HomeSepeda motorPerkenalkan Yamaha Vinoora, Motor Baru Yamaha Mirip Bemo

Perkenalkan Yamaha Vinoora, Motor Baru Yamaha Mirip Bemo

motor yamaha vinoora
Yamaha Vinoora jadi motor skutik baru dengan desain unik (Foto: electrodealpro.com)

Jakarta – Yamaha Taiwan baru saja meluncurkan sebuah motor skutik dengan nama Vinoora. Vinoora ini hadir dalam varian biasa dan Vinoora M. Sosoknya pun seketika viral karena desainnya yang unik.

Pasalnya, motor skutik Yamaha Vinoora baru ini punya desain depan mirip bemo. Bahkan, ada yang memplesetkan jadi mirip tokoh kartun Minion.

Apapun itu, desain motor skutik Yamaha terbaru ini mengundang banyak komentar warganet.

Konsep yang coba diusung oleh Yamaha Vinoora ini adalah skutik retro sebagaimana Yamaha Vino. Vinoora disebut menggabungkan elemen lama dan baru dari “klasik” dan “tren”, dengan konsep retro inovatif “Newtro”.

Cibiran warganet terhadap sosok Vinoora ini muncul karena desain dua lampu utama berdesain bulat. Selain itu, cover depan melebar hingga menjadi sepatbor yang monyong. Alhasil, secara desain Vinoora ini jadi mirip kendaraan roda tiga legendaris Indonesia, Bemo.

Harga Yamaha Vinoora di Taiwan cukup mahal, bahkan melebihi harga NMax di Indonesia.

Daftar Harga Yamaha Vinoora

  • Vinoora 76.300 dolar Taiwan (Rp39,1 jutaan)
  • Vinoora M 79.800 dolar Taiwan (Rp41 jutaan)

Wajah Skutik Yamaha Vinoora Baru, Monyong Kayak Bemo

motor yamaha vinoora
Desain Yamaha Vinoora ada kemiripan dengan Bemo

Kalian warga Jakarta dan beberapa kota besar di Indonesia pasti sudah tidak asing dengan sosok Bemo. Ya, kendaraan roda tiga ini adalah cikal bakal angkutan perkotaan. Nah, desain Yamaha Vinoora ini begitu mirip dengan Bemo.

Melihat bagian depannya, tampak dua lampu besar seperti sedang melotot. Kemudian, desain sepatbor yang menyatu dengan fairing membuatnya seolah jadi monyong.

Jadi, roda depan Yamaha Vinoora ini sepatbornya mengikuti cover depan. Ini jelas beda dari kebanyakan motor skutik yang sepatbornya terpasang di bagian tabung suspensi.

Meskipun demikian lampu depan dan belakang sudah menggunakan LED.

Desain serba membulat juga menguatkan nuansa klasik sebagaimana saat Bemo banyak beredar di jalanan. Desain seperti ini membuat Yamaha Vinoora memiliki kombinasi gaya seperti skutik Eropa dan kendaraan retro Jepang.

Atraktif jadi kata yang cocok untuk desain Vinoora karena cocok dengan karakter pengendaranya yang suka jadi pusat perhatian. Tampilan uniknya tidak hanya pada fascia, bodi samping dan belakang pun tak kalah menarik.

Desainnya juga didominasi elemen membulat. Nah, kalau untuk desain cover sampingnya ini membuat ala skutik Eropa seperti Vespa.

Desain Yamaha Vinoora M Lebih Maskulin

motor yamaha vinoora
Desain Vinoora M lebih tegas (Foto: yamaha-motor.com-tw)

Untuk varian Vinoora M mendapat tambahan beberapa aksesori bawaan yang membuatnya jadi terkesan maskulin. Terdapat cover headlamp, handgrip bergaya retro, dan panel krom di beberapa bagian bodi.

Yamaha Vinoora M sangat mementingkan detail penampilan khas seorang pria. Cover pelindung lampu depan menambahkan tekstur Inggris, dan pegangan belakang mengembalikan desain motor retro.

Varian ini berusaha menampilkan karakter pria urban Metroseksual gaya Inggris. Kesannya menunjukkan pesona unik dari generasi baru yang dapat berubah dan suka menunjukkan kepribadian mereka.

Motor Yamaha Vinoora Punya Fitur Kekinian

Sebagai sebuah skutik modern, maka fitur canggih pun wajib ada untuk menunjang kenyamanan berkendara. Vinoora memiliki port USB untuk pengisian daya gawai, sampai Smart Start System yang berfungsi untuk menghidupkan mesin motor dengan hening.

Skutik lucu ini dilengkapi dengan rangka yang ringan dan kokoh. Sekalipun kelihatan gendut, tapi berat kendaraan hanya 94 Kg, beda sedikit dengan bobot Honda Beat.

Bobot itu membuatnya stabil dan nyaman saat berkendara. Bobotnya yang ringan tentu membuat gadis berpostur mungil seumuran anak SMA dapat dengan mudah mengontrolnya.

Mesin Besar Motor Skutik Yamaha Vinoora Baru Tetap Irit

motor yamaha vinoora
Headlamp bergaya retro di Yamaha Vinoora

Yamaha Vinoora dibekali dengan mesin 125 cc silinder tunggal berpendingin udara yang telah disematkan teknologi Blue Core. Kapasitasnya serupa dengan Yamaha Vino yang ada di Indonesia.

Namun belum ada informasi mengenai tenaga dan torsi yang dihasilkan mesin tersebut. Berdasarkan pengujian internal Yamaha Taiwan, skutik ini diklaim memiliki efisiensi bahan bakar mencapai 57,7 Km/liter. Cukup irit untuk ukuran skutik bermesin 125 cc.

Yamaha Indonesia Belum Luncurkan Motor Baru?

Sekalipun sedang masa pandemi, Yamaha Taiwan tetap meluncurkan model terbaru Vinoora. Sebaliknya, Yamaha Indonesia sejak meluncurkan All New NMax dan XSR155 hanya menambah moge CBU MT-07 dan MT-09 tahun ini.

Peluncuran yang dilakukan untuk produk lokal hanya update warna dan corak livery. Untuk spesifikasi dan modelnya masih tetap sama seperti yang sudah ada.

Tampaknya, pabrikan berlogo garputala ini menahan diri untuk sementara waktu tidak merilis model baru untuk pasar domestik. Terakhir, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing merilis update warna baru untuk X-Ride 125.

 

Penulis: Yongki Sanjaya

Editor: Dimas

Baca Juga:

Harga Yamaha XMax Bekas di 2020 Masih Mahal, Apa Mending Beli Baru?

Pajak Mobil Baru 0 Persen
Previous post
Menkeu Menolak Usulan Pajak Mobil Baru 0 Persen
Membeli DFSK Glory 560
Next post
DFSK Permudah Konsumen Membeli Glory 560