Home » Sepeda motor » Peringati Seperempat Abad, Harga Kawasaki Ninja Baru Cuma Rp 20 Jutaan

Peringati Seperempat Abad, Harga Kawasaki Ninja Baru Cuma Rp 20 Jutaan

Kawasaki Ninja 250 SL Dijual dengan harga Rp 29,9 juta (Foto: KMI)

Jakarta – Tahun ini, Kawasaki Indonesia resmi menginjak usia 25 tahun dalam kiprahnya di jagat otomotif nasional. Untuk memperingatinya, PT Kawasaki Motor Indonesia menyiapkan promo menarik untuk dua model andalannya yaitu Ninja 250 SL dan KLX 150. Harga Kawasaki Ninja itu dijual Rp 20 jutaan.

Tapi jangan keburu senang dulu kawan, karena harga detilnya untuk Kawasaki Ninja 250 SL yaitu Rp 29,9 juta off the road Jabodetabekser. Harga tadi jelas menembus angka Rp 30 jutaan bila sudah termasuk dengan bea balik nama kendaraan baru atau BBN-KB. Untuk ukuran motor sport fairing 250 cc, harga tersebut jelas masih sangat terjangkau.

Sebab, Ninja 250 SL harganya bisa lebih murah dengan motor sport 150cc dari merek Jepang lainnya. Terakhir pada 2018 lalu, PT KMI sudah menjual motor sport yang disebut sebagai Ninja RR Mono ini seharga Rp 36,8 juta.

Kawasaki menghadirkan Ninja 250 SL ini sebagai penerus langsung dari Ninja 150 RR bermesin dua tak. Sayangnya, kalangan bikers malah jatuh hati dengan versi dua silinder yaitu Ninja 250 R. Karena pamornya yang terus menurun, Kawasaki Ninja RR Mono pun harganya terus didiskon.

Sebagai informasi, harga normal dari Ninja 250 SL di web Kawasaki Indonesia sekarang yaitu Rp 40.600.000 (Hitam) dan Rp 42.400.000 (Hijau). Untuk harga warna hijau ini lebih mahal karena merupakan varian livery Kawasaki Racing Team (KRT) di ajang World Superbike.

Harga Kawasaki Ninja RR Mono Sering Diskon

Harga promo Kawasaki Ninja RR Mono memperingati 25 tahun Kawasaki di Indonesia (Foto: KMI)

Pihak Kawasaki Indonesia sempat mengungkap alasan mengapa Ninja RR Mono ini sering mendapat promo. Michael Chandra Tanadhi selaku Head Sales & Promotion KMI menyebut bila Ninja 250 SL ditujukan bagi calon konsumen pengguna motor sport 150 cc yang ingin naik kelas.

Di bulan April lalu, PT KMI juga kembali menggelar promo untuk Ninja RR Mono. Ninja SL Mono warna hitam dari harga Rp 40.600.000 diskon menjadi Rp 36.900.000. Kemudian Ninja SL mono KRT livery, diskon dari Rp 42.400.000 menjadi Rp 38.500.000.

Saat itu, unit yang mendapat potongan harga adalah stok lama. Artinya, konsumen membeli unit produksi 2019 ke bawah. Cara ini dilakukan KMI untuk menghabiskan stok unit Ninja SL mono yang ada.

Menghitung BBN-KB Kawasaki Ninja 250 SL

Dealer yang menjual Kawasaki Ninja RR harga promo (Foto: KMI)

Karena harga yang ditawarkan oleh Kawasaki Indonesia adalah harga off the road, berarti kita perlu menghitung soal bea balik nama kendaraan baru. Sebab, motor off the road belum legal dikendarai di jalan raya karena belum ada surat-surat kendaraan.

Untuk wilayah DKI Jakarta, tarif BBN-KB sebesar 12,5 persen dari harga kendaraan. Untuk perhitungannya sebagai berikut :

BBNKB : Rp 29.900.000 X 12,5% = Rp 3.737.500

PKB : Rp 29.900.000 X 2% = Rp 598.000

SWDKLLJ : Rp 35.000

Cek Fisik Kendaraan dan PNBP STNK : Rp 100.000

Pelat Nomor : Rp 50.000

BPKB : Rp 225.000

Total, biaya administrasi surat-surat, pajak kendaraan, termasuk penerbitan BPKB dan STNK sebesar Rp 4.745.000. Bila dijumlah dengan harga off-the-road, maka totalnya menjadi Rp 34.465.000. Harga tersebut jelas lebih murah daripada motor sport fairing 150 cc baru yang dijual lebih dari Rp 35 juta.

Daftar Harga Motor Sport Fairing 150 Cc

Nah, kalian mungkin juga penasaran berapa harga untuk motor sport 150cc. Kali ini, kita bandingkan lebih jauh untuk mengetahui seberapa besar promo yang diberikan oleh Kawasaki dalam usia 25 tahun di Indonesia.

Honda CB150R

Honda CBR150R Victory Black Red. Foto: Istimewa
  • Honda CBR 150R STD Matte Black & Victory Black Red: Rp. 35.451,000
  • Honda CBR 150R STD Racing Red: Rp. 36.151.000
  • Honda CBR 150R STD Repsol: Rp. 36.351.000
  • Honda CBR 150R ABS Matte Black & Victory Black Red: Rp. 39.451.000
  • Honda CBR 150R ABS Racing Red: Rp. 40.151.000
  • Honda CBR 150R ABS Repsol: Rp. 40.351.000

Harga Motor Sport Fairing 150 Cc Yamaha dan Suzuki

Yamaha all new R15 Racing Blue (Foto: YIMM)

Selanjutnya, untuk Yamaha R15 v3 dijual dengan harga Rp 36.080.000 dan cuma tersedia salam satu varian saja. Adapun untuk Suzuki GSX-R 150 terbagi dalam tiga varian antara lain:

  • GSX-R150 Shuttered Key Rp30.600.000
  • GSX-R150 Keyless Ignition System Rp31.600.000
  • GSX-R150 ABS Rp34.600.000

Nah, bisa dibandingkan bila estimasi harga Ninja ini lebih murah dari Honda CB150R dan Yamaha R15 v3, namun hanya sedikit lebih mahal dari Suzuki GSX-R150. Lantas, seperti apa fitur yang dimiliki oleh Kawasaki Ninja RR Mono itu? Apakah lebih menarik dari motor sport 150cc?

Menang Mesin, Fitur Ninja 250 SL Serupa Motor Sport 150cc

Ninja 250 SL livery KRT

Bicara soal fitur yang tersedia di Ninja 250 SL termasuk lengkap dan modern, tapi tidak mewah. Bisa dibilang, fiturnya serupa dengan motor sport 150cc pada umumnya.

Spidometer Ninja RR Mono sudah full digital dengan tampilan elegan dan informatif. Pada speedometer menampilkan beberapa informasi seputar motor, seperti petunjuk kecepatan, indikator bahan bakar, posisi gear/gigi, odometer, tripmeter, dan jam digital.

Fitur lainnya juga mainstream, seperti shockbreaker monoshock, dan suspensi depan teleskopik biasa. Bahkan, Ninja 250 SL juga belum memakai fitur ABS pada pengereman. Motor sport seperempat liter ini mengandalkan rem cakram berukuran 290 mm di depan dan 220 mm belakang.

Desain Ninja RR Mono pun cukup ramping dengan dimensi (PxLxT) 1.935 x 685 x 1.075 mm. Setangnya model trilpe calm, membuat riding position menjadi racy. Berbeda dengan versi 2 silinder, Ninja 250 SL bisa dikenali dari headlamp-nya yang cuma satu reflektor di tengah.

Kawasaki merancang Ninja 250 SL dengan rangka trellis high-tensile steel yang diklaim ringan dan kuat. Kapasitas tangkinya sebesar 11 liter dan untuk bobotnya 151 kg.

Dengan bobotnya yang ringan, dimensi juga terbilang ramping. Ini membuat Ninja 250 SL dapat dengan leluasa selap-selip diantara kemacetan ibu kota dan dengan mudahnya, dan setang ditekuk sesuai kemauan.

Mesin 250 Cc ala Ninja RR Mono Cocok Untuk Perkotaan

Kawasaki Ninja RR Mono harganya setara motor sport 150cc

Soal teknologi mesin, Kawasaki patut berbangga karena 250 SL ini sudah mengadopsi DOHC atau noken as ganda. Dengan demikian, karakter mesin 249 cc ini cenderung menghasilkan output di putaran atas. Memang, mesinnya tidak sebuas versi 2 silinder tapi mesin dengan silinder tunggal lebih nyaman untuk jalan perkotaan yang padat.

Penjelasannya begini, mesin dengan komposisi satu silinder memiliki rancangan yang lebih ringkas. Mesin jenis ini lebih bertenaga di putaran rendah karena mesin cenderung menghasilkan torsi yang lebih besar ketimbang mesin 2 silinder.

Karena mesinnya lebih ringan, motor dengan mesin satu silinder lebih cocok digunakan untuk aktivitas sehari-hari di dalam kota. Supaya putaran atasnya tidak kedodoran, cukup tertolong dengan katup DOHC yang membuat komposisi torsi dan tenaganya merata.

Melihat data spesifikasi, mesin Ninja 250 SL menghasilkan tenaga 28 hp di 9.700 rpm dan torsi puncak sebesar 22,6 Nm di putaran 8.200 rpm. Sedangkan All New Ninja 250 versi 2 silinder outputnya 39 ps/12.500 rpm dan torsi 23,5 Nm/10.000 rpm. Karakter mesin dua silinder memang galak di putaran atas.

Mesin 1 silinder justru sangat terasa torsinya di putaran bawah dan menengah, sehingga lebih unggul pada start awal. Tenaganya terus mengisi dari diam hingga putaran mesin menengah. Namun begitu memasuki putaran atas, mesin dua silinder berbalik unggul.

Harga Murah, Tenaga Mesin Ninja 250 SL Lebih Nonjok

Kalian yang memang hobi kecepatan tentu akan mencari motor jenis sport. Tapi budget terbatas, pilihan yang ada sebatas di 150cc atau opsi alternatif yang rasional yaitu Ninja RR Mono dengan mesin 250 cc satu silinder.

Dengan konfigurasi mesin silinder tunggal, jelas Ninja 250 SL menang telak karena kapasitasnya yang besar. Tenaga yang dihasilkan juga jauh lebih besar ketimbang motor 150 cc yang hanya bermain di rentang angka 19 PS. Kalian disuguhi tenaga yang lebih besar dengan harga yang kurang lebih setara.

karakter DOHC sangat disarankan untuk memberikan performa maksimal pada motor. Para penggila kecepatan mestinya tergoda dengan ramuan motor DOHC 250 cc. Selain lebih stabil, motor akan memiliki tenaga penuh seiring dengan suplai bahan bakar yang masuk.

Kelemahannya mungkin pada konsumsi bahan bakar Ninja RR Mono yang pastinya lebih boros dibandingkan motor 150 cc. Tapi mestinya itu bukan menjadi masalah serius karena terkompensasi menjadi tenaga besar.

Kelemahan Ninja RR Mono, Bikin Pamornya Tergeser Versi Dua Silinder

Posisi berkendara di Ninja RR Mono menunduk ala balap

Setelah Ninja 150RR tidak lagi diproduksi, Kawasaki memutuskan untuk menjadikan Ninja 250 SL sebagai penerusnya. Selisih 100 cc antara motor dua tak dan empat tak dinilai cukup untuk mengkompensasi tenaga yang hampir sepadan.

Pabrikan motor lainnya pada 2014-2016 juga memasarkan motor 250 cc satu silinder. Tapi pada perkembangannya, hanya Kawasaki saja yang masih menjualnya sampai sekarang, mendampingi Ninja 250 R bermesin 2 silinder.

Eksistensi Ninja RR Mono pun sudah lebih dari lima tahun. Namun sayangnya, pihak KMI tidak kunjung melakukan facelift atau penyegaran model. Sebut saja, headlamp-nya yang masih single dan memakai bohlam ini dinilai ketinggalan zaman. Padahal para kompetitornya sudah menggunakan lampu LED dan dual reflector.

Padahal, Ninja 250 SL sudah unggul secara spesifikasi dan harga dibandingkan motor sport fairing 150cc. Melihat gelagatnya, pabrikan asal Jepang ini ingin kembali menghidupkan pasar motor sport berbobot ringan yang beberapa tahun lalu sempat jaya.

Berbekal spesifikasi yang lebih tinggi dan harga lebih terjangkau, Kawasaki berusaha merebut konsumen sport fairing 150cc dengan motor yang lebih kencang. Sayangnya, mesin berkapasitas besar ini sering dikeluhkan penggunanya mengalami overheat. Dengan rasio kompresi mesin yang cukup tinggi (11,3:1), maka mesin jadi gampang panas.

Posisi setang underyoke Kawasaki Ninja 250SL menuntut pengendara harus lebih merunduk. Ini karena ujung setang diposisikan dibawah segitiga atas.

Pergelangan tangan lebih banyak menerima pressure sebab hampir keseluruhan beban lebih condong ke bagian depan. Lebih dari 30 persen bobot badan bakal ditopang oleh pergelangan tangan.

Bagi yang belum terbiasa, posisi berkendara di Ninja RR Mono membuat pergelangan tangan lebih cepat pegal. Namun posisi stang model begini lebih menguntungkan apabila berada dalam ajang balapan. Pengendara dapat lebih merebahkan badannya keatas tangki agar dapat lebih menyatu dengan motor.

Penulis: Yongi

Editor: Lesmana

Previous post
Kekurangan dan Kelebihan Suzuki XL7, Sebenarnya SUV Atau MPV?
Next post
Siap-siap, Mobil yang Tidak Lulus Uji Emisi Akan Dikenakan Tarif Parkir Mahal