Mobil

Perbedaan Tipe Mitsubishi Xpander 2021, Pahami Sebelum Membeli

Perbedaan Tipe Xpander 2021Mitsubishi Xpander merupakan salah satu LMPV yang cukup laris di Indonesia. Produk buatan Tanah Air ini bisa dibilang merupakan salah satu LMPV yang punya fitur cukup lengkap.

Kehadirannya di Indonesia terbilang fenomenal. Sebab, Mitsubishi sebelumnya tidak memiliki line-up mobil penumpang. Jika pun ada, unitnya adalah Delica yang harganya cukup mahal.

Pada 2017, produsen berlogo tiga berlian ini resmi melakukan debut dunia untuk Xpander di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Booth Mitsubishi kala itu pun langsung diserbu oleh masyarakat Indonesia yang antusias menyambut LMPV baru di Indonesia.

Desain yang ditawarkan Xpander terbilang cukup agresif. Sebab, LMPV di kelasnya saat itu bisa dibilang desainnya benar-benar sangat sederhana.

perbedaan tipe xpander 2021

Xpander tampil dengan desain yang cukup nyentrik lantaran punya lampu utama yang berada di bumper depan. Suatu desain yang tidak pernah ada di mobil keluarga 7-penumpang manapun sebelumnya.

Tampilan itu sendiri merupakan pengaplikasian bahasa desain khas Mitsubishi Dynamic Shield. Alhasil, bahasa desain eksentrik ini mampu menghadirkan penyegaran di kelas mobil keluarga.

Varian Mitsubishi Xpander 2021

Di tahun 2021, Mitsubishi Xpander dianggap jadi salah satu mobil idaman oleh sebagian orang. Desainnya yang keren, sporty dan kekinian dianggap berbeda dari mobil di kelasnya.

Namun bagi mereka yang mau membelinya, terkadang masih bingung dengan varian yang ada.

Ada berapa varian Mitsubishi Xpander yang dijual di Indonesia?

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menghadirkan Xpander dengan empat tipe; Xpander, Xpander Cross, Xpander Black Edition, dan Xpander Cross RF Black Edition yang kemudian terpecah dalam beberapa varian lagi.

perbedaan tipe xpander 2021

Harga Xpander Ultimate bekas termahal di listing Carmudi

Berikut varian dan harga lengkap dari masing-masing tipe yang ditawarkan oleh Mitsubishi.

Harga Mitsubishi Xpander 2021

GLS MTRp237,9 juta
Exceed MTRp246,4 juta
GLS ATRp248,9 juta
Exceed ATRp257 juta
Sport MTRp265 juta
Sport ATRp275 juta
Ultimate ATRp278,9 juta

 

Harga Mitsubishi Xpander Cross 2021

Premium Package ATRp299,5 juta
Xpander Cross MTRp276,5 juta
Xpander Cross ATRp286,5 juta

 

Harga Mitsubishi Xpander Black Edition 2021

Xpander Black Edition MTRp260,7 juta
Xpander Black Edition ATRp271,3 juta

 

Harga Mitsubishi Xpander Cross RF Black Edition 2021

Rockford Fosgate Black Edition Rp308,5 juta

*harga tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu

Supaya tidak bingung, yuk, kita bahas perbedaan Mitsubishi Xpander yang ada di tahun 2021 ini.

Perbedaan Tipe Mitsubishi Xpander 2021

Dari seluruh tipe dan varian yang ada jelas memiliki perbedaan masing-masing. Kita bahas perbedaan dari tipe Xpander terlebih dahulu, ya.

Xpander

Untuk tipe Xpander merupakan tipe dengan varian terbanyak. Tipe ini bisa dibilang menjadi yang paling mudah ditemui saat berkeliaran di jalanan.

Tampilannya seperti mobil keluarga pada umumnya. Bumper depan dibubuhi krom, fog lamp, handle krom, pelek two tone, cover spion krom, krom pada jendela, serta garnish di lampu belakang.

Mobil Bekas Mitsubishi

Perbedaan berbagai tipe Xpander perlu disimak sebagai panduan publik di tahun 2021 ini (Foto: Carmudi)

Untuk tipe ini memakai pelek berukuran 16 inci dengan bumper yang dibuat dua warna. Dua warna ini terdiri dari paduan senada bodi dan silver di bagian bawah bumpernya baik depan maupun belakang.

Interiornya memakai bahan fabric yang ditawarkan dalam dua pilihan warna, yakni beige dan hitam. Warna hitam hanya tersedia dalam varian Sport saja. Selebihnya menggunakan warna beige.

Jika ingin terlihat mewah, bisa pilih varian selain Sport. Namun jika suka dengan warna sporty, varian Sport bisa menjadi pilihan.

Xpander Cross

Tipe kedua adalah Mitsubishi Xpander Cross. Tipe ini merupakan tipe yang dibuat ala-ala SUV untuk mengisi segmen LSUV.

Perbedaan tipe Mitsubishi Xpander Cross ini dengan Xpander biasa cukup banyak. Yang cukup jelas bisa dilihat di bagian bodinya.

Bagian bodinya dibubuhi aksen molding tambahan berwarna hitam doff seperti over fender yang ada di setiap bannya.

perbedaan tipe xpander 2021

Mitsubishi Xpander Cross (Foto: MMPC)

Lalu di bagian atapnya dibekali dengan roof rail, gril berwarna abu-abu, bumper sewarna bodi, motif pelek berbeda, dan desain bumper belakang berbeda.

Ukuran pelek di tipe ini menggunakan ukuran 17 inci dengan motif seperti huruf Y palang 5. Jika dilihat, desainnya memang dibuat untuk mencerminkan sebuah LSUV yang tangguh melahap berbagai medan.

Lalu di bagian interior, joknya memakai warna two tone hingga bagian dasbor. Warnanya terdiri dari merah dan hitam dan sudah menggunakan bahan kulit.

Hal terakhir yang menjadi perbedaan adalah ground clearancenya. Antara Xpander biasa dengan Cross, grond clearancenya lebih tinggi versi Cross.

Xpander Black Edition

Tipe selanjutnya adalah Mitsubishi Xpander Black Edition. Tipe ini juga mudah dikenali karena paduan warnanya cukup nyentrik dan lebih menegaskan kesan sporty.

Di bagian depan, grilnya dibuat berwarna hitam dan bumper depan bagian bawah juga dibuat berwarna hitam. Tetapi di ujung kanan dan kiri bumper terdapat aksen merah.

Aksen merah ini juga ditemui di sisi samping side skirt serta bumper belakang. Cover spionnya dibuat berwarna hitam, dengan motif pelek yang juga berwarna hitam.

Mitsubishi Xpander edisi spesial

Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition dan Mitsubishi Xpander Black Edition (Foto: MMKSI)

Hal lain yang membedakan adalah penggunaan warna hitam doff sebagai pengganti krom di list jendela depan hingga belakang. Lalu, lampu belakangnya juga dibuat berbeda. Lampu belakang Black Edition ini di bagian dalamnya terdapat DRL LED.

Di bagian belakang pintunya juga dipasangkan emblem Black Edition. Kalau dari depan dan samping cukup mudah mengetahui tipe ini.

Interior dari Black Edition menggunakan warna hitam dengan jahitan berwarna merah. Di jok depan terdapat embos tulisan Xpander sebagai pembedanya.

Bagi sebagian orang, interior tipe ini dianggap sedikit norak dan kurang keren. Tapi model tersebut bukan modifikasi ya, melainkan bawaan pabrik.

Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition

Tipe terakhir adalah Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition. Tipe ini sebenarnya hampir mirip dengan tipe Xpander Cross, hanya saja warnanya lebih didominasi hitam.

Kesan sangar, tangguh dan gahar langsung terasa ketika Carmudian melihat tipe ini di jalanan. Sebab, hampir seluruh bagian dibuat berwarna gelap.

Mulai dari gril, bumper depan-belakang, cover spion, list jendela dari depan hingga belakang, handle pintu, roof rail, pelek dan bumper belakang semuanya dibuat berwarna hitam.

Xpander Cross Edisi Spesial

Peluncuran Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition (Foto: Instagram)

Bedanya di bagian belakang ada logo Rockford Fosgate Black Edition sebagai penanda. Bagi mereka yang suka warna gelap, tipe ini bisa menjadi favorit.

Rockford Fosgate sendiri merupakan pabrikan audio ternama. Sehingga audio di dalam tipe ini seluruhnya memakai buatan Rockford Fosgate yang cukup oke.

Desain joknya juga dibuat lebih elegan dengan material bahan kulit berwarna hitam. Hal di atas merupakan perbedaan yang ada dari setiap tipe Xpander di Indonesia.

Fitur, mesin, transmisi dan suspensi dari tipe tersebut tidak ada bedanya. Hanya saja perbedaan tipe Xpander di atas lebih kepada eksterior dan interiornya saja.

Dari seluruh tipe di atas, mana nih yang jadi favorit kamu? Jadi lebih tahu tentang perbedaan tipe Xpander yang ada di tahun 2021 ini kan?

Baca Juga:

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts