Mobil

Perbedaan Honda BR-V Baru dan Lama, Kini Makin Elegan

Jakarta – Perbedaan Honda BR-V baru dan lama bukan hanya terdapat pada eksterior, melainkan juga interiornya. Untuk itu, Carmudi coba membandingkan beberapa perubahan berdasarkan foto-foto yang telah diterima.

Honda BR-V 2021

(Foto: Honda)

Sejak masih mengusung nama N7X Concept, PT Honda Prospect Motor (HPM) menyampaikan mobil ini merupakan hasil studi mendalam dan panjang terkait kebutuhan konsumen Tanah Air.

Honda BR-V hadir lebih segar untuk bertarung di segmen Low Sport Utility Vehicle (LSUV) bersama para pesaingnya, seperti Toyota Rush, Suzuki XL7, atau Mitsubishi Xpander Cross.

Pada generasi terbarunya ini Honda BR-V lebih mencerminkan kesan elegan. Beda dengan sebelumnya yang justru terasa sporty.

Untuk lebih jelas, mari simak sejumlah perbedaan Honda BR-V baru dan lama berikut ini.

Eksterior Depan

Perbedaan Honda BR-V Baru dan Lama

Terlihat jelas desain bodi depan Honda BR-V baru berubah total. Kini gril bagian bawah memiliki garis-garis yang lebih tipis. Sedangkan bentuk bumpernya juga tak begitu menonjol ke depan.

Desain yang terlihat makin mengotak ini menjadikan Honda BR-V baru jadi lebih elegan dan dewasa.

Perubahan lain yang bisa dilihat ialah posisi Daytime Running Light (DRL). Dari yang awalnya berada di atas lampu utama kini pindah ke bawah.

Selanjutnya rumah fog lamp kini dihiasi bentuk huruf L terbalik.

Semua varian Honda BR-V generasi terbaru dilengkapi lampu depan dan DRL yang sudah menggunakan LED. Namun untuk foglamp LED baru bisa ditemui pada tipe E ke atas.

Eksterior Belakang

BR-V 2021

Beralih ke belakang, Honda BR-V tetap menggunakan antena sirip hiu mirip generasi sebelumnya. Keberadaan spoiler juga masih bisa ditemui.

Perubahan cukup jelas baru terlihat pada bentuk kaca belakang yang bagian bawahnya kini lebih melengkung.

Bentuk lampu belakang juga berbeda. Kini menggunakan LED yang garisnya seolah-olah menyatu dengan lekukan di bodi samping.

Perubahan lain, tak ada lagi garnish di atas plat nomor. Bentuk samping bumpernya pun dibuat lebih sederhana. Perubahan ini akan terasa cocok bagi mereka yang lebih suka mobil dengan tampilan simpel.

Dasbor dan Lingkar Setir

Perbedaan Honda BR-V Baru dan Lama

Desain dasbor dan komponen-komponen di dalamnya juga dibuat baru. Kini dasbor di sisi penumpang bentuknya dibuat seolah-olah bertingkat.

Lantas kisi-kisi AC tengah sekarang menggunakan bentuk yang simetris dan lebih lancip. Pendekatan yang sama juga bisa ditemui pada tombol-tombol pengaturan AC-nya.

Head unit yang digunakan pada model baru memiliki ukuran 7 inci dengan turut dilengkapi smartphone connection dan hands free telephone.

Desain lingkar setir juga ikut berubah. Nampak sisi sebelah kanannya memiliki sejumlah tombol yang merupakan pengaturan Adaptive Cruise Control sebagai bagian dari Honda Sensing.

Informasi terkait Honda Sensing itu sendiri dapat dilihat pada layar TFT 4,2 inci yang terdapat di tengah-tengah panel instrumen.

Kabin Belakang dan Bagasi

Perbedaan Honda BR-V Baru dan Lama

Kabin Honda BR-V terbaru tentunya tetap menggunakan konfigurasi 7-seater. Semua bangku sudah dilengkapi adjustable headrest dan sabuk pengaman tiga titik.

Bangku baris kedua dapat dilipat dengan komposisi 40:60 sedangkan untuk bangku baris ketiga 50:50. Semua itu sama seperti generasi sebelumnya.

Perbedaannya, kini bangku baris ketiga bisa dilipat rata lantai. Logikanya hal ini akan menambah luas ruang bagasi dan memudahkan keluar masuknya barang.

Hal lain yang patut diapresiasi pada Honda BR-V terbaru ialah adanya armrest di bangku baris kedua yang membuat kabin mobil ini jadi tambah terasa mewah.

Kabin Depan

Interior BR-V Baru

Desain jok depan Honda BR-V terbaru menggunakan lebih banyak pola jahitan horizontal. Sementara bentuknya tak jauh berbeda dengan sebelumnya.

Desain jok tersebut memiliki bagian samping yang terlihat cukup mantap untuk memeluk tubuh pengendaranya.

Pada baris pertama ini Honda BR-V terbaru juga memiliki armrest untuk menunjang kenyamanan dalam berkendara.

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts