Perkuat Layanan After Sales Auto2000 Perbanyak Diler
Penulis: Santo Evren Sirait
Jakarta – Tidak selalu soal jualan mobil, Auto2000 selaku main diler mobil Toyota juga berkomitmen memberikan palayanan maksimal kepada konsumen. Tahun ini Auto2000 sudah menyiapkan beragam strategi untuk meningkatkan layanan kepada konsumen.
Seperti merilis aplikasi Auto2000 mobile, menambah armada untuk Toyota Home Service (THS). Tak kalah pentingnya menambah diler berserta bengkel di beberapa wilayah.
“Memperkuat area after sales, sebab kita tahu kedepan industri otomotif betul-betul harus mengandalkan after sales. Auto2000 terkenal selama ini adalah after sales-nya yang jauh lebih unggul daripada kompetitor-kompetitor kita,” ujar Martogi Siahaan selaku Chief Executive Auto2000, disela acara Media Gathering di Jakarta, belum lama ini.
Bagi Auto2000, Jakarta masih menjadi penyumbang terbesar dari segi penjualan mobil dan pengguna layanan after sales. Medan, Sumatera Utara juga termasuk daerah yang sekarang ini mengalami peningkatan dalam dua hal tersebut. Ini alasan Auto2000 mendirikan diler berserta bengkel baru di Sumatera Utara.
“Untuk menjadi lebih baik lagi, kita (Auto2000) juga telah memperluas jaringan pelayanan. Saat ini kita ada 110 cabang/diler yang tersebar di seluruh Indonesia dan akan terus bertambah. Dalam waktu dekat kita akan membuka tiga cabang di Sumatera Utara. Kita juga akan menambah di daerah Lampung dan juga di daerah Sumatera Selatan,” ungkap Martogi.
Total ada tujuh dealer mobil Toyota dibawah payung Auto2000 yang sudah beroperasi. Seperti AUTO2000 Medan Krakatau, Gatot Subroto, Amplas, Sisingamangaraja, Medan Pancing, Marelan, dan Binjai.
Sementara itu Judianto Operation Manager Sumatera menambahkan adapun tiga dealer yang baru akan diresmikan berada di luar kota Medan seperti Tanjung Morawa, Labuhanbatu, dan Kisaran.
Menurutnya saat ini sudah tujuh diler, tiga yang baru itu kebetulan ada di luar kota Medan. Secara cabang sekarang sudah beroperasi untuk menangani pelanggan-pelanggan di luar kota.
“Kami dirikan diler di luar kota karena pelangggan merasa cukup jauh untuk memperoleh layanan after sales. Labuhanbatu itu ke Medan sekira tujuh jam, jadi kalau dulu ada cabang pembantu ada bengkel juga kecil. Tapi atas permintaan konsumen diadakannya showroom, ya kita investasi bersama TAMuntuk buka bengkel di sana. Jadi untuk konsumen yang mau service sudah dekat,” katanya pada kesempatan yang sama.
Potensi Market Akan Tumbuh
Pemerintah Indonesia tengah gencar membangun infrastruktur seperti jalan tol. Salah satu wilayah yang dibidik oleh pemerintah adalah Sumatera Utara.
Auto2000 memandang itu sebagai sebuah harapan baru. Dimana nantinya akan semakin banyak masyarakat yang membeli kendaraan dan membutuhkan pelayanan after sales.
“Kita memang lihat ada potensi market di daerah-daerah tingkat dua dan khususnya rencana pemerintah mengembangkan beberapa daerah. Dengan adanya jalan tol trans Sumatera kita lihat Indonesia akan mengalami pertumbuhan di daerah-daerah. Oleh karena itu kita sudah jauh-jauh hari mengantisipasi itu dengan mendirikan langsung dealer dengan pelayanan service-nya, karena kita tahu konsumen kita membutuhkan layanan servis sehingga mereka tidak perlu lagi jauh ke menikmati palayan service, mereka tinggal telefon dan melakukan booking di cabang-cabang terdekat dengan kotanya,” pungkas Martogi. (dol)