Berita Mobil Sumber informasi Tips dan Trik

Perhatikan Ini Jika Ingin Bawa Hewan Peliharaan ke Dalam Mobil

Ilustrasi Anjing di dalam mobil (Foto:Barebonesltd)

Jakarta – Membawa serta hewan peliharaan saat berpergian menjadi kesenangan tersendiri bagi pemiliknya. Supaya dapat diajak kemana-mana, tidak sedikit pemilik hewan peliharaan membawanya masuk ke dalam kabin mobil.

Sebelum benar-benar membawa hewan peliharaan ke dalam mobil, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya perjalanan Anda aman dan nyaman. Berikut ini tips singkatnya dari Chevrolet .

Sebelum berangkat

  1. Jauh hari sebelum berangkat sebaiknya hewan peliharaan di vaksin untuk melindungi dari penyakit-penyakit baru. Seperti penyakit Lyme pada anjing. Temukan dan siapkan nomor dokter hewan darurat 24 jam selama perjalanan.
  2. Bawalah foto terbaru hewan peliharaan Anda. Sertakan nomor telepon yang bisa dihubungi lalu kalungkan di hewan peliharaan. Hal ini untuk memudahkan pencarian jika hewan peliharaan hilang.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini Tips Beli Motor Bekas Agar Anda Tidak Tertipu

Umumnya hewan peliharaan yang sering dibawa ke dalam mobil adalah anjing atau kucing. Perlakuan yang diberikan untuk kedua hewan tersebut berbeda. Jadi pastikan Anda benar-benar membuat keduanya merasa nyaman di kabin. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan:

Bepergian bersama anjing

Tidak semua anjing dapat diajak berjalan-jalan, jadi ada baiknya melakukan beberapa latihan sebelum melakukan perjalanan panjang. Jagalah anjing Anda saat berkendara demi keselamatannya dan Anda sendiri. Gunakan pengaman seperti tali pengikat, pet carrier atau cargo barrier.

Selain itu, dapat menggunakan tali khusus untuk diikat di kursi belakang. Jangan pernah biarkan hewan peliharaan Anda duduk di kursi depan karena meningkatkan risiko terluka parah apabila mobil terlibat kecelakaan.

Jika anjing yang hendak Anda bawa berukuran besar, maka sebaikanya tempatkan di area bagasi. Jangan pernah tinggalkan anjing sendirian di dalam mobil, sebab suhu panas di kabin mobil yang diparkir dapat meningkat dalam waktu singkat.

Apabila anjing terlihat resah atau menggonggong terus-menerus, sebaiknya berikan mainan, chew toy, atau treats supaya anjing sibuk. Biasanya seekor anjing akan menjadi lebih tenang dan dapat menjadi lebih rileks jika memiliki kesibukan

Bepergian bersama kucing

Sama seperti bepergian dengan anjing, gunakan pet carrier atau cargo barrier dalam mobil. Hewan yang dibiarkan berkeliaran dapat terluka saat kecelakaan atau memberikan risiko kecelakaan bagi penumpang lain.

Buat kucing mengenali mobil Anda dengan membiarkannya melakukan cheek rub pada mobil serta menebarkan aromanya. Tidak ada salahnya menaruh tempat tidur, selimut atau handuk milik kucing peliharaan di dalam mobil.

Baca juga: 10 Tips Menyetir dengan Aman Saat Hujan di Perjalanan

Pertimbangkan membawa kotak kotoran portabel, tempat makan dan minum yang mudah dilipat, serta obat-obatan bagi kucing. Untuk menghindari dehidrasi, terutama ketika perjalanan di musim panas, siapkan semangkuk es yang dapat dijilat oleh kucing. Ini untuk menjaganya agar tidak kepanasan. Hal ini dapat menjadi opsi yang lebih rapi selama perjalanan.(dol)

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts

/