaturan audio pada setir, sensor di bagian bumper depan, aksen krom pada bagian atas jendela, dan kunci immobilizer yang semaki menambah keamanan pada mobil.
Ac sudah digital, head unit touchscreen, gril depan sudah dibubuhi aksen krom, hingga velg alumunium dengan aksen palang yang lebih besar menjadi salah satu penanda Daihatsu Xenia model R ini. Selebihnya, perbedaan Daihatsu Xenia model ini sama dengan versi 1.3 maupun 1.5.
Daihatsu Xenia 1.3 R A/T
Varian selanjutnya merupakan varian dengan penambahan beberapa fitur dibanding tipe X. Xenia tipe R ini menggunakan mesin yang sama dengan tipe X, yakni 1NR-VE berkapasitas 1.300 cc, 4 silinder yang dapat mengeluarkan 95 hp dengan torsi maksimal 12,3 kg.m. Tenaga tersebut disalurkan ke roda bagian belakang menggunakan transmisi otomatis 4 percepatan yang sama seperti varian Xenia generasi sebelumnya.
Beberapa fitur tambahan yang lebih baik untuk tipe R ini diantaranya adalah spion yang sudah bisa dilipat seara elektronik, lampu sein pada spion, tombol pengaturan audio pada setir, sensor di bagian bumper depan, aksen krom pada bagian atas jendela, dan kunci immobilizer yang semaki menambah keamanan pada mobil.
Ac sudah digital, head unit touchscreen, gril depan sudah dibubuhi aksen krom, hingga velg alumunium dengan aksen palang yang lebih besar menjadi salah satu penanda Daihatsu Xenia model R ini. Selebihnya, model ini sama dengan versi 1.3 maupun 1.5. Di bagian belakang, mobil ini menggunakan rear spoiler dengan high mount stop lamp yang memberikan keamanan bagi pengendara yang ada di belakang agar lebih mengetahui lampu rem pada saat Anda sedang melakukan pengereman.
Daihatsu Xenia 1.5 R M/T
Varian selanjutnya yang akan kami bahas adalah Daihatsu Xenia tipe R bertransmisi manual dengan kapasitas mesin yang lebih besar. Varian ini merupakan salah satu varian tertinggi dari Xenia generasi terbaru yang dijual di Indonesia saat ini. Daihatsu Xenia tipe R ini menjadi line up Xenia yang memiliki fitur paling lengkap diantara semua varian.
Mulai dari mesin. Tipe ini dibekali dengan mesin berkode 2NR-VE dengan kapasitas 1.500 cc, 4 silinder bertenaga 102 hp dengan torsi maksimal di angka 12,9 kg.m. Tenaga tersebut disalurkan ke roda bagian belakang menggunakan transmisi manual 5 percepatan. Transmisi yang digunakan ini benar-benar sama dengan transmisi manual yang ditancap pada semua model Xenia. Tak ada perbedaan rasio sama sekali, karena angkanya benar-benar sama.
Untuk fitur yang dimiliki, jelas varian ini memiliki fitur yang paling lengkap. Mulai dari spion yang bisa melipat elektronik, lampu sein pada spion, sensor di bagian bumper depan dan belakang, rear wing spoiler dengan lampu rem tambahan, body kit yang lebih sporty, gril dengan aksen krom, lampu depan LED, hingga penggunaan velg model two tone pada varian ini.
Di bagian dalam, setir yang digunakan sudah terdapat tombol pengaturan audio yang bisa memudahkan saat sedang berkendara. Head unit dari mobil ini juga sudah menggunakan touchscreen 2din yang bisa terkoneksi Bluetooth. Speaker di bagian pilar A juga menjadi penanda antara varian R denggan varian lainnya. Oya, ac dengan model digital menjadi penentu di bagian interior dari mobil ini.
Daihatsu Xenia 1.5 R A/T
Varian terakhir yang akan kami bahas adalah perbedaan Daihatsu Xenia tipe R bertransmisi otomatis dengan kapasitas mesin yang lebih besar. Varian ini merupakan varian tertinggi dan termahal dari Xenia generasi terbaru yang dijual di Indonesia saat ini. Daihatsu Xenia tipe R ini menjadi line up Xenia yang memiliki fitur paling lengkap diantara semua varian.
Mulai dari mesin. Tipe ini dibekali dengan mesin berkode 2NR-VE dengan kapasitas 1.500 cc, 4 silinder bertenaga 102 hp dengan torsi maksimal di angka 12,9 kg.m. Tenaga tersebut disalurkan ke roda bagian belakang menggunakan transmisi otomatis 4 percepatan. Transmisi yang digunakan ini benar-benar sama dengan transmisi otomatis yang ditancap pada semua model Xenia. Tak ada perbedaan rasio sama sekali, karena angkanya benar-benar sama.
Untuk fitur yang dimiliki, jelas varian ini memiliki fitur yang paling lengkap. Mulai dari spion yang bisa melipat elektronik, lampu sein pada spion, sensor di bagian bumper depan dan belakang, rear wing spoiler dengan lampu rem tambahan, body kit yang lebih sporty, gril dengan aksen krom, lampu depan LED, hingga penggunaan velg model two tone pada varian ini.
Di bagian dalam, setir yang digunakan sudah terdapat tombol pengaturan audio yang bisa memudahkan saat sedang berkendara. Head unit dari mobil ini juga sudah menggunakan touchscreen 2din yang bisa terkoneksi Bluetooth. Speaker di bagian pilar A juga menjadi penanda antara varian R denggan varian lainnya. Oh iya, ac dengan model digital menjadi penentu di bagian interior dari mobil ini. Itulah beberapa perbedaan Daihatsu Xenia yang dapat disimak pada setiap variannya.
Data Spesifikasi Lengkap Perbedaan Daihatsu Xenia
Dimensi+
SPESIFIKASI TEKNIS | 1.3 X M/T | 1.3 X A/T | 1.3 R M/T | 1.3 R A/T | 1.5 R M/T | 1.5 R A/T | |
DIMENSI | |||||||
Panjang x Lebar x Tinggi Keseluruhan | mm | 4.190 x 1.660 x 1.695 | |||||
Jarak Sumbu Roda | mm | 2655 | |||||
Jarak Pijak Roda Depan | mm | 1,425 | |||||
Jarak Pijak Roda Belakang | mm | 1435 | |||||
Tinggi dari Tanah | mm | 200 |
Mesin+
SPESIFIKASI TEKNIS | 1.3 X M/T | 1.3 X A/T | 1.3 R M/T | 1.3 R A/T | 1.5 R M/T | 1.5 R A/T | |||
Tipe | 1 NR-VE DOHC Dual VVT-i | 2 NR-VE DOHC Dual VVT-i | |||||||
Kapasitas Silinder | cc | 1329 | 1496 | ||||||
Jumlah Silinder | 4 Silinder | ||||||||
Jumlah Katup | 16 | ||||||||
Diameter x Langkah | mm | 72,5 x 80,5 | 72,5 x 90,6 | ||||||
Tenaga Maksimum | Hp | 96 @ 6.000 rpm | 102 @ 6.000 rpm | ||||||
Torsi Maksimum | Nm | 121 @ 4.200 rpm | 136 @ 4.200 rpm | ||||||
Sistem Bahan Bakar | EFI | ||||||||
Jenis Bahan Bakar | Bensin Tanpa Timbal | ||||||||
Kapasitas Tangki Bahan Bakar | liter | 45 |
Transmisi+
SPESIFIKASI TEKNIS | 1.3 X M/T | 1.3 X A/T | 1.3 R M/T | 1.3 R A/T | 1.5 R M/T | 1.5 R A/T | |
Tipe | Manual, 5-kecepatan Maju | Otomatis, 4 Kecepatan maju | Manual, 5-kecepatan Maju | Otomatis, 4 Kecepatan maju | Manual, 5-kecepatan Maju | Otomatis, 4 Kecepatan maju | |
Perbandingan Gigi | I | 3679 | 2731 | 3679 | 2731 | 3679 | 2731 |
II | 2045 | 1526 | 2045 | 1526 | 2045 | 1526 | |
III | 1376 | 1000 | 1376 | 1000 | 1376 | 1000 | |
IV | 1000 | 0696 | 1000 | 0696 | 1000 | 0696 | |
V | 0838 | – | 0838 | – | 0838 | – | |
R | 4128 | 2290 | 4128 | 2290 | 4128 | 2290 | |
Rasio Gigi Akhir | 5125 | 5571 | 5125 | 5571 | 5125 | 5571 |
Sistem Kemudi+
SPESIFIKASI TEKNIS | 1.3 X M/T | 1.3 X A/T | 1.3 R M/T | 1.3 R A/T | 1.5 R M/T | 1.5 R A/T | |
Tipe | Rack and Pinion dengan Electric power Steering |
Sistem Pengereman+
SPESIFIKASI TEKNIS | 1.3 X M/T | 1.3 X A/T | 1.3 R M/T | 1.3 R A/T | 1.5 R M/T | 1.5 R A/T | |
Depan / Belakang / Rem Parkir | Disc / Drum, Leading & Trailing / Mekanis pada roda belakang |
Suspension+
SPESIFIKASI TEKNIS | 1.3 X M/T | 1.3 X A/T | 1.3 R M/T | 1.3 R A/T | 1.5 R M/T | 1.5 R A/T | |
Depan | Mac Pherson Struts dengan per keong dan stabilizer | ||||||
Belakang | 5-link, rigid-axle dengan per keong |
Ban+
SPESIFIKASI TEKNIS | 1.3 X M/T | 1.3 X A/T | 1.3 R M/T | 1.3 R A/T | 1.5 R M/T | 1.5 R A/T | |
Ban | 185/70 R14 |
Performa+
SPESIFIKASI TEKNIS | 1.3 X M/T | 1.3 X A/T | 1.3 R M/T | 1.3 R A/T | 1.5 R M/T | 1.5 R A/T | |
Radius Putar Minimum | (m) | 4.7 |
Berat+
SPESIFIKASI TEKNIS | 1.3 X M/T | 1.3 X A/T | 1.3 R M/T | 1.3 R A/T | 1.5 R M/T | 1.5 R A/T | |
Berat | (kg) | 1.120 / 1.680 | 1.130 / 1.680 | 1.110 / 1.680 | 1.120 / 1.680 | 1.120 / 1.680 | 1.120 / 1.680 |