Reviews

Performa Sangar MINI John Cooper Works 2015

Pabrikan asal Inggris, MINI, akhirnya memerkenalkan versi terbaru dari MINI John Cooper Works Hardtop di ajang Detroit Auto Show 2015. Model MINI JCW ini merupakan desain ulang dari versi standarnya, yang diperkenalkan untuk kali pertamanya ke publik luas sekitar 12 bulan lalu.

Generasi teranyar dari model ini mencangkok mesin empat silinder ‘TwinPower Turbo Technology’. Seperti halnya dengan versi-versi terdahulu JC W, MINI tetap menawarkan sensasi sport dengan perbaikan pada bagian suspensinya, dan desain eksteriornya yang terlihat sangat berbeda dibandingkan dengan model Hardtop standar.

(MINI John Cooper Works 2015)

(MINI John Cooper Works 2015)

Performa yang Sangar

Seperti yang dikatakan David Duncan, Wakil Presiden MINI di Amerika, “Tak bisa dipungkiri kalau peluncuran kembali sub-brand John Cooper Works menampilkan model yang sebenarnya. Dengan mesin yang paling bertenaga yang pernah kami kerjakan untuk model MINI, maka model terbaru MINI John Cooper Works Hardtop menjadi bagian terpenting dari bisnis kami untuk kedepannya. Kami menawarkan para konsumen sebuah kendaraan premium berperforma tinggi dalam paket yang kecil.”

(Mesin MINI John Cooper Works 2015)

(Mesin MINI John Cooper Works 2015)

Model terbaru dari JCW ini dibekali mesin empat silinder TwinPower Turbo berkapasitas 2.0 liter, yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 170 kW dan torsinya mencapai 320 Nm. Untuk akselerasinya dari 0-100 km/jam mampu diraih dalam waktu 5.9 detik, jika menggunakan transmisi otomatis Steptronic enam percepatan.

Sedangkan jika menggunakan transmisi manual enam percepatan, akselerasinya mencapai 6.1 detik, sebelum mencapai kecepatan maksimumnya hingga 246 km/jam. Sebagai tambahan, JCW juga menyematkan suspensi model sport dan sistem pengereman berperforma tinggi, dan disertai sistem EDLC (Electronic Differential Lock Control).

Desain Eksterior

Tampilan terbaru MINI John Cooper Works hardtop lebih agresif dibandingkan dengan model standarnya, di mana terdapat air intake yang diperbesar dan gril dengan model sarang lebah. Sedangkan untuk lampu utama sudah menggunakan LED. Kedua bagian sisinya terlihat sangat aerodinamis, dengan area buritan disematkan spoiler tailgate dan bemper yang baru. Sementara model knalpot ganda, disematkan dibagian tengah agar lebih menekankan kesan mobil berperforma tinggi. Di bagian kaki-kaki, pelek berbahan alloy berukuran 17 inci semakin menambah sporti penampilan JCW terbaru ini.

(Eksterior MINI John Cooper Works 2015)

(Eksterior MINI John Cooper Works 2015)

Desain Interior

Masuk ke dalam kabin, area interior MINI John Cooper Works terbaru ini sudah dilengkapi material dengan model sport. Hal itu bisa terlihat mulai dari jok, kemudi, hingga pedal yang berbahan stainless steel. Perubahan lain yang tampak ada pada trim berwarna gelap dan juga plakat nama bertuliskan ‘John Cooper Works.’

(Interior MINI John Cooper Works 2015)

(Interior MINI John Cooper Works 2015)

Harga dan Kompetitor

Untuk pasaran Amerika Serikat, MINI melepas JCW versi terbaru ini dengan harga mulai dari Rp. 407 juta. Sedangkan untuk penjualan secara global, masih belum diketahui kapan waktu tepatnya. MINI John Cooper Works hardtop ini berada di segmen sedan hatchback mewah, dan bersaing secara langsung dengan VW Golf GTI, Renault Megane, Mercedes-Benz A200 urban, serta Fiat 500 Abarth.

Galih Rachdityo

Memulai karir sebagai jurnalis otomotif di media cetak MODIF dan Classic+ pada akhir 2007. Sempat beralih menjadi jurnalis olahraga pada akhir 2010 di media online, bolanews.com. Terhitung sejak akhir September 2014, bergabung dengan tim editorial Carmudi Indonesia sebagai content writer yang mengulas berita-berita otomotif terkini. E-mail: [email protected]

Related Posts