Mobil

Perbedaan Mencolok Antara Daihatsu Rocky 1.0L dan 1.2L

Jakarta – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) baru saja meluncurkan Rocky 1.2L sebagai tipe terbaru sekaligus pilihan tambahan selain Rocky 1.0L. Dari segi tampilan, baik Rocky 1.0L maupun 1.2L tak ada yang berbeda. Tetapi jika ditelurusi lebih dalam, ternyata ada sedikit perbedaan di antara keduanya.

Perbedaan Daihatsu Rocky 1.0T dan 1.2L

Daihatsu Rocky 1.0L dan 1.2L punya perbedaan sedikit (Foto: Carmudi/Badjo)

Perbedaan antara Rocky 1.0L dan 1.2L sengaja dibuat supaya bisa mengakomodir kebutuhan dan selera konsumen yang beragam.

Mesin

Salah satu perbedaan paling mencolok antara Rocky 1.0L dan 1.2L ada pada bagian mesin.

Rocky 1.0L menggendong mesin lebih kecil yaitu 998 cc 3 silinder turbocharger. Mesinnya menghasilkan tenaga 96,5 hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak 140 Nm pada rentang 2.400 sampai 4.000 rpm.

Sedangkan Rocky 1.2L mengusung mesin terbaru WA-VE 3 silinder yang diklaim lebih bertenaga dan irit bahan bakar. Mesin ini berbeda dengan yang dipakai oleh Sigra dan Ayla.

Perbedaan Daihatsu Rocky

Daihatsu Rocky 1.2L menggunakan mesin terbaru (Foto: ADM)

Fitur Keselamatan

Kedua mobil SUV kompak ini sudah dibekali dengan sejumlah fitur keselamatan standar, seperti sabuk pengaman, airbag, ABS + EBD, dan lainnya.

Khusus Rocky 1.0L varian tertinggi mendapat tambahan berupa fitur keselamatan canggih Daihatsu ASA (Advanced Safety Assist). Fitur ini memiliki enam fungsi seperti, Pre-Collision Warning, Pre-Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, Lane Departure Warning, dan Lane Departure Prevention.

“Pada perinsipnya Rocky 1.0L memang bagian dari flagship yang sudah dilengkapi dengan teknologi komplet terkini dari Daihatsu seperti ASA atau pun turbo. Memang mobil ini menyasar kepada konsumen yang ingin beraktivitas secara maksimal. Juga mereka yang menginginkan fitur yang lebih optimal,” ungkap Anjar Rosadi selaku Marketing Product Planning Division Head PT ADM, saat acara peluncuran peluncuran Rocky 1.2L secara virtual, Kamis (17/6/2021).

Fitur Keselamatan Daihatsu Rocky

Fitur keselamatan Daihatsu Rocky, Pre Collision Warning dan Pre Collision Braking (Foto: Youtube Daihatsu)

Sayangnya, ADM tidak menyematkan fitur keselamatan serupa di Rocky 1.2L varian tertinggi.

“Kalau Rocky 1.2L ini tidak dibekali ASA. Namun secara mandatory safety fitur untuk Rocky 1.2L sudah dilengkapi. Sasaran untuk tipe ini adalah buat pelanggan yang menginginkan kendaraan yang tetap responsif tetapi memiliki keunggulan dalam hal efisiensi bahan bakar,” terang dia.

Varian dan Harga

Daihatsu Rocky 1.0L hanya tersedia dalam lima varian saja. Meliputi Rocky 1.0 R TC MT (transmisi manual), 1.0 R TC MT ADS, 1.0 R TC CVT (transmisi otomatis), 1.0 R TC CVT ADS, dan 1.0 R TC CVT ASA.

Sementara Rocky 1.2L memiliki lebih banyak pilihan varian, seperti Rocky 1.2 M MT, 1.2 M CVT, 1.2 X MT, 1.2 X MT ADS, 1.2 X CVT, dan 1.2 X CVT ADS.

Daihatsu Rocky 1.2L resmi meluncur

Daihatsu Rocky 1.2 liter meluncur perdana di Indonesia (Foto: Carmudi/Badjo)

Rocky 1.0L dibanderol mulai Rp222,6 juta sampai Rp245,4 juta. Rocky 1.2L dijual dengan harga lebih terjangkau mulai Rp185,8 juta hingga Rp223,1 juta. Harga tersebut berlaku untuk wilayah DKI Jakarta (OTR Jakarta) dan sudah dikenakan diskon PPnBM 50%.

Baca Juga:

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts