HomeBeritaToyota Prius PHEV Siap Meluncur di Indonesia, Ini Perkiraan Harganya

Toyota Prius PHEV Siap Meluncur di Indonesia, Ini Perkiraan Harganya

Toyota Prius Hybrid
Toyota Prius Hybrid di Toyota Electrification Day. (Foto: Carmudi/Dimas)

Jakarta – Menyambut era kendaraan listrik yang telah di depan mata, PT Toyota Astra Motor (TAM) dalam waktu dekat akan meluncurkan Prius PHEV (Plug in Hybrid Electric Vehicles). Seperti diketahui, Toyota sebagai raksasa otomotif memang sudah lama memasarkan mobil listrik kategori hybrid dan menjadi pionir teknologi otomotif dunia.

Rencana untuk mendatangkan Prius PHEV diungkapkan langsung oleh Anton Jimmy Suwandi, selaku Marketing Director PT TAM. Namun mengenai kepastian waktu peluncurannya, dirinya belum bisa memastikan.

“Jadi melihat animo pasar, masukan dari para diler, rasanya memang PHEV sudah saatnya lah untuk kami perkenalkan. Jadi ketika begitu mendapat persetujuan dari prinsipal segera kami akan luncurkan. Kalau bisa tahun ini ya tahun ini,” ungkap Anton, belum lama ini.

Ditambahkannya, TAM ingin cepat-cepat meluncurkan Prius PHEV. Akan tetapi kembali lagi ada prosedur yang memang harus dijalani terlebih dahulu.

“Ya namanya juga produk baru. Semua produk yang akan diluncurkan butuh persetujuan dari prinsipal,” sambungnya.

Perkiraan Harga Prius PHEV

Toyota Prius Hybrid saat test drive. (Foto: Carmudi/Dimas)

Kendati belum resmi diluncurkan, namun TAM sudah melakukan perhitungan untuk menentukan harga jual dari Prius PHEV. Berdasarkan hitungan dengan memasukkan unsur pajak dan lainnya, Anton mengungkapkan harga Prius PHEV diperkirakan tidak akan lebih dari Rp1 miliar.

“Pada saat ini kalau berdasarkan hitung-hitungan kami rasanya kami berharap tidak sampai Rp1 miliar,” ungkap Anton.

Menurut Anton, harga Toyota Prius PHEV tidak menutup kemungkinan bisa lebih terjangkau. Hal itu bisa terjadi bila seandainya peraturan soal kebijakan mobil ramah lingkungan sudah resmi diterbitkan.

“Yang pasti harga bisa direvisi. Sekarang pun kami belum umumkan harga jual Prius PHEV. Tapi berapa pun harga yang lagi kami hitung sekarang kalau memang pajak menurun kami akan sesuaikan,” tutur Anton.

Rasa percaya diri TAM mendatangkan Prius PHEV didasari oleh animo masyarakat yang sangat tinggi dan permintaan tinggi.

“Sudah banyak yang bertanya soal Toyota Prius PHEV, apakah itu dari fleet, apakah itu dari diler atau ritel. Kami enggak bisa itu langsung mengatakan itu pasti, tapi potensial buyer-nya sudah ada. Yang jelas tujuan kami mendatangkan Prius PHEV sebagai edukasi dan mempromosikan Hybrid dan Plug In Hybrid,” pungkas Anton.

Lima Keunggulan Toyota Prius PHEV

Toyota Prius PHEV akan segera dijual di Indonesia. (Foto: Carmudi/Dimas)

Berbeda dari mobil konvensional pada umumnya, Toyota Prius PHEV sudah dibekali dengan baterai dan motor listrik sebagai sumber penggerak. Sambil menunggu kedatangannya di Indonesia, tidak ada salahnya untuk mengetahui lima keunggulan dari Prius PHEV. Berikut ini uraian singkatnya:

  1. Mesin Listrik tahan sampai 60 kilometer.
  2. Baterai dapat diisi iulang di soket listrik rumah.
  3. Energi kinetik iubah menjadi energi listrik saat terjadi perlambaran atau pengereman.
  4. Efisiensi bahan bakar kendaraan 37,2 kilo meter per liter. Menurut pengujian dengan standar JC08 di Jepang.
  5. Emisi karbon dioksida 64,5 gr/km menurut JC08.

 

Penulis : Santo Sirait

Editor : Dimas

Previous post
Sambut Hari Kemerdekaan, Honda Scoopy Rilis Edisi Spesial
Honda Civic Turbonesia
Next post
Bakti Sosial Civic Turbonesia Serbu 3 Panti Asuhan